Cara menghilangkan komedo agar kulit terlihat lebih cantik

Jumat, 14 Agustus 2020 | 10:30 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Cara menghilangkan komedo agar kulit terlihat lebih cantik

ILUSTRASI. Pakai clay mask bisa jadi salah satu cara menghilangkan komedo. KONTAN/Cheppy A. Muchlis/11/10/2014

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tak hanya dirasakan oleh pemilik kulit berminyak, komedo bisa dialami oleh semua tipe kulit. Komedo terjadi akibat pori-pori tersumbat yang bercampur dengan sebum dan sel kulit mati. Cara menghilangkan komedo harus Anda lakukan agar kondisi kulit menjadi lebih sehat.

  • Pakai Asam Salisilat

Mengutip dari Healthline (healthline.com), Anda bisa memakai asam salisilat sebagai cara menghilangkan komedo. Asam salisilat bisa memecah berbagai bahan yang menyumbat pori-pori, seperti minyak berlebih dan sel kulit mati.

Baca Juga: 4 cara menghilangkan milia di dekat mata yang wajib dicoba

Selain menghilangkan komedo, produk pembersih wajah dengan asam salisilat juga bisa dipakai untuk membersihkan makeup, kotoran, dan minyak wajah. Anda bisa mencoba memakai asam salisilat sebagai cara menghilangkan komedo di malam hari terlebih dahulu.

Setelah kulit wajah terbiasa, Anda bisa melanjutkannya dengan memakai di pagi hari sebelum membersihkan wajah menggunakan sabun wajah. Bagi pemilik kulit sensitif, lebih baik tidak menggunakan asam salisilat lebih dari satu kali dalam sehari.

  • AHA dan BHA

Exfoliation atau pengelupasan sel kulit mati menggunakan AHA atau BHA jadi cara menghilangkan komedo selanjutnya yang bisa Anda coba. AHA dan BHA mampu mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori-pori.

  • Pakai Skin Brush

Skin brush memiliki fungsi yang sama dengan pengangkatan sel kulit mati yang dilakukan oleh AHA dan BHA. Namun, cara menghilangkan komedo ini tidak boleh dilakukan terlalu sering. Anda bisa menggunakan skin brush di waktu tertentu menggunakan sabun pencuci wajah.

Baca Juga: Deretan manfaat vitamin B12 untuk kesehatan tubuh Anda

  • Aplikasikan Clay Mask

Masker wajah tipe clay mask bisa mengurangi minyak dan zat racun di wajah sehingga pori-pori jadi terbuka. Bagi pemilik kulit berminyak, cara menghilangkan komedo menggunakan clay mask wajib Anda lakukan.

Beberapa jenis clay mask memiliki kandungan sulfur. Sulfur mampu memecah sel kulit mati sehingga komedo bisa hilang. Anda bisa menggunakan Clay Mask satu kali dalam seminggu.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru