Kesehatan Umum

3 Jenis makanan penambah sel darah merah

Selasa, 18 Agustus 2020 | 10:41 WIB   Reporter: Belladina Biananda
3 Jenis makanan penambah sel darah merah

ILUSTRASI. Telur bisa jadi salah satu makanan penambah sel darah merah yang bisa Anda coba. ANTARA FOTO/Moch Asim/foc.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sel darah merah berfungsi untuk mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh. Masa hidup yang dimiliki sel darah merah umumnya adalah 120 hari. Mengonsumsi makanan penambah sel darah merah cukup penting untuk membantu sumsum tulang memproduksi sel darah merah secara terus-menerus.

Bagi penderita anemia, makanan penambah sel darah merah memiliki peranan yang cukup penting. Melansir dari Livestrong.com, ada 3 jenis makanan penambah sel darah merah, yaitu makanan yang kaya akan zat besi, vitamin B12, dan folat.

Makanan dengan Kandungan Zat Besi

Sumsum tulang membutuhkan zat besi untuk memproduksi hemoglobin. Hemoglobin adalah protein dalam sel darah merah yang bertugas untuk membawa oksigen dan karbon dioksida. Pasta, roti, dan sereal adalah beberapa contoh makanan penambah sel darah merah.

Baca Juga: Wajib coba! 3 Obat asam urat herbal berbahan alami

Livestrong.com menyebutkan makanan penambah sel darah merah dengan kandungan zat besi yang bisa dicoba. Contohnya, daging sapi, daging kambing, kerang, gurita, ikan, telur, kacang, tahu, jamur, kentang, bayam, dan biji-bijian.

Makanan dengan Kandungan Vitamin B12

Vitamin B12 memiliki peranan yang cukup penting dalam tubuh. Livestrong.com mengatakan bahwa vitamin B12 berfungsi dalam replikasi sel darah merah sumsum tulang, utamanya dalam duplikasi DNA.

Tubuh yang kekurangan vitamin B12 membuat produksi sel darah merah menjadi kurang efisien sehingga menyebabkan anemia. Makanan penambah sel darah merah yang kaya akan vitamin B12 biasanya ditemukan pada makanan yang juga mengandung banyak zat besi. Misalnya, daging dan organ dalam hewan, makanan hasil laut, dan makanan yang berasal dari unggas.

Selain itu, makanan yang diolah dari susu juga bisa jadi makanan penambah sel darah merah yang bisa Anda konsumsi. Jika kondisi tubuh Anda benar-benar mengalami kekurangan vitamin B12, Anda bisa mengonsumsi suplemen vitamin B12. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter, ya.

Baca Juga: Cara menghilangkan komedo agar kulit terlihat lebih cantik

Makanan dengan Kandungan Folat

Folat atau vitamin B9 adalah nutrisi penting lain yang berperan dalam sel darah merah. Sama seperti vitamin B12, vitamin B9 juga berperan dalam produksi DNA di mana jadi tahapan penting dalam produksi sel darah merah yang baru.

Meski jarang terjadi, kekurangan vitamin B9 juga bisa jadi penyebab anemia. Makanan penambah sel darah merah yang kaya folat bisa ditemukan dengan mudah di makanan-makanan yang kaya akan zat besi dan vitamin B12.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru