5 Cara meningkatkan hemoglobin terbaik ini patut dicoba

Senin, 02 November 2020 | 08:36 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Cara meningkatkan hemoglobin terbaik ini patut dicoba

ILUSTRASI. Mengonsumsi bayam yang kaya zat besi bisa jadi cara meningkatkan hemoglobin.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hemoglobin merupakan protein yang kaya zat besi yang berada dalam sel darah merah. Tujuannya adalah untuk mengedarkan oksigen di seluruh bagian tubuh. Jika Anda mengalami kekurangan hemoglobin, cara meningkatkan hemoglobin berikut wajib dicoba.

Jika jumlah hemoglobin terlalu sedikit, kondisi tubuh Anda akan terganggu. NDTV Food (food.ndtv.com) mengatakan, kekurangan hemoglobin menyebabkan pusing, kelelahan, sakit kepala, kehilangan nafsu makan, detak jantung meningkat, hingga kesulitan untuk bernapas.

Jumlah hemoglobin bisa semakin sedikit pada anak-anak yang sedang tumbuh, pasien yang dirawat setelah sakit, dan wanita yang sedang menstruasi atau hamil. Jika tak segera ditangani, kondisi tubuh bisa lebih parah, misalnya mengalami anemia.

Perbanyak Konsumsi Zat Besi

Setiap orang membutuhkan zat besi yang berbeda-beda, tergantung dari usia, berat badan, gender, dan lain-lain. Umumnya, laki-laki dewasa membutuhkan 8 mg zat besi per hari, sedangkan wanita membutuhkan 19 mg per hari.

Baca Juga: 7 Manfaat bayam untuk kesehatan: Bagus untuk tulang dan kehamilan

Jika jumlah tersebut tak terpenuhi secara terus-menerus, jumlah hemoglobin Anda bisa berkurang. Beberapa sumber makanan yang bisa Anda konsumsi untuk meningkatkan jumlah zat besi adalah bayam, hati ayam, telur, apel, semangka, atau tahu.

Konsumsi Vitamin C

Zat besi akan terserap secara maksimal jika tubuh Anda memiliki cukup vitamin C. Saat zat besi terserap oleh tubuh secara maksimal, jumlah hemoglobin pun ikut meningkat. Beberapa sumber vitamin C yang bisa Anda makan adalah jeruk, brokoli, tomat, dan lemon.

Pilih Makanan yang Mengandung Banyak Asam Folat

Cara meningkatkan hemoglobin selanjutnya adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak asam folat. NDTV Food mengatakan bahwa asam folat dibutuhkan untuk memproduksi sel darah merah. Jenis makanan yang kaya akan asam folat adalah pisang, kacang, atau hati ayam.

Baca Juga: 3 Jenis makanan penambah sel darah merah

Hindari Jenis Minuman Tertentu

Cara meningkatkan hemoglobin bisa dengan membatasi konsumsi soda.

Selain mengonsumsi makanan-makanan di atas, cara meningkatkan hemoglobin juga bisa dilakukan dengan menghindari jenis minuman tertentu. Beberapa minuman yang dimaksud adalah bir, kopi, wine, dan soda. Minuman tersebut mampu menghalangi tubuh menyerap zat besi secara maksimal.

Olahraga

Saat olahraga, produksi hemoglobin akan meningkat untuk mencukupi kebutuhan oksigen di seluruh tubuh. Artinya, Anda perlu melakukan olahraga secara rutin agar hemoglobin dalam tubuh semakin banyak. Pilihlah olahraga sedang hingga berat yang Anda sukai.

Selanjutnya: Waspada, ini bahaya anemia bagi penderitanya

Editor: Belladina Biananda
Terbaru