Tips Sehat

Ini minuman terbaik untuk menurunkan berat badan menurut studi ilmiah

Kamis, 08 Oktober 2020 | 13:21 WIB Sumber: Kompas.com
Ini minuman terbaik untuk menurunkan berat badan menurut studi ilmiah

ILUSTRASI. The owner of a tea house pours a cup of tea in this picture illustration taken April 25, 2020. REUTERS/Shamil Zhumatov/Illustration


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Saat ingin menurunkan berat badan yang dirasa berlebih, banyak orang yang lebih fokus untuk mengelola pola makan. Salah satunya dengan menghindari makanan tertentu. 

Padahal, bukan hanya makanan, Anda pun perlu memperhatikan minuman yang dikonsumsi. Sama seperti makanan, ada minuman yang bisa berdampak buruk pada berat badan. Tapi, ada juga minuman yang bisa membantu menurunkan berat badan, yaitu teh hijau. 

Bagi Anda pencinta minuman manis, mengganti kebiasaan minum minuman berkalori tinggi dengan minum air adalah salah satu cara termudah menurunkan berat badan. Namun, menambahkan teh hijau ke dalam gelas air dapat meningkatkan keberhasilan penurunan berat badan lebih banyak. 

Jadi, bagaimana teh hijau dapat membantu Anda menurunkan berat badan lebih banyak? 

Baca Juga: Sedang diet? Ini buah-buahan yang bisa menurunkan berat badan Anda

Minuman yang diseduh ini telah terbukti memiliki kekuatan penurunan berat badan yang luar biasa. Sebuah meta-analisis Jurnal Internasional Obesitas yang mengamati hasil dari 11 studi, menemukan hubungan yang signifikan antara minum teh hijau dan penurunan berat badan. 

Studi lain yang diterbitkan dalam European Journal of Nutrition menemukan, orang Amerika yang paling sering mengonsumsi teh panas memiliki risiko lebih rendah mengalami obesitas dibandingkan mereka yang tidak minum teh. 

Peminum teh hijau tidak hanya memiliki BMI (Body Mass index) atau Indeks Massa Tubuh  yang lebih rendah, tetapi mereka juga memiliki risiko penyakit kardiovaskular dan peradangan yang lebih rendah. 

Baca Juga: 4 Cara mengecilkan paha yang aman dilakukan

Para peneliti percaya, manfaat pengatur berat dari teh hijau dapat dikaitkan dengan tingginya tingkat katekin - senyawa bioaktif tertentu. Katekin yang paling umum, EGCG (Epigallocatechin-3-gallate), telah terbukti bertanggung jawab atas banyak efek teh hijau yang meningkatkan kesehatan.

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie


Terbaru