kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,93   -12,58   -1.37%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 9 Penyakit yang Mengancam Perokok Pasif Usia Balita hingga Orang Dewasa


Selasa, 07 November 2023 / 11:54 WIB
Ini 9 Penyakit yang Mengancam Perokok Pasif Usia Balita hingga Orang Dewasa
ILUSTRASI. Ini 9 Penyakit yang Mengancam Perokok Pasif Usia Balita hingga Orang Dewasa. REUTERS/Ann Wang


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Intip daftar penyakit yang mengancam perokok pasif. Bagi Anda yang beraktivitas dekat dengan perokok aktif tentu perlu mengenal beberapa penyakit yang mengancam.

Perokok pasif merupakan seseorang yang secara tidak langsung terpapar oleh asap rokok yang dihasilkan oleh orang lain yang merokok.

Ini berarti bahwa perokok pasif tidak merokok sendiri, tetapi mereka terpapar kepada zat-zat berbahaya yang terdapat dalam asap rokok yang dihirup oleh perokok aktif (orang yang merokok).

Paparan terhadap asap rokok kedua ini dapat terjadi di berbagai situasi, termasuk di rumah, di tempat kerja, di restoran, atau di lingkungan umum lainnya di mana ada perokok aktif.

Baca Juga: Bahaya Asap Rokok Buat Kesehatan dan Tumbuh Kembang Anak, Orangtua Wajib Pahami!

Penyakit yang mengancam perokok pasif

Asap rokok di ruangan

Selain itu, perokok pasif dapat menghirup berbagai zat beracun yang terdapat dalam asap rokok, seperti karbon monoksida, nikotin, senyawa kimia berbahaya, dan senyawa karsinogenik.

Untuk melindungi diri Anda dan orang-orang di sekitar Anda dari dampak berbahaya perokok pasif, sangat penting untuk menjaga lingkungan bebas dari asap rokok dan mendukung kebijakan anti-merokok di tempat-tempat umum.

Kemudian, Anda perlu mendukung perokok aktif yang ingin berhenti merokok adalah langkah yang baik untuk mengurangi paparan asap rokok kedua.

Tentunya, ada beberapa penyakit yang mengancam perokok pasif yang tidak jauh beda dengan perokok aktif.

Baca Juga: Ini 7 Cara Menjaga Kesehatan Jantung Agar Terhindar dari Penyakit Kardiovaskular

Simak daftar penyakit yang mengancam perokok pasif yang perlu Anda waspadai dilansir dari American Lung Association.

1. Kanker paru-paru

Kanker paru-paru adalah kanker pembunuh di Amerika Serikat, dan perokok pasif merupakan salah satu penyebabnya. Paparan asap rokok menyebabkan sekitar 7.330 kematian akibat kanker paru-paru di kalangan bukan perokok.

2. Penyakit jantung

Nah, perokok pasif juga perlu waspada penyakit jantung karena asap lebih berbahaya mengancam paru-paru. Perokok pasif tercatat hampir 34.000 kematian akibat penyakit jantung di Amerika Serikat setiap tahunnya.

3. Sindrom kematian bayi mendadak (SIDS)

Perokok pasif meningkatkan risiko Sudden infant death syndrome atau SIDS, yaitu kematian bayi yang tidak dapat dijelaskan dan tidak terduga. Penyakit ini merupakan penyebab utama kematian pada bayi sehat di bawah usia satu tahun.

Sehingga, ini akan menimbulkan ancaman bagi orang tua baru yang menakutkan. Laporan dari American Lung Association, diperkirakan perokok pasif menyebabkan 430 kematian SIDS setiap tahunnya.

4. Stroke

Perhatikan jika Anda tinggal atau bekerja di salah satu dari 22 negara bagian yang belum memberlakukan undang-undang bebas rokok yang komprehensif. Paparan asap rokok diperkirakan meningkatkan risiko kematian dan kecacatan akibat stroke sebesar 20% hingga 30%.

5. Serangan asma

Gangguan pernapasan seperti asma adalah penyakit serius, yang semakin parah saat terkena paparan asap rokok. Lebih dari 25 juta orang Amerika hidup dengan asma dan kesulitan bernapas yang menyertainya.

Bahkan, dengan udara yang dipenuhi asap bisa memicu serangan asma dengan mudah.

6. Penyakit telinga tengah pada anak

Infeksi telinga biasanya terjadi pada tengah malam setelah apotek tutup. Perokok pasif dari usia anak-anak tercatat 790.000 ke dokter setiap tahun karena infeksi telinga tengah yang menyedihkan tersebut.

Pastikan Anda memantau Anak agar terhindar dari paparan asap rokok dari perokok aktif.

7. Penyakit pernapasan pada bayi

Setiap tahun, perokok pasif menyebabkan antara 150.000 dan 300.000 bayi dan balita menderita penyakit saluran pernapasan bagian bawah misalnya bronkitis, batuk parah yang membuat orang tua dan bayi terjaga di malam hari, dan pneumonia.

8. Bayi dengan berat badan lahir rendah

Perokok pasif dapat berdampak pada seseorang sebelum mereka mengambil napas pertama. Ibu yang terpapar asap rokok mempunyai risiko lebih besar untuk melahirkan bayi dengan berat badan lahir rendah.

Anak kecil yang lahir terlalu kecil mungkin mengalami komplikasi kesehatan seperti cacat lahir dan infeksi.

9. Penghambat pertumbuhan paru-paru pada anak

Paru-paru Anda mulai berkembang di dalam rahim, dan terus berkembang di masa kanak-kanak. Paparan terhadap perokok pasif menghambat pertumbuhan dan menghalangi mereka mencapai potensi maksimalnya.

Pastikan Anda bisa mengontrol lingkungan seperti menjauhi paparan asap rokok dan mengajak orang terdekat untuk berhenti konsumsi rokok.

Itulah sederet penyakit yang mengancam perokok pasif baik orang dewasa hingga balita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×