kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,55   3,92   0.42%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenali 6 Sumber Vitamin untuk Tulang dan Sendi bagi Lansia hingga Orang Dewasa


Senin, 14 Agustus 2023 / 15:17 WIB
Kenali 6 Sumber Vitamin untuk Tulang dan Sendi bagi Lansia hingga Orang Dewasa
ILUSTRASI. Kenali 6 Sumber Vitamin untuk Tulang dan Sendi bagi Lansia hingga Orang Dewasa


Penulis: Bimo Kresnomurti

Sumber Vitamin Tulang - JAKARTA. Daftar sumber vitamin untuk tulang dan sendi bagi lansia hingga orang dewasa. Kesehatan sistem tulang tentu wajib dirawat oleh setiap orang.

Anda dapat merawat tulang dan persendian dengan gaya hidup sehat seperti mengonsumsi makanan yang seimbang dan secara teratur melakukan olahraga ringan.

Selain itu, Anda dengan mudah menemukan sumber vitamin untuk tulang dan persendian dari makanan terbaik.

Nah selain itu, Anda bisa memilih beberapa sumber vitamin yang membantu kesehatan sendi seperti Susu bubuk maupun suplemen obat.

Baca Juga: 4 Manfaat Minum Susu Setiap Hari, Bisa Mengontrol Tekanan Darah

Kolagen

Alasan kebutuhan vitamin untuk tulang dan sendi penting

Lansia dan orang dewasa membutuhkan vitamin untuk tulang dan sendi karena faktor-faktor berikut ini:

  • Pertahankan Kesehatan Tulang: Seiring bertambahnya usia, kepadatan tulang cenderung berkurang, meningkatkan risiko osteoporosis dan kerapuhan tulang. Vitamin D dan kalsium sangat penting untuk menjaga kepadatan tulang dan mencegah kerusakan. Tanpa cukup vitamin D, tubuh tidak dapat menyerap kalsium secara efisien, sehingga asupan kalsium saja tidak akan cukup.
  • Kesehatan Sendi: Proses penuaan dapat memengaruhi kesehatan sendi. Kolagen, yang terbentuk dengan bantuan vitamin C, adalah protein utama dalam tulang rawan sendi. Dengan bertambahnya usia, produksi kolagen dapat menurun, sehingga asupan vitamin C penting untuk membantu mempertahankan kesehatan sendi.
  • Mengurangi Risiko Peradangan: Nutrisi seperti asam lemak omega-3 dan antioksidan yang ditemukan dalam vitamin seperti C dan E dapat membantu mengurangi peradangan. Peradangan kronis dapat menyebabkan kerusakan pada tulang dan sendi, sehingga memasukkan nutrisi ini ke dalam diet dapat membantu mengurangi risiko masalah ini.
  • Mendukung Mobilitas: Vitamin dan nutrisi tertentu membantu menjaga otot, ligamen, dan jaringan ikat yang mendukung mobilitas dan stabilitas sendi. Dengan memastikan tubuh mendapatkan nutrisi yang diperlukan, lansia dan orang dewasa dapat mengurangi risiko cedera dan menjaga kemampuan bergerak.
  • Pertahankan Fungsi Tubuh: Vitamin dan mineral adalah komponen penting dalam banyak reaksi kimia yang terjadi dalam tubuh. Selain berkontribusi langsung pada kesehatan tulang dan sendi, nutrisi yang tepat juga mendukung sistem kekebalan tubuh, pencernaan, sirkulasi darah, dan fungsi tubuh lainnya.
  • Mengatasi Risiko Penyakit Kronis: Kekurangan vitamin dan nutrisi tertentu dapat meningkatkan risiko penyakit kronis seperti diabetes, penyakit jantung, dan masalah kesehatan lainnya. Penyakit-penyakit ini juga dapat memengaruhi kesehatan tulang dan sendi.

Inilah daftar sumber vitamin tulang dan sendi bagi orang dewasa hingga lansia dilansir dari CNet.

Baca Juga: Menyebabkan Disfungsi Ereksi, Ini Efek Samping Semangka jika Dimakan Berlebihan

Daftar sumber vitamin untuk tulang dan sendi

1. Kolagen

Kolagen adalah protein yang dibuat tubuh sehingga berpengaruh seiring bertambahnya usia akan semakin berkurang. Zat ini membuat kulit kencang dan kencang dan yang membuat persendian Anda bekerja dengan lancar.

Dengan seiring bertambahnya usia, ada lebih sedikit kolagen di persendian, di mana konsumsi makanan kaya kolagen dapat merawatnya.

Anda bisa mendapatkan kolagen dari sup ayam hingga daging sapi. Selain itu ada juga suplemen yang tentu perlu pengawasan apabila Anda memiliki penyakit bawaan lain.

2. Omega-3 

Omega-3 merupakan asam lemak yang dapat meredakan peradangan dan nyeri sendi. Penelitian telah menunjukkan vitamin ini dapat mengurangi kekakuan pada penderita radang sendi dan juga memerangi nyeri sendi.

Penelitian telah dilakukan tentang bagaimana omega-3 bekerja dengan artritis, dan terbukti bahwa asam lemak ini dapat mencegah artritis eksperimental dan dapat menurunkan aktivitas penyakit pada artritis reumatoid.

Tentu, zat ini mudah ditemukan pada ikan laut maupun sumber protein hewani lainnya.

3. Glukosamin

Vitamin untuk tulang dan sendi lainnya adalah Glukosamin diyakini dapat membantu mengatasi artritis karena dapat menurunkan sebagian rasa sakit yang ditimbulkan oleh osteoartritis atau artritis reumatoid.

Karena merupakan zat alami yang ditemukan di dalam tubuh, umumnya dianggap aman. Anda bisa dengan mudah mendapatkan Glukosamin dari konsumsi cangkang udang dengan diolah tidak berlebihan.

4. Kondroitin

Anda akan sering melihat kondroitin disebutkan bersama glukosamin, karena mirip. Chondroitin juga ditemukan di tulang rawan di tubuh Anda, oleh karena itu diyakini bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan sendi.

5. Vitamin E 

Salah satu sumber vitamin tulang dan sendi adalah Vitamin E. Beberap orang memilih konsumsi vitamin E untuk mendukung sistem kekebalan tubuh, karena vitamin ini merupakan antioksidan.

Namun, ada beberapa penelitian ungkap vitamin E dapat memperlambat perkembangan osteoarthritis dan mendorong pertumbuhan sel tulang rawan baru.

6. Vitamin D

Vitamin D adalah sumber yang bagus untuk tubuh, membantu Anda mempertahankan kalsium, yang juga membantu gigi Anda! Berhati-hatilah saat menambahkan makanan kaya akan vitamin D ke rutinitas Anda.

Pastikan Anda tidak mencampurkan Vitamin D dengan obat rutin dalam pengobatan penyakit tertentu.

Anda bisa konsumsi susu khusus lansia yang rendah lemak untuk tetap mendapatkan suplai Vitamin D untuk tulang dan sendi.

Demikian informasi terkait dengan daftar sumber vitamin untuk tulang dan sendi yang mudah ditemui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×