kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 7 Minuman Penurun Panas Demam untuk Anak hingga Orang Dewasa


Senin, 02 Oktober 2023 / 10:47 WIB
Ini 7 Minuman Penurun Panas Demam untuk Anak hingga Orang Dewasa
ILUSTRASI. Ini 7 Minuman Penurun Panas Demam untuk Anak hingga Orang Dewasa


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak sedert minuman penurun panas demam yang wajib Anda coba. Kondisi tidak nyaman saat demam tentu bisa mengganggu aktivitas sehingga perlu beristirahat. 

Panas atau demam adalah respons alami tubuh terhadap infeksi, penyakit, atau kondisi lainnya. Saat tubuh terkena bakteri, virus, atau substansi asing lainnya, sistem kekebalan tubuh merespons dengan meningkatkan suhu tubuh untuk membantu melawan infeksi.

Peningkatan suhu tubuh ini adalah mekanisme pertahanan tubuh yang dikenal sebagai demam.

Demam umumnya disertai dengan gejala lain seperti menggigil, kelelahan, sakit kepala, otot-otot yang terasa lemah, kehilangan nafsu makan, dan keringat berlebih. Pengukuran suhu tubuh dapat dilakukan dengan termometer.

Baca Juga: 7 Obat Herbal Perontok Kolesterol Tinggi dan Cara Tepat Meraciknya

Panas demam

Berikut adalah beberapa cara untuk menurunkan demam:

  • Obat Antipiretik: Konsumsi obat antipiretik seperti parasetamol atau ibuprofen sesuai dosis yang disarankan oleh dokter untuk menurunkan suhu tubuh. Hindari memberikan aspirin pada anak-anak.
  • Minum Banyak Cairan: Minumlah banyak air, jus, kaldu, atau minuman elektrolit untuk mencegah dehidrasi dan membantu menurunkan suhu tubuh.
  • Mandi Air Hangat atau Kompres Dingin: Mandi dengan air hangat atau gunakan kompres dingin di dahi, leher, dan seluruh tubuh untuk membantu menurunkan suhu tubuh.
  • Istirahat yang Cukup: Beristirahatlah dengan cukup untuk membantu tubuh melawan infeksi dan memulihkan diri.
  • Hindari Pakaian Tebal: Kenakan pakaian ringan agar panas tubuh dapat leluasa keluar.
  • Konsumsi Makanan Bergizi: Makan makanan sehat dan bergizi untuk membantu sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi.

Ada beberapa resep minuman penurun demam yang bisa Anda coba dan dibuat dari rumah.

Simak daftar minuman penurun panas yang bisa dicoba untuk mengendalikan demam dilansir dari Lifehack.

Baca Juga: 4 Gerakan Mudah untuk Mengurangi Serangan Asam Urat, Lakukan Setiap Hari

Daftar minuman penurun panas

1. Kaldu ayam

Apabila rutin mengonsumsi kaldu ayam buatan nenek saat sakit, Anda sudah melakukan sesuatu untuk membantu mengatasi demam. Meskipun banyak jenis kaldu yang efektif, kaldu ayam adalah cara yang sangat ampuh untuk melawan demam.

Ini akan mengurangi kemacetan, memperbaiki jaringan tubuh dan mendukung sistem kekebalan tubuh, membantu menjadi lebih baik lebih cepat. Oleh karena itu, cek resep kaldu ayam yang berperingkat tinggi ini.

2. Teh herbal

Ada sejumlah manfaat yang ditunjukkan dari minum teh daripada kopi baik berdasarkan ilmu pengetahuan maupun pengalaman pribadi. Salah satu manfaat minuman ini yang jarang dibicarakan adalah bagaimana teh panas atau dingin berhasil mengobati demam.

Kombinasi dari sedikit hidrasi dengan jumlah kafein yang tepat berarti akan mendapatkan kejutan yang menyenangkan. Hebatnya lagi, teh sangat mudah dibuat.

Anda bisa merebus kantong teh yang mungkin sudah dimiliki di rumah dalam air panas selama beberapa menit. Meskipun setiap jenis teh mengandung vitamin yang dapat membantu Anda mengatasi demam, teh bunga linden sangat efektif melawan demam.

3. Jus Buah

Jus buah sama sekali bukan cara yang efektif untuk menurunkan berat badan, namun bisa membantu saat Anda sedang demam, karena jus buah mengandung begitu banyak nutrisi yang penting untuk kesehatan.

Jus jeruk, khususnya, mengganggu sistem pencernaan dan cenderung membuat buang air kecil, yang menyebabkan Anda mengeluarkan racun dari tubuh secara alami.

Nah, untuk jus jeruk bahkan tidak memerlukan resep! Anda sebaiknya memastikan bahwa perasannya sealami dan sesegar mungkin jika ingin memberikan dampak positif.

4. Cuka Sari Apel

Cuka Sari Apel memiliki sejumlah manfaat. Bahwa ia berhasil melawan demam buruk hanyalah salah satu kelebihannya.

Untuk melawan demam, Anda bisa melakukan sesuatu yang sederhana seperti meminum Cuka Sari Apel satu jam sekali atau sesuatu yang unik seperti mandi dengan air panas dan satu cangkir Cuka Sari Apel.

Apa pun pilihannya, Anda mungkin akan merasa lebih baik setelahnya. Berikut beberapa resepnya.

5. Air mineral

Meskipun cairan lain dapat membantu Anda melawan demam, tidak ada yang lebih efektif daripada H2O biasa. Selama demam, air terkuras dari sel Anda karena suhu. Anda mungkin juga banyak berkeringat, muntah, atau mengalami diare.

Gejala-gejala tersebut akan semakin menguras air dalam tubuh dan menyebabkan Anda terus-menerus merasa lebih tidak enak

6. Minuman Elektrolit

Minuman seperti minuman olahraga atau solusi elektrolit dapat membantu menggantikan cairan dan elektrolit yang hilang akibat demam. Namun, Anda wajib menghitung kalori dan 

7. Minuman Jahe

Minuman dengan jahe dapat membantu menghangatkan tubuh dan memberikan efek menenangkan. Anda bisa membuat teh jahe dengan memotong jahe segar dan merebusnya dalam air.

Jika demam berlangsung lama atau disertai dengan gejala yang mengkhawatirkan, segera konsultasikan dengan dokter untuk diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Itulah sederet minuman penurun panas demam yang wajib Anda ketahui bisa untuk anak hingga orang dewasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×