kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45987,90   -2,03   -0.21%
  • EMAS1.142.000 0,35%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Gerakan Mudah untuk Mengurangi Serangan Asam Urat, Lakukan Setiap Hari


Kamis, 14 September 2023 / 04:55 WIB
4 Gerakan Mudah untuk Mengurangi Serangan Asam Urat, Lakukan Setiap Hari


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Aktivitas fisik yang dilakukan secara teratur dapat membantu mengurangi peradangan dan mencegah serangan asam urat sekaligus meningkatkan suasana hati dan kesehatan secara keseluruhan. 
Penderita asam urat sebaiknya tidak berolahraga saat terjadi serangan untuk menghindari rasa sakit yang semakin parah dan mempercepat pemulihan.

Asam urat adalah salah satu bentuk radang sendi. Serangan terjadi ketika kristal urat menumpuk di persendian dan jaringan sekitarnya.

Penderita asam urat mungkin mengalami nyeri sendi, bengkak, dan kulit kemerahan. Aktivitas fisik yang teratur dapat meringankan gejala pada beberapa penderita asam urat dan berpotensi meningkatkan kesehatan fisik dan mental mereka secara keseluruhan.

Melansir Medical News Today, menurut artikel tahun 2020, olahraga teratur dapat bermanfaat bagi penderita asam urat.

Para penulis meneliti 30 pasien asam urat, dan menemukan bahwa mereka yang berolahraga secara teratur mengalami lebih sedikit serangan asam urat setiap tahunnya. 

Mereka juga mengalami rasa nyeri yang lebih rendah dan tingkat peradangan yang minim.

Baca Juga: 10 Makanan untuk Penderita Diabetes Agar Gula Darah Terkontrol

Mengutip express.co.uk, serangan asam urat bisa sangat menyiksa dan membuat persendian yang terkena terasa sangat panas, bengkak, dan sangat nyeri sehingga penderita tidak dapat menahannya.

Hal ini biasanya dimulai pada jempol kaki tetapi juga dapat berdampak pada pergelangan kaki, lutut, dan kaki – semua bagian tubuh yang penting untuk berolahraga.

Menurut Arthritis Foundation, ini berarti jangan berolahraga sampai Anda merasa lebih baik karena stres dapat memperburuk asam urat dan menggerakkan area tersebut akan memperburuk rasa sakit.

Saat Anda mengalami serangan, hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah bersantai dan sesedikit mungkin menggerakkan area yang terkena serangan.

Saran resmi dari Arthritis Foundation berbunyi: “Tonton film, ngobrol dengan teman, baca buku atau dengarkan musik untuk mengalihkan perhatian dapat dilakukan penderita asam urat. Daripada langsung berolahraga, Anda sebaiknya menghubungi dokter dan membuat janji.“

Baca Juga: Mengecilkan Pori-Pori Wajah, Ini Manfaat Sereh untuk Kesehatan Kulit

Sementara itu, kompres es dan tinggikan sendi, minum banyak cairan (tidak mengandung alkohol atau minuman bersoda), dan mintalah teman dan keluarga membantu Anda melakukan tugas sehari-hari untuk mengurangi stres pada sendi.

Meskipun olahraga tidak boleh dilakukan saat serangan terjadi, ada baiknya dilakukan saat Anda bugar dan sehat untuk mencegah atau mengurangi serangan lebih lanjut.




TERBARU

[X]
×