kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45909,31   7,91   0.88%
  • EMAS1.354.000 1,65%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 9 Minuman Herbal untuk Obat Batuk dan Flu Alami dari Rumah


Selasa, 17 Oktober 2023 / 13:55 WIB
Ini 9 Minuman Herbal untuk Obat Batuk dan Flu Alami dari Rumah
ILUSTRASI. Ini 9 Minuman Herbal untuk Obat Batuk dan Flu Alami dari Rumah


Penulis: Bimo Kresnomurti

Minuman Herbal untuk Obat Batuk - JAKARTA. Periksa daftar minuman herbal untuk obat batuk yang dapat diracik dari rumah. Cek beberapa ramuan herbal yang bisa dicoba untuk meredakan gejala batuk dan flu.

Minuman herbal untuk obat batuk adalah minuman yang terbuat dari bahan-bahan alami, seperti tumbuhan atau rempah-rempah, yang diketahui memiliki sifat-sifat yang dapat membantu meredakan batuk atau gejala terkait saluran pernapasan.

Racikan minuman sebagai obat herbal ini sering digunakan sebagai pengobatan alternatif untuk meredakan batuk, khususnya batuk ringan hingga sedang.

Cek minuman herbal ini dapat membantu meredakan batuk dan memberikan bantuan alami dalam mengatasi gejala pernapasan. Namun, jika batuk berlanjut atau memburuk, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Racikan obat herbal untuk batuk

Anda bisa mencoba beberapa minuman herbal untuk obat batuk yang dapat diracik dari rumah.

Cek rekomendasi minuman untuk obat herbal batuk beserta khasiatnya dilansir dari laman PharmEasy.

1. Teh lemon

Teh lemon

Teh berbahan dasar lemon seperti teh lemon balm atau teh serai semuanya memiliki konsentrasi vitamin C dan antioksidan yang tinggi. Penelitian menunjukkan bahwa vitamin C meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi Anda dari gejala flu.

Untuk rasa dan hasil terbaik, seduh beberapa cangkir teh berbahan dasar lemon dan minum sepanjang hari untuk meningkatkan kekebalan tubuh.  

2. Teh hijau

Teh hijau adalah jenis teh paling sehat yang terbuat dari daun tanaman Camellia sinensis dan memiliki rasa yang sedikit manis dan bersahaja. Teh ini penuh dengan antioksidan dan polifenol teh yang meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Antioksidan ini membantu mengurangi peradangan, menghilangkan bakteri berbahaya, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Anda bisa menambahkan teh hijau daun lepas ke dalam saringan teh dan diamkan selama 5 menit.

Buang daun teh dan tambahkan sedikit madu mentah untuk meningkatkan khasiat menenangkan.

3. Teh jahe

Teh jahe mint

Teh jahe merupakan teh favorit semua orang, terutama di musim dingin. Ini juga memiliki banyak manfaat kesehatan karena membantu mengurangi gejala flu.

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan sehingga cocok menjadi minuman untuk obat herbal batuk.

Ini membantu menenangkan tenggorokan dan saluran udara yang teriritasi akibat batuk. Jahe mengandung beberapa komponen yang membantu mengurangi batuk dan mengendurkan otot-otot saluran napas di tenggorokan.

4. Teh madu

Teh madu tidak lain hanyalah air hangat dengan madu mentah. Ini adalah cara alami untuk meringankan gejala batuk dan pilek. Ini juga meredakan sakit tenggorokan Anda dengan mengurangi peradangan internal.

Penelitian menunjukkan bahwa madu mentah dapat menjadi pereda batuk alami dan mengurangi produksi lendir.

Madu juga membantu mengurangi keparahan dan durasi batuk. Aduk beberapa tetes madu ke dalam teh herbal favorit Anda juga dapat membantu mengencerkan dahak, meredakan nyeri, dan menekan batuk.

5. Teh daun mint

Teh daun mint

Beberapa tetes teh peppermint bisa membuat Anda merasa lebih baik. Daun peppermint mengandung mentol yang memiliki sifat antimikroba, antioksidan, dan antiinflamasi. Teh peppermint membantu menenangkan tenggorokan dan menekan batuk.

Bahan ini juga membersihkan sinus yang tersumbat dan membuat pernapasan Anda lebih mudah. Anda bisa membuat teh dari daun peppermint segar dengan menambahkannya ke dalam air mendidih, lalu diamkan selama kurang lebih 5 menit dan saring sebelum diminum.  

6. Teh Elderberry

Buah beri hitam dari tanaman elderberry penuh dengan antioksidan karena adanya polifenol di dalamnya. Sirup dan ekstrak dari elderberry telah menunjukkan kemampuan untuk mempersingkat waktu yang dihabiskan untuk sakit pilek atau flu.

7. Teh Echinacea

Bunga Echinacea

Echinacea adalah obat terkenal untuk infeksi saluran pernapasan. Bunga ungu ini menurunkan risiko batuk dan pilek sebesar 58% jika dikonsumsi sebagai suplemen.

Obat herbal batuk ini memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu sistem kekebalan menjadi lebih kuat dan mempersingkat gejala pilek atau flu.

Dengan menyeduh teh berpotensi menjadi cara yang enak untuk mendapatkan semua kebaikan perlindungan itu.

8. Teh hibiscus

Teh ini memiliki bahan dasar dari bunga kembang sepatu. Teh herbal terkenal yang kaya akan vitamin C dan antioksidan.

Sehingga teh ini bisa menjadi obat herbal batuk yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dan membantu pemulihan cepat dari gejala flu. 

9. Teh chamomile 

Teh chamomile

Bunga kamomil kering mengandung flavonoid spesifik yang memiliki khasiat menenangkan. Ia bekerja sangat baik bila dikonsumsi pada malam hari karena efek penenangnya.

Saat Anda menderita batuk, pilek, dan sakit tenggorokan, teh camomile membantu mengurangi peradangan sehingga mengurangi sakit tenggorokan. Ini juga membantu mendapatkan tidur yang cukup dan mengurangi depresi.  

Selain minuman herbal, pastikan juga untuk cukup istirahat, makan makanan bergizi, dan tetap terhidrasi dengan baik untuk mempercepat pemulihan.

Demikian informasi terkait minuman herbal untuk obat batuk dan flu yang bisa dicoba dari rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×