kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.315.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 8 Tips Tidur yang Baik Selama Berpuasa Agar Tubuh Tidak Lemas


Jumat, 24 Maret 2023 / 10:55 WIB
Ini 8 Tips Tidur yang Baik Selama Berpuasa Agar Tubuh Tidak Lemas
ILUSTRASI. Ini 8 Tips Tidur yang Baik Selama Berpuasa Agar Tubuh Tidak Lemas


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak beberapa tips tidur yang baik selama berpuasa. Langkah berikut ini wajib diketahui keterkaitan puasa dengan pola tidur.

Puasa dan tidur memiliki hubungan yang erat dan saling mempengaruhi. Kondisi tubuh saat berpuasa dapat mempengaruhi kualitas tidur seseorang.

Sedangkan tidur yang cukup dan berkualitas dapat membantu seseorang menghadapi tantangan berpuasa.

Kualitas tidur saat berpuasa Ramadan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, terutama perubahan pola makan, aktivitas fisik, dan waktu puasa yang lebih lama dari biasanya.

Baca Juga: Ini 6 Makanan yang Dihindari Saat Sahur Agar Kuat Berpuasa

Tidur yang baik saat berpuasa

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga kualitas tidur saat berpuasa Ramadan:

  • Pola makan: Saat berpuasa Ramadan, pola makan akan berubah karena hanya dapat makan dan minum pada waktu yang ditentukan. Konsumsi makanan berat dan berlemak dapat mempengaruhi kualitas tidur karena tubuh membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencerna makanan tersebut. Sebaiknya konsumsi makanan seimbang yang mengandung nutrisi yang diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan dan kualitas tidur.
  • Aktivitas fisik: Aktivitas fisik yang berlebihan dapat mempengaruhi kualitas tidur saat berpuasa Ramadan. Saat berpuasa, tubuh membutuhkan istirahat yang cukup agar dapat menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh. Olahraga sebaiknya dilakukan pada waktu yang tepat, yaitu saat berbuka puasa atau menjelang waktu sahur agar tubuh memiliki waktu yang cukup untuk istirahat.
  • Waktu tidur: Waktu tidur saat berpuasa Ramadan dapat berubah karena jadwal aktivitas yang berbeda dari biasanya. Usahakan untuk menjaga waktu tidur yang cukup, yaitu sekitar 7-8 jam per hari agar tubuh dapat beristirahat dan pulih dari aktivitas sehari-hari.

Untuk itu beberapa tips berikut ini dapat menjadi referensi agar mendapatkan tidur yang baik selama berpuasa.

Simak beberapa tips tidur yang baik selama berpuasa agar tubuh tidak lemas dilansir dari Cleveland Clinic.

Baca Juga: 9 Tips Agar Puasa Tidak Haus dan Lapar, Mulai Makanan Bergizi hingga Tidur Cukup

Tips tidur yang baik selama berpuasa

1. Atur tidur yang terjadwal

Tidur yang lebih lama lebih bermanfaat daripada beberapa tidur siang singkat untuk mendapatkan istirahat yang cukup.

Tentunya, Tips tidur yang baik selama berpuasa untuk tidur setidaknya 4 jam di malam hari. Hal ini bisa dilakukan setelah berbuka puasa, sebelum bangun untuk sahur dan subuh hingga kembali tidur selama beberapa jam sebelum bangun untuk hari berikutnya.

2. Coba atur pola tidur Anda

Kemudian, tips tidur yang baik selama berpuasa selanjutnya adalah membuat rencana tidur.

Coba rencanakan rutinitas tidur yang disesuaikan untuk Ramadhan sehingga Anda tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Ini akan membantu tubuh Anda mendapatkan ritme untuk tidur yang lebih nyenyak.

3. Cari momen Tidur nyenyak

Tidur nyenyak selama 20 menit di sore hari dapat memulihkan energi dan tingkat fokus yang lesu. Setel alarm karena tidur berlebihan dapat membuat Anda merasa pening dan bahkan lebih mengantuk daripada sebelum tidur siang.

Setelah bangun tidur, Anda bisa beraktivitas seperti aktivitas fisik sebelum berbuka puasa.

5. Perhatikan apa yang Anda makan dan minum

Hindari makan makanan berat, berlemak atau bergula saat berbuka tidur Anda dapat terganggu karena tubuh Anda bekerja lembur untuk mencerna makanan Anda.

Makanan yang sangat pedas juga bisa menjadi berita buruk untuk tidur nyenyak karena dapat menyebabkan gas dan mulas.

Menghindari kafein selama beberapa jam sebelum tidur juga dapat membantu tidur nyenyak.

6. Lingkungan tidur yang tepat

Ruang yang tenang dan gelap sangat ideal untuk tidur dan tetap tertidur. Hindari menggunakan perangkat elektronik seperti ponsel, laptop, dan TV Anda menjelang waktu tidur.

Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa cahaya biru dari layar dapat mengganggu kualitas tidur.

7. Hindari Dehidrasi

Saat berpuasa, tubuh cenderung mengalami dehidrasi karena kurangnya asupan cairan. Saat tidur, proses penguapan air dari tubuh tetap berlangsung dan dapat memperburuk kondisi dehidrasi.

Pastikan asupan air putih saat berbuka dan sahur cukup mempengaruhi tingkat dehidrasi Anda.

8. Jangan tidur setelah sahur

Tips tidur yang baik selama berpuasa selanjutnya adalah mengatur pola tidur setelah sahur. Jika seseorang memiliki jadwal padat di pagi hari, tidur setelah sahur dapat mempengaruhi produktivitas. Tidur terlalu lama dapat membuat seseorang merasa malas dan sulit untuk memulai aktivitas di pagi hari.

Tidur setelah sahur dapat menyebabkan kelelahan saat beraktivitas di siang hari. Tentunya, ini dapat mempengaruhi aktivitas dan kinerja seseorang hingga menunggu waktu berbuka.

Penting untuk diingat bahwa kondisi tubuh saat tidur dalam keadaan puasa dapat bervariasi tergantung pada individu masing-masing. Hal ini dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti jenis puasa yang dilakukan, lama puasa, kondisi kesehatan umum, dan faktor-faktor lainnya.

Penting untuk selalu memantau kondisi tubuh saat berpuasa dan beristirahat yang cukup agar tetap sehat dan bugar.

Demikian beberapa tips tidur yang baik selama berpuasa agar tubuh tidak lemas yang bisa diterapkan selama bulan Ramadan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×