kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

9 Tips Agar Puasa Tidak Haus dan Lapar, Mulai Makanan Bergizi hingga Tidur Cukup


Kamis, 23 Maret 2023 / 11:37 WIB
9 Tips Agar Puasa Tidak Haus dan Lapar, Mulai Makanan Bergizi hingga Tidur Cukup
ILUSTRASI. 9 Tips Agar Puasa Tidak Haus dan Lapar, Mulai Makanan Bergizi hingga Tidur Cukup. Sumber foto : almshaheer.com


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak beberapa tips agar puasa tidak haus dan lapar. Pada bulan Ramadan, umat muslim tentunya wajib melakukan ibadah puasa.

Puasa adalah salah satu kewajiban bagi umat Muslim di seluruh dunia, di mana Anda diharapkan menahan diri dari makan dan minum dari terbit fajar hingga terbenam matahari.

Saat menjalankan puasa, banyak orang mengalami rasa lapar dan haus yang membuat Anda merasa tidak nyaman.

Namun, ada beberapa tips yang dapat membantu Anda mengatasi rasa haus dan lapar selama puasa.

Baca Juga: Ini 6 Makanan yang Dihindari Saat Sahur Agar Kuat Berpuasa

Tips Agar Puasa Tidak Haus dan Lapar

Beberapa tips agar puasa tidak haus dan lapar meliputi mengonsumsi makanan bergizi saat sahur dan buka puasa, memperbanyak minum air putih, serta menghindari makanan dan minuman yang dapat memicu dehidrasi.

Perlu diketahui, ada waktu krusial pada buka puasa dan sahur untuk Anda mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Selama berpuasa, tubuh sudah dalam keadaan beradaptasi dengan perubahan pola makan, termasuk mengonsumsi makanan pedas maupun berat.

Hal ini tentunya untuk menghindari Anda mengalami gangguan pencernaan dan adanya penyakit lain selama berpuasa.

Dalam artikel ini, terdapat beberapa bahasan tips lebih lanjut untuk membantu Anda menjalankan puasa dengan nyaman dan sehat.

Baca Juga: 8 Makanan Tinggi Protein Murah, Ada Telur hingga Oatmeal

Simak beberapa tips agar puasa tidak haus dan lapar dengan melihat konsumsi makanan dilansir dari 2 Meal Day.

Tips agar puasa tidak haus dan lapar

1. Makan makanan bergizi 

Apa itu makanan padat nutrisi? Ini adalah makanan yang mengandung banyak mikronutrien seperti vitamin dan mineral.

Tubuh Anda membutuhkan berbagai macam vitamin dan mineral untuk berfungsi secara optimal.

Begitu Anda mulai memberi tubuh Anda nutrisi yang tepat, tubuh Anda akan berhenti meminta lebih banyak makanan.

Tentu, ini menjadi salah satu tips agar puasa tidak haus dan lapar dengan mengatur konsumsi makanan dengan baik.

2. Kurangi Stres dan atur jam tidur

Tips agar puasa tidak haus dan lapar

Selanjutnya, ketahui kebiasaan makan makanan yang tidak penting sebelum bulan puasa. Pernah mendengar tentang "stres makan"? Ini adalah respons emosional seseorang terhadap stres di mana Anda mungkin mulai mengonsumsi makanan untuk mengurangi stres.

Tentu, di bulan puasa, Anda bisa mencoba untuk mengurangi beberapa makanan yang memiliki kecenderungan tertentu seperti manis dan asin.

Penelitian telah menunjukkan bahwa stres makan dan kurang tidur berdampak buruk pada nafsu makan seseorang.

Bahwa stres dan tidur akan membuat menjadi bugar dan sehat jauh lebih sulit. Tentu, catatan bahwa orang yang tidur kurang dari 7 jam setiap malam cenderung mengonsumsi lebih banyak kalori.

3. Konsumsi makanan yang tepat saat berbuka dan sahur

Konsumsi makanan yang kaya protein, serat, dan lemak sehat dapat membantu membuat perut merasa kenyang lebih lama dan menghindari rasa lapar saat berpuasa.

Hindari makanan yang terlalu manis atau berlemak tinggi yang dapat menyebabkan cepat merasa lapar.

Ini menjadi salah satu jalan agar puasa tidak haus dan lapar dengan mudah dan kuat hingga menjelang waktu berbuka.

4. Minum air putih yang cukup

Tips agar puasa tidak haus dan lapar

Pastikan Anda minum air putih dalam jumlah yang cukup saat berbuka dan sahur. Kurangi minuman yang mengandung kafein, karena kafein dapat membuat tubuh lebih cepat kehilangan cairan.

Saat kehilangan cairan, tubuh akan mudah lelah dan kerongkongan menjadi kering. Pastikan Anda minum air putih maupun cairan vitamin yang membuat tubuh tetap bugar sehingga tidak haus dan lapar saat berpuasa.

5. Jangan melewatkan sahur

Sahur menjadi salah satu waktu makan penting sebelum melakukan aktivitas ibadah berpuasa. Makan sahur akan membantu tubuh Anda memiliki energi dan nutrisi yang cukup untuk bertahan selama puasa.

Pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, serat, dan protein yang dapat memberikan energi yang bertahan lama.

Tentu, salah satu tips agar puasa tidak haus dan lapar ini menjadi waktu penting untuk mengisi tenaga untuk melakukan aktivitas hingga berbuka.

6. Hindari aktivitas yang terlalu berat

Tips agar puasa tidak haus dan lapar

Kurangi aktivitas fisik yang terlalu berat saat berpuasa, karena dapat mempercepat kehilangan cairan dan membuat tubuh lebih cepat lelah. 

Rekomendasi waktu untuk berolahrga adalah sebelum waktu berbuka. Tentunya, setelah berolahraga, Anda bisa menunggu buka untuk kemudian konsumsi minuman segar yang mengembalikan elektrolit pada tubuh.

7. Hindari merokok dan minuman beralkohol

Merokok dan minuman beralkohol dapat membuat tubuh lebih cepat kehilangan cairan dan membuat rasa haus semakin buruk.

Tidak disarankan untuk merokok saat buka puasa atau di sekitar waktu berpuasa, karena merokok dapat menyebabkan dehidrasi dan membuat tubuh semakin lelah.

Selain itu, merokok juga dapat menyebabkan mual dan sakit kepala pada beberapa orang, yang dapat membuat puasa menjadi lebih sulit dan tidak nyaman.

8. Hindari mengonsumsi makanan yang terlalu pedas atau asin

Berikutnya, tips agar puasa tidak haus dan lapar adalah memilih makanan yang baik. Makanan yang terlalu pedas atau asin dapat mempercepat dehidrasi dan membuat rasa haus semakin buruk.

Selain itu, makanan pedas juga dapat mempercepat dehidrasi dan membuat rasa haus semakin buruk selama puasa. Kandungan capsaicin dalam makanan pedas juga dapat meningkatkan suhu tubuh dan membuat tubuh semakin lelah.

Sebaiknya, konsumsilah makanan yang seimbang dan bergizi saat sahur dan buka puasa, yang mengandung karbohidrat kompleks.

9. Konsumsi makanan tinggi Protein

Tips agar puasa tidak haus dan lapar

Dalam hal kehilangan lemak, protein adalah makronutrien yang paling penting. Ini akan membuat Anda kenyang lebih lama dan akan mengurangi jumlah otot yang hilang saat Anda berpuasa.

Untuk alasan ini, konsumsi protein saat juga dapat digunakan untuk menurunkan berat badan. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk membuat tetap dalam kondisi tidak mudah lapar.

Lakukan aktivitas olahraga dengan porsi wajar menjelang waktu berbuka puasa.

Demikian beberapa tips agar puasa tidak haus dan lapar dengan melihat konsumsi makanan saat waktu sahur dan berbuka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×