kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.357.000 -0,07%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 8 Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa


Senin, 04 Desember 2023 / 14:05 WIB
Ini 8 Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa
ILUSTRASI. Buah alpukat


Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Buah Alpukat - Ada berbagai manfaat buah alpukat bagi kesehatan tubuh yang luar biasa dan menarik diketahui. Tidak hanya itu, manfaat buah alpukat juga tidak perlu diragukan lagi khasiatnya.

Buah alpukat (Persea americana) adalah salah satu buah yang kaya akan nutrisi dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. 

Buah ini dikenal dengan teksturnya yang lembut dan rasanya yang lezat, membuatnya menjadi pilihan yang populer di berbagai hidangan. 

Baca Juga: Prediksi Bali United vs Arema FC, Ini Jadwal BRI Liga 1 2023-2024 Pekan 21

Merangkum dari Medical News Today, ini manfaat buah alpukat bagi kesehatan:

1. Kaya akan Nutrisi Penting

Alpukat mengandung berbagai nutrisi penting, termasuk vitamin dan mineral. Buah ini merupakan sumber vitamin K, vitamin E, vitamin C, vitamin B-6, folat, magnesium, dan kalium. Keberadaan nutrisi-nutrisi ini penting untuk menjaga fungsi tubuh yang optimal.

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Delima Bagi Kesehatan Tubuh, Suka Makan?

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan kalium yang tinggi dalam alpukat dapat membantu menurunkan tekanan darah, sehingga mendukung kesehatan jantung. Selain itu, alpukat juga mengandung lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan jantung.

3. Menurunkan Kolesterol

Alpukat mengandung lemak sehat, terutama asam oleat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik).

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Jambu Biji Bagi Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa

4. Mendukung Pencernaan

Alpukat mengandung serat yang tinggi, yang dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Serat membantu mencegah sembelit dan menjaga keseimbangan mikroba dalam usus.

5. Meningkatkan Kesehatan Mata

Kandungan lutein dan zeaksantin dalam alpukat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Zat-zat ini berperan dalam melindungi mata dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV dan membantu mencegah penyakit mata terkait usia.

Baca Juga: Kenali 7 Manfaat Kacang Polong Untuk Kesehatan yang Teruji Khasiatnya

6. Menyediakan Antioksidan

Alpukat mengandung antioksidan, termasuk vitamin C dan E, yang dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan stres oksidatif dan berkontribusi pada penuaan dini serta perkembangan penyakit kronis.

7. Pemberian Energi

Alpukat mengandung karbohidrat kompleks dan serat, yang memberikan energi tahan lama dan membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan yang Penting Diketahui

8. Mendukung Proses Penurunan Berat Badan

Meskipun alpukat mengandung lemak, lemak tersebut sebagian besar adalah lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga dapat mendukung proses penurunan berat badan.

Buah alpukat adalah tambahan yang sangat bernutrisi untuk pola makan sehari-hari dan dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan yang signifikan. 

Dengan kandungan nutrisi yang beragam, alpukat dapat mendukung kesehatan jantung, menjaga keseimbangan gula darah, meningkatkan kesehatan mata, dan banyak lagi. Oleh karena itu, mengintegrasikan alpukat ke dalam pola makan seimbang dapat menjadi langkah yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×