kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.405.000   -9.000   -0,64%
  • USD/IDR 15.370
  • IDX 7.722   40,80   0,53%
  • KOMPAS100 1.176   5,28   0,45%
  • LQ45 950   6,41   0,68%
  • ISSI 225   0,01   0,00%
  • IDX30 481   2,75   0,57%
  • IDXHIDIV20 584   2,72   0,47%
  • IDX80 133   0,62   0,47%
  • IDXV30 138   -1,18   -0,84%
  • IDXQ30 161   0,48   0,30%

Ini 8 Makanan untuk Pereda Nyeri Sendi, Ada Kaldu Tulang hingga Buah Nanas


Jumat, 01 September 2023 / 14:12 WIB
Ini 8 Makanan untuk Pereda Nyeri Sendi, Ada Kaldu Tulang hingga Buah Nanas
ILUSTRASI. Cek 9 Makanan untuk Pereda Nyeri Sendi, Ada Kaldu Tulang hingga Buah Nanas


Penulis: Bimo Kresnomurti

Makanan Pereda Nyeri Sendi, - JAKARTA. Simak daftar makanan untuk myeri sendi agar cepat hilang. Kondisi sendi yang kurang sehat bisa saja mengarah pada adanya peradangan di sekitar sendi tersebut.

Penderita nyeri sendi sering membutuhkan pendekatan yang komprehensif untuk mengurangi nyeri, peradangan, dan meningkatkan fungsi sendi.

Ada beberapa zat yang dapat membantu dalam manajemen nyeri sendi, baik melalui makanan, suplemen, atau obat-obatan.

Namun, penting untuk selalu berkonsultasi dengan dokter atau profesional kesehatan sebelum mengambil langkah-langkah tertentu.

Baca Juga: 8 Manfaat Kaldu Ayam untuk Kesehatan dan Cara Membuat Kaldu Ayam yang Enak

Nyeri Sendi

Berikut beberapa zat yang bisa meredakan nyeri sendi:

  • Glukosamin dan Kondroitin: Ini adalah suplemen yang sering digunakan oleh penderita nyeri sendi. Glukosamin dan kondroitin merupakan komponen pembentuk tulang rawan dan dapat membantu memelihara kesehatan sendi. Namun, manfaatnya masih diperdebatkan dan hasilnya bervariasi.
  • Omega-3 Asam Lemak: Asam lemak omega-3, yang umumnya ditemukan dalam ikan berlemak seperti salmon, sarden, dan tuna, memiliki sifat antiinflamasi dan dapat membantu meredakan peradangan pada sendi.
  • Vitamin D: Vitamin D penting untuk kesehatan tulang dan sistem kekebalan tubuh. Beberapa penelitian menghubungkan defisiensi vitamin D dengan risiko penyakit sendi. Paparan matahari adalah sumber alami vitamin D, dan dokter juga dapat merekomendasikan suplemen jika diperlukan.
  • Antioksidan: Antioksidan seperti vitamin C dan vitamin E dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif yang dapat memperburuk peradangan sendi.
  • Bromelain: Enzim yang ditemukan dalam nanas ini memiliki potensi antiinflamasi dan dapat membantu mengurangi pembengkakan pada sendi.

Baca Juga: Ini 5 Penyebab Tangan Kaku yang Terjadi pada Orang Dewasa, Cek Penanganannya

Simak daftar makanan untuk nyeri sendi dan peradangan dilansir dari laman Cary Ortho.

Makanan untuk nyeri sendi

1. Ikan berlemak Omega-3

Makanan laut Jepang

Ikan air dingin adalah sumber asam lemak Omega-3 yang hebat, yang merupakan nutrisi penting bagi kesehatan sendi. Nutrisi penting ini juga kadang-kadang disebut sebagai asam lemak tak jenuh ganda.

Tidak hanya terbukti mengurangi protein inflamasi dalam tubuh, tetapi juga meningkatkan fungsi otak dan menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan penyakit lainnya.

Omega-3 dapat ditemukan pada ikan air dingin seperti tuna, salmon, trout, halibut dan sarden. Mengonsumsi suplemen minyak ikan setiap hari adalah cara lain untuk menyerap Omega-3.

2. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Ada kabar baik bagi para vegan dan vegetarian untuk memilih makanan pereda nyeri sendi. Omega-3 juga bisa ditemukan pada berbagai kacang-kacangan dan biji-bijian.

Porsi kecil kenari, almond, biji rami, biji chia, atau kacang pinus setiap hari dapat membantu mengurangi peradangan pada persendian dan jaringan ikat.

3. Buah Berwarna-warni

Buah Nanas

Buah-buahan terkadang mendapat reputasi buruk karena kandungan gulanya yang tinggi, tetapi banyak di antaranya yang merupakan antioksidan yang sangat baik.

Sama seperti sayur-sayuran, buah-buahan tertentu lebih efektif dibandingkan buah lain dalam mengurangi peradangan pada tubuh.

Blueberry yang kaya akan antosianin atau salah satu flavonoid paling kuat ini dapat membantu mematikan respons peradangan dalam tubuh. Apel adalah buah lain yang kaya serat dan anti-inflamasi, dan memberikan manfaat tambahan untuk kesehatan usus.

Nanas juga masuk dalam daftar pendek kami karena kandungan bromelainnya, nutrisi yang terbukti mengurangi nyeri sendi yang disebabkan oleh osteoartritis dan rheumatoid arthritis. Sebagian besar bromelain terdapat pada batang dan inti nanas, jadi haluskan inti nanas menjadi smoothie untuk mendapatkan manfaat maksimal.

4. Minyak Zaitun

Buang minyak sayur, minyak bunga matahari, dan minyak kacang – yang semuanya dapat meningkatkan peradangan. Sebagai gantinya, pilihlah beberapa sendok makan minyak zaitun untuk memasak dan membuat saus salad.

Lebih baik lagi, pilihlah jenis extra virgin yang tidak banyak diproses. Sering dikaitkan dengan pola makan dengan minyak zaitun adalah lemak “sehat” tak jenuh.

5. Lentil dan Kacang

Lentil atau miju-miju

Kacang-kacangan dan lentil dikenal karena manfaat kesehatannya. Ini adalah sumber protein, serat, dan mineral penting yang sangat baik.

Kacang juga memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi seperti kacang hitam, lentil, buncis, kacang pinto, dan kedelai merupakan sumber antosianin flavonoid.

6. Bawang Putih dan Sayuran Akar

Bawang putih, bawang bombay, jahe dan kunyit memiliki sifat anti inflamasi. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa sayuran akar yang pedas ini dapat bermanfaat dalam mengobati gejala radang sendi dan nyeri sendi lainnya.

Anda bisa menggabungkan sayuran ini ke dalam makanan untuk menambah rasa yang juga tersedia dalam suplemen.

7. Gandum Utuh

Gandum utuh

Penelitian menunjukkan bahwa protein yang ditemukan dalam biji-bijian olahan (seperti roti putih, nasi putih, dan pasta biasa) dapat memicu respons peradangan pada tubuh.

Nah, biji-bijian berserat tinggi membantu menghasilkan asam lemak yang dianggap dapat melawan peradangan.

The Arthritis Foundation memberikan daftar rinci biji-bijian yang direkomendasikan untuk penderita arthritis termasuk gandum utuh, oat utuh, barley, dan gandum hitam. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Biji-bijian Terbaik untuk Radang Sendi.

8. Kaldu Tulang

Glukosamin, kondroitin, dan asam amino terbukti membantu menjaga kesehatan sendi, sementara kalsium penting untuk kepadatan tulang.

Zat seperti gelatin yang berasal dari tulang yang dimasak meniru kolagen yang terjadi secara alami di persendian, tendon, dan ligamen.

Apakah kaldu tulang benar-benar dapat merangsang pertumbuhan kembali tulang rawan adalah topik yang diperdebatkan dengan sengit di bidang medis.

Namun jika dikonsumsi secara teratur sebagai suplemen oral, telah diketahui dapat mengurangi nyeri sendi dan meningkatkan fungsi bagi penderita arthritis.

Demikian informasi terkait daftar makanan pereda nyeri sendi yang wajib dicoba oleh penderitanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×