kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45987,90   -2,03   -0.21%
  • EMAS1.142.000 0,35%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 8 Dampak Telat Makan bagi Kesehatan Tubuh dan Penyakit Terkait


Selasa, 29 Agustus 2023 / 12:23 WIB
Ini 8 Dampak Telat Makan bagi Kesehatan Tubuh dan Penyakit Terkait
ILUSTRASI. Ini 8 Dampak Telat Makan bagi Kesehatan Tubuh dan Penyakit Terkait


Penulis: Bimo Kresnomurti

Dampak Telat Makan - JAKARTA. Simak dampak telat makan pada kesehatan tubuh dan penyakit terkait. Aktivitas makan tentu cukup penting bagi tubuh untuk melakukan aktivitas dalam waktu seharian.

Telat makan mengacu pada keadaan ketika Anda tidak makan dalam interval waktu yang biasanya Anda lakukan atau tidak makan dalam jangka waktu yang wajar setelah waktu makan yang direncanakan.

Telat makan bisa disebabkan oleh berbagai alasan, seperti jadwal yang sibuk, kurangnya ketersediaan makanan, atau kurangnya nafsu makan.

Dampak dari telat makan dapat bervariasi tergantung pada orangnya dan seberapa sering atau lama seseorang mengalami telat makan.

Baca Juga: 9 Makanan & Minuman Pantangan Bagi Penderita Gula Darah Tinggi

Akibat telat makan

Sebuah penelitian ungkap bahwa tidak sarapan dan makan malam sekitar jam 9 malam akan signifikan terhadap nafsu makan, pengeluaran energi, dan cara kita menyimpan lemak.

Hasil penelitian juga ungkap bahwa dengan faktor-faktor lain yang sama, waktu asupan makanan secara signifikan mempengaruhi pengeluaran energi, nafsu makan, dan perubahan molekuler pada jaringan lemak.

Makan terlambat pada malam hari juga membuat persepsi lapar lebih dari dua kali lipat, meningkatkan kadar hormon lapar dalam darah sebesar 34%. Sehingg ini akan menekan hormon rasa kenyang, dan menurunkan pengeluaran energi dan suhu inti tubuh sebesar 5% selama 24 jam berikutnya.

Para peneliti menjelaskan bahwa ritme sirkadian alami tubuh mendorong penciptaan hormon dan ekspresi genetik yang terlibat dalam pengendalian berat badan.

Baca Juga: Apa Itu Sleep Training? Ini 5 Metode Sleep Training yang Bisa Diterapkan

Simak beberaa dampak telat makan pada kesehatan dan penyakit terkait dilansir dari Live Strong.

Akibat telat makan

1. Hipoglikemia (Penurunan Kadar Gula Darah)

Apabila Anda tidak makan dalam jangka waktu yang cukup lama, kadar gula darah Anda dapat turun drastis. Ini bisa menyebabkan gejala seperti pusing, gemetar, lemas, dan kebingungan.

2. Gangguan Pencernaan

Saat Anda tidak sarapan atau telat makan ini bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Hal ini terkait dengan gangguan perut kembung, rasa tidak nyaman, atau mulas ketika Anda akhirnya makan terlalu banyak atau makanan yang berat.

3. Penurunan Energi dan Konsentrasi

Tubuh memerlukan energi dari makanan untuk berfungsi dengan baik. Telat makan dapat menyebabkan penurunan energi, kelelahan, serta sulit berkonsentrasi dan fokus.

4. Gangguan Metabolisme

Kebiasaan telat makan dapat memengaruhi ritme metabolisme tubuh Anda, yang dapat mempengaruhi berat badan dan regulasi energi.

5. Meningkatkan Risiko Overeating

Ketika Anda akhirnya makan setelah telat, Anda mungkin cenderung makan terlalu banyak atau memilih makanan yang kurang sehat karena rasa lapar yang kuat.

6.  Gangguan Mood

Telat makan juga dapat mempengaruhi suasana hati Anda. Rasa lapar yang berlebihan dapat membuat Anda mudah marah, mudah tersinggung, atau merasa tertekan.

7. Gangguan Siklus Hormon

Telat makan juga bisa memengaruhi regulasi hormon, termasuk hormon yang mengatur nafsu makan dan pengaturan berat badan.

Selain itu, saat tubuh tidak mendapatkan asuapan dengan baik, ini dapat mengganggu pola makan sehat yang teratur dan dapat mengganggu upaya untuk menjaga diet yang seimbang.

Demikian informasi terkait dampak negatif yang diakibatkan saat telat makan beserta gangguan kesehatan terkait.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Corporate Financial Planning & Analysis Mastering Data Analysis & Visualisation with Excel

[X]
×