kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.324.000 1,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 7 Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan Jantung hingga Pencernaan


Selasa, 24 Oktober 2023 / 11:05 WIB
Ini 7 Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan Jantung hingga Pencernaan
ILUSTRASI. Ini 7 Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan Jantung hingga Pencernaan. Kontan/Alri kemas


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak daftar manfaat oatmeal untuk kesehatan tubuh. Konsumsi oatmeal tentu cocok untuk sebagian orang yang ingin konsumsi makanan ringan dan sehat.

Oatmeal adalah produk makanan yang terbuat dari biji gandum gandum, yang disebut oat, yang telah diolah menjadi bentuk butiran gandum yang dapat dimakan.

Konsumsi oatmeal kian populer karena kandungan gizi tinggi dan manfaat kesehatan yang beragam.

Nah, Anda perlu mengenal kandungan nutrisi dari oatmeal yang cukup memenuhi berbagai kebutuhan gizi tubuh Anda.

Baca Juga: Ini 6 Manfaat Jagung Rebus untuk Kesehatan Mata hingga Otak yang Luar Biasa

Kandungan nutrisi oatmeal

Oatmeal

Berikut adalah beberapa kandungan nutrisi utama dalam oatmeal:

  • Serat: Oatmeal kaya akan serat, terutama serat larut yang dikenal sebagai beta-glukan. Serat membantu meningkatkan pencernaan, mengontrol kadar gula darah, dan menjaga perasaan kenyang lebih lama.
  • Karbohidrat: Oatmeal mengandung karbohidrat kompleks, yang memberikan energi bertahap dan menjaga kadar gula darah tetap stabil.
  • Protein: Meskipun tidak sebanyak dalam sumber protein hewani, oatmeal mengandung protein nabati yang penting untuk pertumbuhan dan perbaikan sel-sel tubuh.
  • Vitamin dan Mineral: Oatmeal mengandung sejumlah vitamin dan mineral penting, termasuk tiamin (vitamin B1), folat, zat besi, magnesium, fosfor, dan seng.
  • Lemak Sehat: Oatmeal mengandung lemak sehat, terutama lemak tak jenuh tunggal dan polines. Lemak ini baik untuk kesehatan jantung.
  • Antioksidan: Oatmeal mengandung senyawa antioksidan, seperti avenanthramides, yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.
  • Kandungan Unik Oat: Oat memiliki komponen unik yang disebut avenins, yang dapat memiliki manfaat kesehatan tertentu. Avenins juga dapat memberikan rasa kenyang.

Manfaat oatmeal

Oatmeal tersedia dalam berbagai bentuk, termasuk rolled oats (oat gulung), steel-cut oats (oat potong), instant oats (oat instan), dan oat flour (tepung oat).

Oatmeal dikenal karena manfaat kesehatannya karena memiliki rasa yang tawar dan bahkan beberapa varian rendah gula.

Untuk itu, Anda perlu mengenal manfaat oatmeal untuk kesehatan tubuh termasuk jantung hingga pencernaan dilansir dari Everyday Health.

Baca Juga: 11 Makanan & Minuman Pantangan untuk Penderita Diabetes, Bisa Bikin Gula Darah Naik

1. Sebagai Sumber Serat

Semangkuk oat dapat membantu Anda mengonsumsi jumlah serat yang disarankan per hari.

Menurut Pedoman Diet untuk Orang Amerika  (PDF) saat ini dari Departemen Pertanian AS (USDA), pria di bawah 50 tahun harus mengonsumsi setidaknya 31 gram (g) per hari, sedangkan wanita dalam kelompok usia yang sama harus mengonsumsi 25 gram.

Dengan 4 gram serat per takaran, oatmeal yang dimasak memenuhi kebutuhan 14 persen nilai harian nutrisi ini.

2. Menyehatkan Pencernaan

Serat dalam oat baik untuk kesehatan secara keseluruhan, tetapi sangat penting untuk berfungsinya sistem pencernaan. Oat tidak hanya menyediakan serat tidak larut, yang mendorong keteraturan proses pada usus.

3. Mengurangi lemak perut

Keuntungan lain dari serat larut oatmeal adalah bisa membantu mengurangi lemak visceral, jenis lemak di bagian tengah tubuh yang menutupi organ dan meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Menurut penelitian yang mengamati orang dewasa penderita diabetes tipe 2, oatmeal membantu mengurangi gula darah, lipid darah, dan berat badan lebih baik.

4. Menurunkan kolesterol

Asupan harian oatmeal yang mengandung beta-glukan ditemukan menurunkan kolesterol LDL atau jahat dibandingkan dengan konsumsi makanan lainnya.

Peningkatan kadar kolesterol LDL meningkatkan risiko penyakit jantung, catat American Heart Association (AHA). Manfaat oatmeal dalam menurunkan kolesterol adalah salah satu alasan orang yang rajin konsumsinya.

Bahkan penelitian ungkap, orang yang konsumsi oatmeal 14 persen lebih kecil kemungkinannya terkena penyakit kardiovaskular dibandingkan yang menghindari oat. 

5. Memberikan energi

Saat Anda makan semangkuk di pagi hari, Anda menyajikan vitamin B, ditambah mineral termasuk mangan, zat besi, magnesium, dan seng.

Sebagai contoh, konsumsi 1 cangkir oatmeal matang mengandung sekitar 2 miligram (mg) zat besi, atau 11 persen dari nilai harian.

Konsumsi zat besi memberi energi pada tubuh dan membantu memicu proses membawa oksigen ke seluruh tubuh dari paru-paru.

6. Sebagai antioksidan

Penelitian menunjukkan bahwa oatmeal bermanfaat untuk dalam pembentukan Antioksidan. Serangkaian antioksidan berfungsi meningkatkan mikrobioma usus untuk meningkatkan kesehatan dan berpotensi mengurangi risiko penyakit kronis.

7. Pemenuhan nutrisi penting 

Oatmeal mengandung protein nabati, yang penting untuk pertumbuhan dan perbaikan sel-sel tubuh. Ini menjadikan oatmeal pilihan sarapan yang baik bagi vegetarian.

Selain itu, beberapa produk oatmeal mengandung berbagai vitamin dan mineral penting, termasuk tiamin (vitamin B1), folat, zat besi, magnesium, fosfor, dan seng.

Demikian informasi terkait manfaat konsumsi oatmeal untuk kesehatan tubuh yang bisa Anda pertimbangkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×