kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Luar Biasa, Ini 7 Manfaat Biji Semangka untuk Kesehatan Jantung hingga Kulit


Selasa, 10 Oktober 2023 / 14:05 WIB
Luar Biasa, Ini 7 Manfaat Biji Semangka untuk Kesehatan Jantung hingga Kulit


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kenali manfaat biji semangka untuk menyehatkan kulit hingga jantung. Untuk menemukan dan konsumsi buah semangka tentu mudah untuk masyarakat di Indonesia.

Biji semangka menjadi salah satu biji yang terdapat dalam buah semangka (Citrullus lanatus). Semangka merupakan buah yang populer dan banyak dikonsumsi di seluruh dunia, terutama saat musim panas karena kandungan airnya tinggi dan rasa segar.

Nah, biji semangka adalah biji kecil, hitam, dan pipih yang terbungkus dalam lapisan putih tebal. Mereka terletak di tengah-tengah daging buah semangka.

Biasanya, satu buah semangka dapat memiliki ratusan hingga ribuan biji, tergantung pada ukuran dan varietas buah.

Baca Juga: ini 9 Makanan Penambah Imun Tubuh, Tak Perlu Konsumsi Suplemen

Biji semangka

Adapun beberapa informasi terkait biji semangka bisa menjadi pertimbangan Anda untuk mengonsumsinya. Biji semangka mengandung sejumlah nutrisi, termasuk protein, lemak sehat, serat, zat besi, magnesium, fosfor, dan zinc.

Biji semangka juga dapat digunakan dalam makanan, seperti disangrai dan dijadikan camilan sehat.

Di beberapa budaya, biji semangka digunakan untuk membuat teh atau digiling menjadi tepung untuk digunakan dalam roti atau makanan lainnya.

Simak daftar manfaat biji semangka untuk kesehatan kulit hingga jantung dilansir dari PharmEasy.

Baca Juga: 7 Teh Terbaik untuk Asam Lambung, Ada Teh Adas dan Teh Kunyit

Manfaat biji semangka untuk kesehatan

1. Meningkatkan kesehatan kulit

Biji semangka yang bertunas membantu membersihkan kulit Anda karena kaya akan vitamin C, antioksidan, dan lain-lain. Minyaknya banyak digunakan dalam berbagai produk kecantikan untuk mengatasi jerawat dan tanda-tanda awal penuaan.

Biji semangka kaya akan magnesium yang membantu memperbaiki penampilan kulit Anda secara keseluruhan. Ini digunakan dalam kasus-kasus seperti eksim dan kondisi kulit lainnya di mana kulit Anda kering dan gatal. Biji semangka berperan sebagai pelembab untuk kulit kusam dan kering.

Seng yang terdapat pada bijinya dapat memperlambat proses penuaan karena kemampuannya dalam sintesis protein, pembelahan sel, dan perbaikan.

2. Meningkatkan kesehatan jantung 

Biji semangka dapat meningkatkan kesehatan jantung Anda dalam banyak cara. Selain itu, ini menjadi sumber asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang baik.

Studi menunjukkan bahwa lemak baik ini berguna dalam melindungi terhadap serangan jantung dan stroke. Nah, biji ini mengandung magnesium dalam jumlah tinggi yang menjaga kesehatan jantung dan mengatur tekanan darah normal.

Biji semangka bertindak sebagai anti-inflamasi, antioksidan, dan vasodilator (pelebaran pembuluh darah) yang kemungkinan besar bermanfaat bagi kesehatan jantung. Zat besi yang disuplainya juga penting dalam membawa darah beroksigen ke seluruh tubuh.

Kandungan biji semangka juga terdapat zinc yang berperan penting dalam kesehatan jantung karena berperan sebagai mengatur pergerakan kalsium di jantung.

3. Menurunkan kadar gula darah

Apabila Anda menderita fluktuasi kadar gula darah, cobalah memasukkan biji ajaib ini ke dalam makanan.

Magnesium membantu mengatur metabolisme karbohidrat yang berdampak langsung pada kadar gula darah. Biji semangka tentunya secara perlahan bisa membantu pengobatan diabetes tipe 2.

4. Membantu memperkuat rambut

Semua orang menyukai rambut kepala yang sehat. Jadi, mengapa tidak menggunakan biji semangka untuk mencapai hal ini? Biji semangka kaya akan protein, zat besi, magnesium, zinc, dan tembaga yang diketahui dapat meningkatkan kualitas rambut.

Biji ini membantu memperkuat rambut Anda dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Kandungan mangan dalam bijinya membantu mencegah rambut rontok dan kerusakan.

6. Mendukung sistem saraf

Manfaat lain dari biji semangka adalah sebagai sumber kaya vitamin B yang membantu menjaga kesehatan otak dan sistem saraf Anda. Hal ini juga berguna dalam gangguan mood, demensia.

7. Meningkatkan kesuburan pria 

Semangka mengandung zinc dalam jumlah tinggi yang penting untuk sistem reproduksi pria. Seng dapat membantu meningkatkan kualitas sperma yang merupakan masalah utama infertilitas pria.

Cara konsumsi biji semangka

Meskipun biji semangka bisa dimakan, penting untuk mengonsumsinya dengan bijak dan sebaiknya dicuci bersih sebelum dimakan.

  • Menyantap Biji Semangka yang Disangrai: Sangrai biji semangka di dalam oven atau wajan dengan sedikit minyak. Biji yang disangrai bisa dijadikan camilan yang gurih.
  • Menggiling Biji menjadi Tepung: Giling biji semangka kering hingga halus dan gunakan sebagai tambahan untuk roti, kue, atau adonan lainnya.
  • Membuat Teh Biji Semangka: Rendam biji semangka kering dalam air panas untuk membuat teh biji semangka. Teh ini dapat memberikan rasa dan manfaat kesehatan yang unik.
  • Mencampurkan Biji pada Salad atau Makanan: Tambahkan biji semangka ke dalam salad buah atau sayuran, smoothie, atau hidangan lainnya untuk menambahkan rasa dan tekstur.
  • Menggunakan Biji dalam Resep Masakan: Biji semangka dapat digunakan sebagai bahan tambahan dalam resep kue, roti, granola, atau campuran trail untuk memberikan rasa gurih.

Itulah sederet informasi terkait manfaat biji semangka untuk kesehatan yang bisa dikonsumsi secara rutin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×