kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.405.000   -9.000   -0,64%
  • USD/IDR 15.370
  • IDX 7.722   40,80   0,53%
  • KOMPAS100 1.176   5,28   0,45%
  • LQ45 950   6,41   0,68%
  • ISSI 225   0,01   0,00%
  • IDX30 481   2,75   0,57%
  • IDXHIDIV20 584   2,72   0,47%
  • IDX80 133   0,62   0,47%
  • IDXV30 138   -1,18   -0,84%
  • IDXQ30 161   0,48   0,30%

Ini 7 Cara Mengobati Sariawan dengan Bahan Alami dari Rumah


Kamis, 26 Oktober 2023 / 15:20 WIB
Ini 7 Cara Mengobati Sariawan dengan Bahan Alami dari Rumah
ILUSTRASI. Ini 7 Cara Mengobati Sariawan dengan Bahan Alami dari Rumah


Penulis: Bimo Kresnomurti

Cara Mengobati Sariawan - JAKARTA. Simak panduan cara mengobati sariawan dengan bahan alami dari rumah. Kondisi mulut yang terluka tentu tidak nyaman untuk beraktivitas sehari-hari.

Panduan untuk mengobati sariawan perlu dilakukan tanpa penggunaan obat dari apotek.. Sariawan bisa saja mengganggu dan membuat kesulitan untuk berbicara, mengunyah, atau melakukan kegiatan lain yang menggunakan mulut.

Sariawan bisa terjadi ketika bagian dalam mulut tergigit. Tak hanya itu, masih banyak faktor lain yang bisa jadi penyebab sariawan seperti kebersihan mulut yang tidak terjaga.

Faktor lain ada juga perubahan hormon dalam tubuh, tubuh kekurangan vitamin atau mineral tertentu, stres, hingga reaksi alergi. Sebenarnya, ada banyak obat apotek yang bisa menyembuhkan sariawan.

Baca Juga: Ini 6 Olahraga untuk Penderita Asam Urat yang Menyehatkan Tulang dan Sendi

Cara mengobati sariawan dengan bahan alami

Sariawan

Kini Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami juga tak ada salahnya untuk Anda coba. Tak hanya mengobati sariawan, beberapa kandungan dalam bahan alami di bawah ini juga baik untuk kesehatan gigi dan mulut.

Simak rekomendasi cara mengobati sariawan dengan bahan alami yang mudah dilakukan dirangkum dari laman Rodeo Dental.

Baca Juga: Ini 6 Pantangan Makanan saat Sariawan yang Bisa Memperparah Peradangan

1. Berkumur dengan Baking Soda

Baking soda merupakan salah satu bahan yang umum digunakan sebagai obat sariawan. Selain itu, penelitian ungkap bahwa kandungan dalam baking soda mampu menetralkan keasaman dalam mulut yang berpotensi memperparah sariawan.

Selain itu, pemakaian baking soda juga efektif melawan infeksi bakteri sehingga sariawan bisa sembuh lebih cepat. Pertama, campur 1 sdt baking soda dalam segelas air hangat. Aduk rata lalu gunakan air tersebut untuk berkumur.

2. Kumur dengan Larutan Antiseptik

Kumur dengan larutan antiseptik seperti mouthwash yang mengandung klorheksidin dapat membantu menjaga kebersihan mulut dan mencegah infeksi.

3. Kompres Dingin

Dengan menerapkan kompres dingin pada sariawan dapat membantu mengurangi peradangan dan rasa sakit. Tempelkan kompres es yang dibungkus dengan kain tipis selama beberapa menit.

4. Gunakan Cuka Apel

Pemakaian cuka apel sebagai obat sariawan dapat menjadi alternatif lainnya. Sama seperti baking soda, cuka apel mampu melawan infeksi bakteri.

Manfaat cuka apel itu berasal dari asam asetat yang terkandung di dalamnya. Anda bisa menggunakan cuka apel dengan berbagai cara.

Pertama, campur 1 sdm cuka apel dalam segelas air lalu minum air tersebut sampai sariawan sembuh. Menggunakan cuka apel sebagai salad dressing juga bisa Anda jadikan pilihan.

5. Berkumur Air Garam

Kumur memakai air garam termasuk cara menyembuhkan sariawan. Pertama, larutkan 1 sdt garam dalam segelas air hangat.

Anda bisa mulai berkumur dengan air garam itu selama 30 detik. Setelah itu, berkumurlah lagi dengan air biasa.

6. Kompres Minyak kelapa

Menurut penelitian, minyak kelapa memiliki sifat antimikroba yang menjadikannya obat yang bagus untuk mengatasi sariawan yang disebabkan oleh bakteri.

Selain itu, minyak kelapa juga mencegah penyebaran penyakit lebih lanjut. Dengan kemampuan anti inflamasinya yang hebat, ini membantu meminimalkan rasa sakit dan kemerahan di sekitar area tersebut. 

Ambil minyak kelapa dalam jumlah banyak di ujung jari atau bola kapas dan oleskan pada lesi. Ulangi ini beberapa kali sehari sampai sakitnya sembuh.  

7. Kompres dan Minum Teh Kamomil

Salah satu jenis teh yakni teh Kamomil diklaim bisa menyembuhkan sariawan. Sehingga teh ini bisa Anda coba dengan konsumsinya secara rutin.

Jenis teh itu mengandung antiseptik yang efektif mempercepat proses penyembuhan. Selain itu, minum teh kamomil juga baik untuk kesehatan sistem pencernaan.

Anda bisa juga mengompreskan ampas teh camomile pada luka sariawan secara perlahan.

Jika sariawan Anda tidak sembuh dalam waktu yang wajar berminggu-minggu atau disertai gejala lain yang mengkhawatirkan, segera konsultasikan dengan dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mudah Menagih Hutang Penyusunan Perjanjian & Pengikatan Jaminan Kredit serta Implikasi Positifnya terhadap Penanganan Kredit / Piutang Macet

[X]
×