kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.443.000   4.000   0,28%
  • USD/IDR 15.405   0,00   0,00%
  • IDX 7.812   13,98   0,18%
  • KOMPAS100 1.184   -0,59   -0,05%
  • LQ45 959   0,88   0,09%
  • ISSI 227   0,13   0,06%
  • IDX30 489   0,88   0,18%
  • IDXHIDIV20 590   1,24   0,21%
  • IDX80 134   -0,05   -0,04%
  • IDXV30 139   -1,25   -0,90%
  • IDXQ30 163   0,24   0,15%

Ini 5 Cara Mengobati Sariawan di Lidah dengan Bahan Alami


Senin, 10 Juli 2023 / 16:45 WIB
Ini 5 Cara Mengobati Sariawan di Lidah dengan Bahan Alami
ILUSTRASI. Ini 5 Cara Mengobati Sariawan di Lidah dengan Bahan Alami


Penulis: Bimo Kresnomurti

Cara Mengobati Sariawan - JAKARTA. Simak beberapa cara mengobat sariawan di lidah dengan bahan alami. Kesehatan gigi dan mulut tentu penting untuk menjaga kesehatan bagian tubuh lainnya, termasuk nafsu makan.

Sariawan di lidah atau stomatitis aftosa merupakan luka terbuka atau borok yang muncul di lidah baik pada bayi hingga orang dewasa.

Sariawan lidah menjadi jenis sariawan yang paling umum dan dapat terjadi pada siapa saja, tetapi lebih sering dialami oleh remaja dan orang dewasa muda.

Cek beberapa karakteristik dan gejalan sariawan di lidah yang dapat dikenali dengan mudah.

Baca Juga: Tak Perlu Kumur dengan Antiseptik, Cara Ini Bisa Menghilangkan Bau Mulut Tidak Sedap

Sariawan di Lidah

Gejala sariawan di lidah

Berikut adalah beberapa karakteristik dan gejala sariawan di lidah:

  • Luka terbuka: Sariawan di lidah biasanya berbentuk luka terbuka atau borok yang dapat terlihat merah dan nyeri. Ukurannya bervariasi, mulai dari sekecil titik hingga beberapa milimeter.
  • Nyeri: Sariawan lidah bisa menyebabkan rasa sakit atau sensasi terbakar pada area yang terkena. Makan, minum, atau menggosok lidah dengan gigi atau makanan dapat memperburuk rasa sakit.
  • Bercak putih atau kuning: Sariawan di lidah mungkin memiliki lapisan putih atau kuning yang menutupi luka. Lapisan ini terdiri dari sel-sel mati, debris makanan, atau plak bakteri.
  • Kesulitan makan atau bicara: Sariawan di lidah yang cukup besar atau terletak di area yang sensitif dapat mengganggu proses makan dan bicara, terutama jika menyebabkan rasa sakit yang signifikan.
  • Durasi: Umumnya, sariawan di lidah akan sembuh sendiri dalam waktu satu hingga dua minggu. Namun, beberapa kasus dapat membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh.

Untuk itu, ada beberapa bahan alami yang dapat dimanfaatkan dengan baik untuk pengobatan sariawan lidah.

Simak beberapa cara mengobat sariawan di lidah dilansir dari laman Pharmeasy.

Cara mengobat sariawan di lidah dengan bahan alami

1. Jeruk

Air jeruk nipis

Salah satu penyebab munculnya sariawan adalah tubuh yang kekurangan vitamin C. Maka dari itu, Anda bisa mengobatinya dengan mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak vitamin C, misalnya jeruk.

Selain menyembuhkan luka sariawan, vitamin C juga mampu meningkatkan sistem imun tubuh sehingga proses penyembuhan bisa lebih cepat.

Apabila kesulitan untuk mengonsumsi jeruk dapat dengan mengolahnya menjadi jus jeruk. Usahakan untuk mengonsumsi dua gelas air jeruk tiap hari agar sariawan bisa segera sembuh.

2. Madu

Madu

Nah, untuk cara mengobati sariawan di lidah dengan bahan alami dengan madu. Madu murni juga bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan sariawan.

Lewat kandungan antimikroba dalam madu murni dapat mengobati luka dalam mulut dan melindungi area di sekitarnya. 

Sehingga, madu murni bisa mengaplikasikan madu pada sariawan dan biarkan selama beberapa menit. Anda bisa mengulangi cara tersebut beberapa kali dalam sehari agar sariawan bisa sembuh lebih cepat.

3. Minyak Kelapa

Minyak kelapa

Selain itu, cara mengobati sariawan di lidah juga bisa menggunakan minyak kelapa. Sama seperti madu, penderita sariawan bisa mengaplikasikan minyak kelapa di permukaan sariawan dan biarkan selama beberapa menit.

Agar lebih mudah, Anda bisa menggunakan minyak kelapa untuk menyembuhkan sariawan saat tidur di malam hari.

Kemampuan menyembuhkan luka dan mengurangi peradangan akibat sariawan didapat karena adanya kandungan antimikroba.

4. Bawang Putih

Bawang putih

Alternatif lain adalah bawang putih yang bisa digunakan untuk mengobati sariawan. Sama seperti bahan alami lainnya, bawang putih juga mengandung antimikroba yang mampu memerangi infeksi.

Cara yang direkomendasikan adalah dengan memotong sebutir bawang putih menjadi dua bagian. Kemudian, tempelkan potongan bawang putih pada sariawan selama satu hingga dua menit. 

Berikutnya, berkumurlah dengan air untuk menghilangkan sisa aroma bawang putih. Anda bisa mengulangi cara mengobati sariawan di lidah ini sebanyak dua hingga tiga kali dalam sehari.

5. Chamomile

Chamomile dapat digunakan sebagai aplikasi lokal untuk mengobati penyakit bakteri pada mulut. Chamomile mengurangi waktu penyembuhan sariawan yang disebabkan oleh stres.

Untuk menggunakan chamomile, Anda bisa menyeduh teh chamomile dan menggunakannya sebagai obat kumur. Selain itu, Anda juga bisa minum teh chamomile dengan madu untuk menggandakan manfaatnya.

Langkah untuk menghindari sariawan di lidah dapat mengambil tindakan pencegahan terhadap beberapa penyebab.

Anda dapat memulainya dengan beralih ke pasta gigi ringan, menggunakan sikat gigi dengan bulu yang lembut, dan menghindari makanan asam atau pedas.

Demikian beberapa informasi terkait cara mengobati sariawan di lidah dengan bahan alami pilihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management Principles (SCMP) Mastering Management and Strategic Leadership (MiniMBA 2024)

[X]
×