kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45937,81   9,46   1.02%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 6 Pantangan Makanan saat Sariawan yang Bisa Memperparah Peradangan


Jumat, 20 Oktober 2023 / 09:47 WIB
Ini 6 Pantangan Makanan saat Sariawan yang Bisa Memperparah Peradangan
ILUSTRASI. Ini 6 Pantangan Makanan saat Sariawan yang Bisa Memperparah Peradangan. (Tribun Jateng/Hermawan Handaka)


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak daftar pantangan makanan untuk penderita sariawan. Kesembuhan luka pada mulut tentu bisa didukung dengan mengurangi konsumsi makanan berikut ini.

Sariawan adalah kondisi yang menyebabkan luka atau borok kecil di dalam mulut, seringkali di lidah, gusi, bibir, atau langit-langit mulut.

Sariawan, juga dikenal sebagai stomatitis aftosa, adalah gangguan yang umum terjadi di dalam mulut dan menimbulkan ketidaknyamanan.

Meskipun sariawan tidak termasuk dalam kondisi medis serius, mereka dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan menimbulkan ketidaknyamanan yang signifikan. 

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Sirsak Buat Kesehatan, Efek Samping, dan Cara Mengolahnya yang Benar

Pantangan makanan untuk penderita sariawan

Makanan Asam Pedas

Pantangan sariawan adalah makanan atau kebiasaan yang sebaiknya dihindari untuk mencegah iritasi lebih lanjut atau memperburuk sariawan.

Beberapa pantangan yang umumnya disarankan untuk penderita sariawan dilansir dari laman Enlivity.

1. Makanan Pedas dan Asam

Makanan pedas dapat meningkatkan iritasi dan rasa nyeri pada sariawan. Hindari makanan pedas seperti cabai, saus pedas, atau makanan pedas lainnya.Asam

Selain itu asam seperti jeruk nipis, dan makanan berbumbu dapat memperburuk sariawan. Hindari makanan ini jika Anda memiliki sariawan.

2. Makanan Kasar atau Kasar

Makanan kasar atau yang bisa menyebabkan goresan pada sariawan harus dihindari. Contoh makanan ini termasuk keripik, kacang-kacangan, dan makanan yang perlu dikunyah berlebihan.

3. Alkohol

Minuman beralkohol dapat mengiritasi luka sariawan. Apabila Anda menyukai minuman ini, Anda perlu menghindari minuman beralkohol selama sariawan masih aktif.

4. Buah jeruk dan jus

Buah jeruk adalah salah satu penyebab paling umum timbulnya sariawan karena mengandung asam sitrat. Asam sitrat terdapat dalam berbagai jenis buah dan sayuran, terutama jeruk, lemon, limau, dan anggur.

Konsumsi buah-buahan ini dapat sangat mengiritasi bisul, luka, dan bahkan jaringan sehat di mulut.

5. Kopi dan teh berkafein

Kopi dan teh berkafein bersifat asam. Selain itu, produk ini mengandung salisilat yang tinggi, yang dapat mengiritasi gusi, lidah, dan pipi.

Saat berhenti minum kopi dan teh berkafein sulit, cobalah membatasi asupan Anda atau pertimbangkan untuk beralih ke pilihan tanpa kafein.

6. Tomat

Jika Anda menderita sariawan, hindari tomat mentah atau produk berbahan tomat apa pun. Selain bersifat asam, buah ini juga kaya serat yang dapat membuat mulut Anda semakin iritasi.

Apabila sariawan berlangsung lebih dari dua minggu atau sering kambuh, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau dokter gigi.

Demikian informasi terkait pantangan makanan penderita sariawan yang perlu dihindari.

Selanjutnya: Link Baca Boruto: Two Blue Vortex Chapter 3 Bahasa Indonesia Gratis di Manga Plus

Menarik Dibaca: Promo Wingstop Payday Deal 10 Ayam Cuma Rp 49.091 Edisi Oktober-November 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×