kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.405.000   -9.000   -0,64%
  • USD/IDR 15.370
  • IDX 7.722   40,80   0,53%
  • KOMPAS100 1.176   5,28   0,45%
  • LQ45 950   6,41   0,68%
  • ISSI 225   0,01   0,00%
  • IDX30 481   2,75   0,57%
  • IDXHIDIV20 584   2,72   0,47%
  • IDX80 133   0,62   0,47%
  • IDXV30 138   -1,18   -0,84%
  • IDXQ30 161   0,48   0,30%

Ini 6 Cara Memutihkan Gigi dengan Bahan Alami dari Rumah


Jumat, 20 Oktober 2023 / 14:28 WIB
Ini 6 Cara Memutihkan Gigi dengan Bahan Alami dari Rumah
ILUSTRASI. Ini 6 Cara Memutihkan Gigi dengan Bahan Alami dari Rumah


Penulis: Bimo Kresnomurti

Cara Memutihkan Gigi - JAKARTA. Simak daftar cara memutihkan gigi dengan bahan alami. Kondisi gigi seiring berjalannya waktu dapat berubah sesuai dengan kebiasaan konsumsi makanan dan minuman tertentu.

Anda bisa mulai memutihkan gigi sebagai saran meningkatkan warna gigi untuk membuatnya terlihat lebih cerah dan putih.

Ada berbagai cara untuk memutihkan gigi, termasuk perawatan profesional di dokter gigi dan penggunaan produk pemutih gigi tertentu.

Selain itu, Anda juga dapat mencoba bahan alami yang dapat membantu memperbaiki warna gigi Anda secara alami.

Baca Juga: Tak Perlu Ke Dokter! 4 Cara Alami Ini Bisa Membantu Mengempeskan Gusi Bengkak

Cara memutihkan gigi dengan bahan alami

Cara memutihkan gigi dengan bahan alami

Gigi yang tidak terawat bisa berubah menjadi kusam dan kekuningan. Tentu ini bisa menjadi masalah kosmetik yang membuat seseorang merasa kurang percaya diri terhadap senyumannya.

Ada beberapa penyebabnya seperti kebiasaan Merokok, konsumsi minuman berwarna, pola makan yang buruk, hingga kurangnya Kebersihan Mulut.

Seiring bertambahnya usia, enamel gigi dapat menjadi lebih tipis, yang dapat mengungkapkan lapisan dentin di bawahnya. Dentin adalah lapisan gigi yang lebih kuning, sehingga gigi dapat terlihat kuning seiring penuaan.

Untuk ini, Anda dapat menggunakan buah-buahan tertentu dan bahan-bahan lain yang tersedia di dapur.

Berikut bahan alami yang bisa membantu memutihkan gigi dilansir dari beberapa penelitian lewat laman PharmEasy.

Baca Juga: Catat 7 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan yang Luar Biasa

1. Baking Soda

Baking soda merupakan penghilang noda alami yang dapat membantu memutihkan gigi. Anda dapat mencampurkan sedikit baking soda dengan air untuk membuat pasta, kemudian menggosokkan pasta ini pada gigi Anda.

Pastikan untuk tidak menggunakan baking soda secara berlebihan karena bisa mengikis enamel gigi.

2. Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung asam laurat, yang memiliki sifat anti-mikroba. Mengunyah minyak kelapa selama beberapa menit setiap hari dalam proses yang disebut "oil pulling" telah diklaim dapat membantu memutihkan gigi dan meningkatkan kesehatan mulut.

3. Pepaya 

Pepaya diklaim bisa menjadi bahan pemutih yang baik karena mengandung enzim papain dan chymopapain. Enzim ini lebih banyak ditemukan pada pepaya mentah dibandingkan pepaya matang.

Enzim papain mungkin mampu menghilangkan noda di permukaan gigi dan mengurangi perkembangan plak pada gigi. Anda dapat menggunakan pepaya mentah sebagai obat rumahan untuk memutihkan gigi.

Mulai dengan cuci pepaya lalu buang kulit dan bijinya, kemudian haluskan daging ke dalam blender. Lalu, peras ampasnya menggunakan kain kasa dan gunakan jus yang diperoleh dengan hidrogen peroksida sebagai obat kumur untuk memutihkan gigi.

Pepaya mentah dapat digunakan sebagai bahan pemutih non-abrasif (ringan)

4. Kulit Jeruk

Kulit jeruk memiliki senyawa seperti d-limonene, yang dapat membantu menghilangkan noda pada gigi. Gosokkan kulit jeruk yang sudah dipotong ke gigi Anda secara hati-hati.

Namun, pastikan untuk mencuci mulut setelahnya untuk menghindari risiko kerusakan enamel gigi.

5. Jus Stroberi

Olahan buah stroberi mengandung asam malat, yang dapat membantu menghilangkan noda pada gigi. Anda bisa mulai dengan menggosokkan jus stroberi segar pada gigi Anda, atau campurkan jus stroberi dengan baking soda untuk membuat pasta pemutih gigi alami.

6. Kulit pisang

Pisang memiliki kulit yang mengandung mineral penting seperti magnesium, mangan, dan potasium. Mineral ini bisa dimanfaatkan oleh gigi untuk membuat tampak lebih cerah dan putih.

Anda bisa menggosok gigi dengan bagian bawah kulit pisang. Setelah digosok, diamkan setidaknya selama 10 menit.

Selanjutnya, ambil sikat gigi kering yang baru dan rawat gigi Anda. Setelah selesai, sikat kulitnya dan lakukan penyikatan seperti biasa menggunakan pasta gigi. Lakukan hal ini secara rutin dan amati hasilnya. 

Perlu diingat bahwa hasil dari penggunaan bahan alami untuk memutihkan gigi mungkin tidak secepat atau sekuat perawatan profesional. Selain itu, penggunaan berlebihan atau teknik yang salah bisa merusak enamel gigi.

Pastikan untuk berkonsultasi ke dokter gigi untuk mendapatkan penanganan lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mudah Menagih Hutang Penyusunan Perjanjian & Pengikatan Jaminan Kredit serta Implikasi Positifnya terhadap Penanganan Kredit / Piutang Macet

[X]
×