kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.008,41   -2,46   -0.24%
  • EMAS1.131.000 0,27%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 5 Makanan yang Baik Dikonsumsi saat Perut Kosong beserta Alasannya


Selasa, 31 Oktober 2023 / 11:46 WIB
Ini 5 Makanan yang Baik Dikonsumsi saat Perut Kosong beserta Alasannya


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Catat sederet makanan yang baik dikonsumsi saat perut kosong. Kondisi perut setiap orang memiliki sensitivitas yang berbeda.

Saat kondisi perut kosong, tindakan memilih makanan dalam keadaan lapar memiliki beberapa manfaat. Terutama dalam hal pemahaman rasa lapar dan respons tubuh terhadap makanan.

Beberapa reaksi tubuh saat perut kosong terkait dengan gangguan lambung seperti asam yang meningkat.

Tentunya, ada alasan terkait tindakan memilih makanan yang baik dikonsumsi saat perut kosong.

Baca Juga: Minuman Herbal Ini Efektif Merontokkan Tekanan Darah Tinggi

Alasan memilih makanan saat perut kosong

Lapar

Berikut adalah beberapa alasan mengapa memilih makanan saat perut kosong bisa bermanfaat.

  • Pemahaman Rasa Lapar: Ketika perut dalam keadaan kosong, Anda lebih cenderung merasakan rasa lapar dengan lebih jelas. Ini dapat membantu Anda memahami sinyal tubuh Anda tentang kapan sebaiknya makan dan seberapa besar porsi yang dibutuhkan.
  • Respons Tubuh yang Lebih Sensitif: Ketika perut kosong, tubuh cenderung merespons makanan dengan lebih baik. Proses pencernaan dan penyerapan nutrisi menjadi lebih efisien.
  • Menikmati Makanan: Saat perut kosong, makanan cenderung terasa lebih lezat. Ini karena rasa lapar meningkatkan sensitivitas reseptor rasa pada lidah, sehingga makanan terasa lebih nikmat.
  • Menghindari Makan Berlebihan: Memilih makanan saat perut kosong dapat membantu Anda menghindari makan berlebihan. Ketika Anda sudah kenyang, Anda lebih mungkin membatasi porsi makanan dan tidak makan lebih dari yang dibutuhkan tubuh.
  • Kontrol Gula Darah: Memilih makanan saat perut kosong dapat membantu menjaga kadar gula darah dalam kisaran yang sehat. Makanan yang dikonsumsi saat perut kosong memiliki dampak yang lebih signifikan pada kontrol gula darah daripada makanan yang dikonsumsi setelah makan.
  • Asupan Nutrisi: Memilih makanan yang sehat saat perut kosong dapat membantu memastikan bahwa tubuh Anda mendapatkan nutrisi yang cukup. Ini terutama penting jika Anda makan makanan bergizi dan seimbang.

Setelah mengenal alasan di atas, Anda bisa lanjut mencatat beberapa makanan yang aman untuk lambung berikut ini.

Makanan yang aman dikonsumsi saat perut kosong

Simak daftar makanan yang baik dikonsumsi saat perut kosong dilansir dari laman Wellness Corner.

Baca Juga: Kenali 10 Manfaat Jeruk Mandarin Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

1. Yogurt

Yogurt adalah makanan yang enak dimakan saat perut kosong, terutama di pagi hari. Itu dikemas dengan probiotik yang membantu menjaga sistem pencernaan yang sehat dan sistem kekebalan yang kuat.

Anda bisa mencoba tambahkan granola atau beri; itu akan memberi lebih banyak energi saat sangat membutuhkannya.

Anda juga dapat mencoba mengonsumsi yogurt segera setelah berolahraga. Kandungan proteinnya akan memberi bahan bakar pada otot tanpa membebani tubuh. 

2. Telur Ayam

Telur adalah sumber protein yang bagus bagi tubuh. Telur mengandung lebih banyak protein dibandingkan makanan lain yang ada secara alami, menjadikannya pilihan makanan yang baik dikonsumsi saat perut kosong.

Telur juga mengandung zat besi, vitamin D, potasium, seng, dan banyak lagi, menjadikannya pembangkit tenaga listrik dalam hal tingkat energi dan kesehatan.

Protein berkualitas tinggi dalam telur mudah dicerna oleh tubuh dan akan membuat merasa kenyang lebih lama. Ini membantu meningkatkan tingkat energi, tetapi juga dapat digunakan sebagai makanan penurun berat badan yang hebat.

3. Kacang Almond

Kaya akan vitamin E, almond dapat memberi tubuh lebih banyak energi untuk memulai hari. Tambahkan kacang ini ke dalam salad, makan saja atau masukkan ke dalam protein shake.

Selain itu, Ada juga susu almond sebagai yang bisa menjadi pengganti kopi.

Lemak tak jenuh yang terdapat pada almond membantu meningkatkan stamina dan mencegah rasa lapar, sementara kandungan seratnya yang tinggi akan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

4. Oatmeal

Oatmeal adalah sumber energi pelepasan lambat terbaik karena membantu menstabilkan kadar gula darah. Serat larut dalam oatmeal membantu tubuh tetap kenyang hingga waktu makan siang.

Oatmeal memaksimalkan kemampuan tubuh untuk mencerna makanan dan menyerap nutrisi; makan oatmeal tanpa krim. Taburi dengan kacang-kacangan atau biji-bijian untuk menambah protein dan lemak sehat.

Selain itu, pastikan untuk menambahkan kayu manis. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kayu manis dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan mengurangi peradangan

5. Buah pisang

Pisang adalah salah satu makanan alami yang paling sempurna, dengan takaran serat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang sehat. Makan satu atau dua buah pisang di pagi hari akan membantu Anda memulai hari dengan energi ekstra.

Selain itu, nutrisi dari karbohidrat juga akan memberi Anda dorongan ketika gula darah rendah sebagai energi.

Itulah beberapa makanan yang baik dikonsumsi saat perut kosong sehingga pencernaan aman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Outlook 2024, Meneropong saham unggulan di Tahun Politik The Coughing Dragon | Global Market Series - China

[X]
×