kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45934,54   6,90   0.74%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 5 Jenis Ikan untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dengan Efektif


Minggu, 29 Oktober 2023 / 13:30 WIB
Ini 5 Jenis Ikan untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dengan Efektif
ILUSTRASI. Ini 5 Jenis Ikan untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dengan Efektif. REUTERS/Eva Plevier


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Periksa rekomendasi ikan untuk penderita tekanan darah tinggi. Ikan kaya Omega 3 menjadi opsi terbaik yang bisa menjadi makanan rutin dalam mengatasi hipertensi.

Hipertensi, juga dikenal sebagai tekanan darah tinggi, adalah kondisi di mana tekanan darah dalam arteri berada pada tingkat yang lebih tinggi dari normal secara terus-menerus.

Ini bisa menjadi masalah kesehatan serius karena dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan masalah kesehatan lainnya.

Tentunya, Anda perlu mengenal beberapa jenis hipertensi yang bisa diderita seseorang. Untuk mengelola hipertensi, penting untuk menjaga gaya hidup sehat dan dapat melibatkan penggunaan obat-obatan yang diresepkan oleh dokter.

Selain itu, Anda perlu memilih makanan yang menyehatkan, salah satunya jenis ikan kaya omega 3.

Baca Juga: Ini 6 Manfaat Ikan Sidat atau Unagi untuk Kesehatan Tubuh

Ikan untuk penderita hipertensi

Tangkapan Ikan Tuna

Tentu, ikan sering dianggap sebagai makanan yang sehat untuk yang memiliki hipertensi karena mengandung asam lemak omega-3.

Ikan-ikan ini mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan cara memperlancar aliran darah hingga mengurangi peradangan yang terjadi.

Selain itu, saat dikonsumsi secara rutin, ikan berkontribusi pada meningkatkan fungsi pembuluh darah hingga menurunkan risiko penyakit jantung.

Untuk mendapatkan manfaat omega 3 yang menyehatkan jantung tanpa meningkatkan risiko kanker, pilih jenis ikan laut.

  • Sebagai sumber protein: Ikan dapat menjadi sumber protein tanpa lemak yang tidak tinggi lemak jenuh yang menyumbat arteri.
  • Kaya asam lemak: Ikan juga kaya akan asam docosahexaenoic dan asam eicosapentaenoic dua jenis asam lemak omega-3, dan keduanya merupakan lemak tak jenuh bermanfaat untuk penderita hipertensi. Omega-3 dari ikan dapat menurunkan risiko irama jantung yang tidak normal (aritmia).
  • Menurunkan trigliserida: Ikan dapat menurunkan kadar trigliserida (lemak dalam darah), mengurangi laju penumpukan plak arteri, dan menurunkan tekanan darah.

Catat jenis ikan yang baik untuk penderita tekanan darah tinggi berikut ini bisa menjadi opsi dilansir dari Everyday Health.

Baca Juga: Nilai Asam Urat Normal Pria & Lauk Pauk Penderita Asam Urat

1. Ikan Salmon

Salmon merupakan salah satu sumber utama asam lemak omega-3. Ini bisa membantu mengurangi tekanan darah dan meredakan peradangan.

Zat seperti EPA (asam eicosapentaenoic) dan DHA (asam dokosaheksaenoat). Omega-3 ini dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi peradangan dalam tubuh.

2. Ikan Sarden

Sarden juga kaya akan omega-3 dan dapat menjadi pilihan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Mereka juga mengandung kalsium dan vitamin D, yang dapat mendukung kesehatan jantung dan tekanan darah.

3. Ikan Tuna

Tuna mengandung omega-3 dan protein tinggi, yang baik untuk kesehatan jantung dan otot. Anda bisa memilih opsi tuna dalam kaleng yang mengandung "tuna berair".

Tentunya, ini adalah jenis tuna yang lebih kecil dan memiliki lebih sedikit merkuri dibandingkan dengan tuna besar.

4. Ikan Mackerel

Mackerel merupakan ikan yang mengandung banyak omega-3 dan juga vitamin D. Saat dikonsumsi secara rutin, Anda bisa mendapatkan efek positif sebagai upaya penurunan tekanan darah.

5. Ikan Trout

Trout (ikan pelangi) menjadi sumber omega-3 yang bagus dan rendah kalori. Tentu ini bisa menjadi opsi ikan air tawar yang mengandung omega-3 dan merupakan pilihan yang baik bagi yang tidak suka ikan berlemak dari laut.

Selain itu, untuk memasak atau mempersiapkan ikan perlu dengan cara yang sehat, seperti dipanggang, direbus, atau dikukus, untuk menjaga nilai nutrisinya.

Selain mengonsumsi ikan, penting juga untuk menjaga diet seimbang yang kaya akan buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan sumber protein lainnya yang rendah lemak.

Itulah sederet informasi terkait rekomendasi ikan yang baik untuk penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Selanjutnya: Laba Bank QNB Indonesia (BKSW) Melesat 119% pada Kuartal III-2023

Menarik Dibaca: Fitur Terbaru, Begini Cara Pakai Multi Akun WhatsApp yang Baru Saja Hadir

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×