kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,58   -16,96   -1.87%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 6 Manfaat Ikan Sidat atau Unagi untuk Kesehatan Tubuh


Kamis, 26 Oktober 2023 / 14:15 WIB
Ini 6 Manfaat Ikan Sidat atau Unagi untuk Kesehatan Tubuh


Penulis: Bimo Kresnomurti

Manfaat Ikan Sidat  - JAKARTA. Simak daftar manfaat ikan sidat yang kaya vitamin dan mineral. Konsumsi ikan tentu cukup penting dalam pemenuhan gizi seimbang.

Unagi, belut Jepang, merupakan bagian penting dari masakan Jepang, dan cukup lezat jika direndam dan dipanggang. Ini juga merupakan ikan yang sangat bergizi, dan manfaat kesehatan dari unagi sangat banyak.

Saat mengunjungi sebuah restoran sushi, Anda mungkin memperhatikan bahwa banyak sushi gulung mengandung bahan yang disebut “unagi”.

Meski memiliki bentuk yang sama seperti belut, ikan sidat memiliki kandungan nutrisi yang berbeda dan nilai jual lebih tinggi.

Baca Juga: 7 Jenis Makanan yang Bisa Dongkrak Kadar Hemoglobin dalam Tubuh, Apa Saja?

Manfaat Ikan Sidat

Ikan sidat

Manfaat belut Jepang untuk kesehatan juga cukup luas, dan ikannya juga kaya akan nutrisi. Fakta bahwa masyarakat Jepang mengonsumsi belut mungkin merupakan salah satu alasan mengapa negara ini menjadi salah satu negara tersehat di dunia.

Sebagai permulaan, belut mengandung berbagai macam vitamin dan mineral. Mineral ini sangat penting bagi kesehatan karena membantu menyeimbangkan tingkat PH tubuh, meningkatkan pencernaan dan metabolisme, serta memungkinkan tubuh menyerap nutrisi dengan lebih baik.

Unagi juga tinggi omega-3. Ini membantu meningkatkan tekanan darah, menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko diabetes dan radang sendi.

Di berbagai budaya, ikan sidat telah dianggap sebagai makanan lezat dan kaya gizi.

Baca Juga: 4 Cara Alami Mengatasi Pilek Tanpa Perlu Obat Pilek, Cek Apa Saja Tipsnya

Beberapa manfaat konsumsi ikan sidat untuk kesehatan tubuh dilansir dari laman Umami Insider.

1. Sumber Protein Berkualitas

Ikan sidat adalah sumber protein hewani yang baik. Protein adalah nutrisi penting yang diperlukan tubuh untuk pertumbuhan, perbaikan sel, dan fungsi tubuh yang baik.

2. Kaya Asam Lemak Omega-3

Nah, Ikan sidat mengandung asam lemak omega-3, terutama EPA (asam eicosapentaenoic) dan DHA (asam docosahexaenoic). Asam lemak omega-3 telah dikaitkan dengan manfaat kesehatan jantung dan otak, termasuk mengurangi risiko penyakit jantung dan meningkatkan fungsi kognitif.

3. Kaya Vitamin dan Mineral

Selain itu, Ikan sidat mengandung berbagai vitamin dan mineral, termasuk vitamin A, vitamin D, vitamin B12, vitamin E, dan seng. Vitamin dan mineral ini penting untuk berbagai fungsi tubuh, termasuk kesehatan mata, tulang, dan sistem kekebalan tubuh.

4. Sumber Kolagen

Kebutuhan kolagen yang mendukung produksi vitamin bisa didapatkan dari kulit ikan sidat. Ini merupakan protein struktural yang penting untuk kesehatan kulit, rambut, kuku, dan sendi.

5. Sumber Zat Besi

Ikan sidat juga mengandung zat besi, yang penting untuk membantu tubuh mengangkut oksigen melalui darah. Pastikan Anda memasaknya dengan benar agar zat besi tidak mudah berkurang.

6. Rendah Lemak Jenuh

Ikan sidat memiliki sedikit lemak jenuh, sehingga dapat menjadi pilihan makanan sehat untuk mereka yang ingin mengurangi asupan lemak jenuh. Ikan ini juga makanan rendah kalori, yang menjadikannya pilihan yang baik untuk mereka yang mengendalikan berat badan.

Manfaat khusus wanita

Ada juga manfaat kesehatan yang lebih khusus untuk wanita dari konsumsi unagi atau ikan sidat sebagai berikut.

  • Konsumsi unagi bisa meringankan nyeri haid saat dimakan secara rutin.
  • Kolagen pada unagi bisa mengurangi kerutan dan meningkatkan kesehatan kulit
  • Unagi bisa memperlambat pertumbuhan tumor hingga mengurangi risiko kanker payudara
  • Konsumsi unagi bisa meningkatkan aliran darah ke otak, sehingga bagus untuk daya hingga mengurangi risiko demensia.

Demikian informasi terkait manfaat kesehatan konsumsi ikan sidat atau unagi yang memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×