kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45917,16   -2,35   -0.26%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 10 Manfaat Buah Kesemek Bagi Kesehatan Tubuh yang Penting Diketahui


Selasa, 12 Desember 2023 / 13:46 WIB
Ini 10 Manfaat Buah Kesemek Bagi Kesehatan Tubuh yang Penting Diketahui
ILUSTRASI. Buah kesemek.


Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Buah Kesemek - Banyak manfaat buah kesemek bagi kesehatan tubuh yang penting diketahui dan sayang jika disayangkan. Selain itu, cara mengkonsumsi buah kesemek juga perlu diperhatikan.

Buah kesemek, dengan rasanya yang manis dan kaya akan nutrisi, bukan hanya memanjakan lidah tetapi juga memberikan sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa. 

Buah ini kaya akan vitamin, mineral, serat, dan senyawa antioksidan yang dapat mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Baca Juga: Simak 9 Manfaat Daun Binahong Bagi Kesehatan Tubuh yang Penting Diketahui

Merangkum dari WebMD dan Healthline, ini manfaat buah kesemek di antaranya:

1. Kaya Vitamin C

Kesemek adalah sumber yang kaya akan vitamin C, yang berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C membantu melawan infeksi, mempercepat penyembuhan luka, dan melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas.

Baca Juga: 8 Manfaat Bunga Telang Bagi Kesehatan yang Penting Diketahui, Apa Saja?

2. Memperkuat Tulang dan Gigi

Tingginya kandungan vitamin K dalam kesemek bermanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi. Vitamin K membantu dalam penyerapan kalsium, yang diperlukan untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tulang yang kuat.

3. Mendukung Kesehatan Jantung

Serat, kalium, dan antioksidan yang terkandung dalam kesemek dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Serat membantu mengendalikan kadar kolesterol dalam darah, sementara kalium membantu mengatur tekanan darah.

Baca Juga: 7 Manfaat Rebung Bagi Kesehatan Tubuh Jika Dikonsumsi dengan Benar

4. Meningkatkan Pencernaan

Kesemek mengandung serat makanan yang tinggi, yang dapat meningkatkan fungsi pencernaan dan mencegah masalah pencernaan seperti sembelit. Serat juga membantu menjaga berat badan yang sehat.

5. Menyediakan Energi

Buah kesemek mengandung karbohidrat dan gula alami, yang dapat memberikan energi instan. Ini membuatnya menjadi camilan yang baik, terutama bagi mereka yang aktif secara fisik.

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Kiwi Bagi Kesehatan Tubuh yang Penting Diketahui, Suka Kiwi?

6. Melawan Radikal Bebas

Kesemek mengandung senyawa antioksidan seperti beta-karoten dan flavonoid, yang melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel dan berkontribusi pada penuaan dini serta penyakit degeneratif.

7. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dalam kesemek bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A diperlukan untuk menjaga keutuhan sel-sel mata dan mencegah masalah mata seperti rabun senja.

Baca Juga: Jadwal BRI Liga 1 2023-2024 Pekan 23, Dibuka Big Match PSIS Semarang vs Madura United

8. Regulasi Gula Darah

Buah kesemek memiliki indeks glikemik rendah dan kandungan serat yang tinggi, sehingga dapat membantu dalam regulasi gula darah. Ini dapat menjadi pilihan buah yang baik untuk penderita diabetes.

9. Menyediakan Antioksidan

Antioksidan dalam kesemek membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis, termasuk kanker.

Baca Juga: 8 Manfaat Bunga Telang Bagi Kesehatan yang Penting Diketahui, Apa Saja?

10. Mengandung Nutrisi Esensial

Kesemek mengandung sejumlah nutrisi esensial seperti vitamin B, folat, magnesium, dan mangan, yang mendukung berbagai fungsi tubuh dan sistem.

Meskipun buah kesemek menawarkan sejumlah manfaat kesehatan yang signifikan, penting untuk mengonsumsinya sebagai bagian dari pola makan yang seimbang dan sehat. Kombinasi kesemek dengan berbagai jenis buah dan sayuran akan membantu memastikan asupan nutrisi yang optimal untuk mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×