kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.136.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Simak 9 Manfaat Daun Binahong Bagi Kesehatan Tubuh yang Penting Diketahui


Senin, 11 Desember 2023 / 14:09 WIB
Simak 9 Manfaat Daun Binahong Bagi Kesehatan Tubuh yang Penting Diketahui
ILUSTRASI. Daun binahong


Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Daun Binahong - Ada berbagai manfaat daun binahong bagi kesehatan tubuh yang penting diketahui dan sayang jika dilewatkan. Namun, cara mengkonsumsi daun binahomg juga perlu diperhatikan.

Daun binahong (Anredera cordifolia) merupakan tanaman yang banyak tumbuh di Indonesia dan memiliki beragam khasiat bagi kesehatan tubuh. 

Tanaman ini telah lama dikenal sebagai obat tradisional dan digunakan secara luas oleh masyarakat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Baca Juga: 8 Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan Jika Dikonsumsi Secara Rutin

Merangkum dari Dr Heatlh Benefits, ini beberapa manfaat daun binahong bagi kesehatan:

1. Antioksidan Tinggi

Daun binahong mengandung senyawa antioksidan yang tinggi, seperti flavonoid dan polifenol. Antioksidan berperan dalam melawan radikal bebas dalam tubuh, yang dapat merusak sel-sel dan menyebabkan berbagai penyakit.

Baca Juga: Cek 10 Manfaat Buah Sukun Bagi Kesehatan yang Tersembunyi

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan nutrisi dalam daun binahong dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini membantu tubuh lebih tahan terhadap serangan bakteri dan virus, serta mempercepat proses penyembuhan saat tubuh mengalami infeksi.

3. Menyehatkan Jantung

Daun binahong dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Kandungan kalium dan seratnya dapat membantu mengatur tekanan darah, menjaga keseimbangan elektrolit, dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan, Sudah Tahu?

4. Meredakan Nyeri Sendi

Tanaman ini memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan pada sendi. Oleh karena itu, daun binahong sering digunakan sebagai pengobatan alternatif untuk mengatasi masalah nyeri sendi dan arthritis.

5. Menurunkan Kadar Gula Darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun binahong dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Hal ini menjadikannya sebagai opsi yang potensial untuk penderita diabetes atau orang yang berisiko mengalami diabetes.

Baca Juga: Catat 7 Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Tubuh yang Wajib Diketahui

6. Membantu Proses Pencernaan

Daun binahong mengandung serat yang dapat membantu meningkatkan fungsi pencernaan. Serat membantu mengatasi masalah sembelit, memperlancar buang air besar, dan menjaga kesehatan saluran pencernaan.

7. Merawat Kulit

Kandungan antioksidan dalam daun binahong juga memberikan manfaat untuk kesehatan kulit. Penggunaan ekstrak daun binahong pada kulit dapat membantu melawan penuaan dini dan meredakan masalah kulit seperti jerawat.

Baca Juga: 7 Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan Tubuh yang Tersembunyi, Sudah Tahu?

8. Mendukung Proses Detoksifikasi

Daun binahong memiliki sifat detoksifikasi yang dapat membantu membersihkan toksin dalam tubuh. Ini dapat membantu menjaga keseimbangan internal dan mendukung fungsi organ-organ vital.

9. Mengurangi Risiko Kanker

Beberapa penelitian awal menunjukkan bahwa senyawa-senyawa dalam daun binahong memiliki potensi untuk mengurangi risiko perkembangan sel kanker, meskipun penelitian lebih lanjut masih diperlukan.

Meskipun daun binahong memiliki banyak manfaat, penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum mengonsumsinya secara rutin, terutama bagi mereka yang memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu. Pemanfaatan daun binahong sebagai obat tradisional harus dilakukan dengan bijak dan sesuai dengan petunjuk yang tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×