kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45991,60   -2,56   -0.26%
  • EMAS1.135.000 -0,09%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Manfaat Buah Kiwi Bagi Kesehatan Tubuh yang Penting Diketahui, Suka Kiwi?


Senin, 11 Desember 2023 / 13:59 WIB
7 Manfaat Buah Kiwi Bagi Kesehatan Tubuh yang Penting Diketahui, Suka Kiwi?
ILUSTRASI. Buah kiwi


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat buah kiwi bagi kesehatan tubuh adalah salah satu hal yang penting diketahui dan sayang jika dilewatkan. Pasalnya, manfaat buah kiwi telah teruji secara klinis.

Buah kiwi, dengan kulit cokelat berbulu dan daging hijau yang segar, bukan hanya memberikan sentuhan eksotis pada hidangan, tetapi juga menawarkan sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa. 

Buah kiwi yang berasal dari Tiongkok ini kaya akan nutrisi dan senyawa bioaktif yang dapat memberikan dampak positif pada kesehatan tubuh.

Baca Juga: 8 Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan Jika Dikonsumsi Secara Rutin

Merangkum dari Nutrisense, berikut manfaat buah kiwi bagi kesehatan tubuh:

1. Sumber Vitamin C yang Tinggi

Buah kiwi merupakan salah satu sumber vitamin C yang paling kaya. Sebuah buah kiwi bisa menyediakan lebih dari 100% asupan harian yang direkomendasikan untuk vitamin C. Vitamin C berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu tubuh melawan infeksi, dan mendukung produksi kolagen untuk kulit, tulang, dan pembuluh darah.

Baca Juga: Cek 10 Manfaat Buah Sukun Bagi Kesehatan yang Tersembunyi

2. Antioksidan untuk Kesehatan Jantung

Kiwi mengandung antioksidan seperti flavonoid dan karotenoid, yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dengan menjaga kesehatan pembuluh darah dan mengontrol kadar kolesterol.

3. Serat untuk Pencernaan yang Sehat

Buah kiwi kaya akan serat, yang mendukung fungsi pencernaan yang sehat. Serat membantu mencegah sembelit, menjaga kesehatan usus, dan dapat membantu mengendalikan berat badan dengan memberikan rasa kenyang lebih lama.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan, Sudah Tahu?

4. Meningkatkan Kesehatan Mata

Kiwi mengandung lutein dan zeaxanthin, dua senyawa yang bermanfaat untuk kesehatan mata. Senyawa ini dapat melindungi mata dari kerusakan oksidatif dan membantu mengurangi risiko degenerasi makula, penyakit mata yang umum terjadi pada usia lanjut.

5. Menyediakan Vitamin K

Buah kiwi merupakan sumber vitamin K yang baik, yang berperan penting dalam pembekuan darah dan kesehatan tulang. Vitamin K membantu dalam proses pembentukan protein yang mendukung kesehatan tulang dan menjaga darah tetap dalam kondisi cair.

Baca Juga: Catat 7 Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Tubuh yang Wajib Diketahui

6. Mengandung Vitamin E dan Vitamin A

Selain vitamin C dan K, kiwi juga menyediakan vitamin E dan A. Vitamin E berperan sebagai antioksidan dan mendukung kesehatan kulit, sedangkan vitamin A penting untuk kesehatan mata, sistem kekebalan tubuh, dan pertumbuhan sel.

7. Menyehatkan Kulit

Kandungan vitamin C dan E dalam kiwi dapat membantu menjaga kelembapan kulit, merangsang produksi kolagen, dan melawan tanda-tanda penuaan dini. Konsumsi kiwi secara teratur dapat memberikan kulit tampilan yang sehat dan bercahaya.

Buah kiwi tidak hanya lezat, tetapi juga memberikan sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa. Dengan kandungan vitamin, antioksidan, dan serat yang tinggi, kiwi dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan jantung, serta memberikan dukungan untuk fungsi pencernaan dan kesehatan mata. Oleh karena itu, jadikanlah buah kiwi sebagai bagian dari pola makan sehat Anda untuk mendapatkan manfaat maksimal bagi kesehatan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×