kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45937,59   9,24   0.99%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 10 Buah untuk Ibu Hamil yang Menyehatkan, Ada Ceri hingga Plum


Rabu, 23 Agustus 2023 / 09:16 WIB
Ini 10 Buah untuk Ibu Hamil yang Menyehatkan, Ada Ceri hingga Plum
ILUSTRASI. Ini 10 Buah untuk Ibu Hamil yang Menyehatkan, Ada Ceri hingga Plum./Pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/18/10/2010.


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak daftar buah untuk ibu hamil dan kandungan yang menyehatkan. Konsumsi makanan sehat tentu penting bagi setiap ibu hamil agar tetap ternutrisi bersama bayinya.

Asupan buah sangat penting bagi ibu hamil karena buah-buahan mengandung berbagai nutrisi yang esensial untuk kesehatan ibu dan perkembangan janin.

Selama masa kehamilan, tubuh membutuhkan tambahan nutrisi untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin, serta menjaga kesehatan ibu.

Kandungan nutrisi dari buah cukup penting sebagai pelengkap makanan sehat lainnya yang perlu Anda ketahui.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

Buah yang sehat untuk Ibu Hamil

Alasan buah penting untuk ibu hamil

Berikut adalah beberapa alasan mengapa ibu hamil butuh asupan buah:

  • Vitamin dan Mineral: Buah-buahan adalah sumber yang baik untuk berbagai jenis vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin.
  • Serat: Buah-buahan mengandung serat yang baik untuk pencernaan dan mencegah sembelit, masalah yang umum terjadi selama kehamilan.
  • Air dan Hidrasi: Buah-buahan mengandung air yang dapat membantu menjaga hidrasi ibu hamil, terutama saat tubuh membutuhkan lebih banyak cairan selama kehamilan.
  • Antioksidan: Buah-buahan kaya akan antioksidan, seperti vitamin C dan E, yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.
  • Kesehatan Jantung: Buah-buahan seperti beri dan alpukat mengandung lemak sehat dan nutrisi yang mendukung kesehatan jantung ibu hamil.
  • Penjagaan Berat Badan: Buah-buahan rendah kalori dan memberikan rasa kenyang, membantu ibu hamil menjaga berat badan yang sehat selama kehamilan.
  • Pertumbuhan dan Perkembangan Janin: Nutrisi dalam buah-buahan seperti folat, vitamin A, vitamin C, dan kalium penting untuk perkembangan otak, tulang, sistem saraf, dan organ janin.

Tentunya, ada beberapa buah yang sehat untuk ibu hamil dan janin yang bisa menjadi referensi.

Intip daftar buah untuk ibu hamil dan janin yang memiliki kandungan dan khasiat masing-masing dilansir dari Mom Loves Best.

Baca Juga: 5 Aktivitas Ini Bisa Bikin Kadar Asam Urat dalam Darah Tetap Stabil

Buah untuk ibu hamil

Makan banyak buah-buahan ini untuk mendapatkan manfaat terbaik selama kehamilan:

1. Apel

Apel

Selain pisang ada Apel yang masuk ke dalam daftar buah untuk ibu hamil. Buah ini mengandung vitamin A dan C, banyak air, dan serat larut dan tidak larut untuk menjaga agar tubuh Anda tetap bergerak.

2. Pisang

Pisang adalah makanan super kehamilan yang memiliki tekstur memuaskan yang dapat memenuhi kebutuhan akan mengidam lemak tinggi. Bahkan, buah ini mengandung kalsium dan potasium, yang dapat membantu menangkal kram kaki di tengah malam.

Semakin matang pisang, semakin tinggi kandungan gulanya. Jika Anda mendambakan makanan manis yang sehat, pilihlah pisang yang sudah matang. Tetapi jika Anda menderita diabetes gestasional dan membutuhkan pilihan rendah gula, pilihlah yang ramah lingkungan.

3. Semangka

Semangka

Ada juga Semangka yang memiliki salah satu kandungan air tertinggi dari buah hingga 92%. Jika Anda mengalami dehidrasi selama kehamilan, ini bisa menjadi buah yang berguna untuk dimakan.

Rasa manis dan renyahnya memuaskan, dan semangka mengandung potasium, seng, dan folat untuk melawan kram kaki di malam hari dan membantu perkembangan tulang belakang bayi Anda.

4. Jeruk

Buah Jeruk bisa terasa manis atau asam, yang cenderung menyenangkan bagi wanita yang menderita mual saat hamil. Jeruk juga memiliki kandungan air yang tinggi dan merupakan sumber vitamin C yang sangat baik.

Bahkan, tidak hanya meningkatkan sistem kekebalan janin tetapi juga membantu membangun jaringan ikat yang diperlukan untuk perkembangan fisik bayi Anda.

5. Alpukat

Alpukat

Meskipun tidak manis, tetapi secara teknis alpukat merupakan buah yang luar biasa. Teksturnya akan membantu memenuhi kebutuhan akan lemak dengan cara yang sehat sekaligus tetap memberi Anda jumlah serat yang baik.

Ditambah lagi, zat besi dapat membantu mencegah anemia sementara magnesium dan potasium membantu mengatasi kram kaki dan mual. Manfaat mengonsumsi lemak sehat saat hamil akhirnya diketahui. Alpukat adalah sumber lemak sehat yang harus Anda makan saat hamil.

6. Berries

Berries adalah sumber antioksidan yang bagus dan mengandung banyak serat dan folat, yang bagus untuk Anda dan bayi.

Buah beri tersedia dalam berbagai corak dan warna, jadi cobalah semuanya masing-masing menawarkan campuran nutrisi yang berbeda.

7. Pir

Buah pir

Dengan kulitnya yang dapat dimakan, Pir juga mengandung pektin, yang dapat membantu pencernaan. Sehingga Pir menjadi buah yang sehat untuk Ibu hamil dan kandungannya.

Pir adalah sumber serat yang dapat membantu mencegah sembelit. Buah ini juga merupakan sumber vitamin C, zat besi, magnesium, dan folat.

8. Plum

Plum menjadi salah satu buah untuk ibu hamil yang cukup penting untuk dikonsumsi. Saat Anda mengalami masalah sembelit yang serius, cobalah makan buah plum setiap hari dan jika Anda tidak dapat menemukannya karena masalah ketersediaan, pilihlah buah plum kering. Anda harus teratur dalam waktu singkat.

9. Mangga

Mangga

Mangga adalah sumber vitamin C dan A yang fantastis, yang membantu kekebalan bayi Anda. Meskipun secara teknis mungkin untuk mendapatkan terlalu banyak vitamin A, itu sangat jarang. Jadi selama Anda menikmati mangga dalam jumlah sedang, Anda akan baik-baik saja.

10. Ceri

Terakhir ada buah sehat untuk ibu hamil yakni Ceri yang memiliki kandungan nutrisi luar biasa. Tidak hanya kaya akan vitamin C, Ceri mengandung melatonin untuk membantu mengatur tidur Anda, tetapi juga membantu perkembangan otak si kecil.

Selain itu, buah ini merupakan salah satu buah yang paling rendah kalori, sehingga Anda mendapatkan banyak nutrisi untuk menghemat kalori.

Pastikan juga mencuci buah dengan baik untuk menghilangkan kotoran dan pestisida. Apabila Anda memiliki pertanyaan tentang pola makan selama kehamilan, selalu bijaksana untuk berkonsultasi dengan dokter.

Itulah informasi terkait buah untuk ibu hamil dan kandungannya yang sehat sehingga penting untuk kesehatan janin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×