Kecantikan & Kebugaran

Ingin berat badan turun? Lakukan cara diet yang benar ini

Kamis, 10 September 2020 | 09:17 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Ingin berat badan turun? Lakukan cara diet yang benar ini

ILUSTRASI. Cara diet yang benar bisa dilakukan bersama dengan teman dekat agar Anda menjadi lebih semangat. REUTERS/Hamad I Mohammed

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Banyak orang yang ingin menurunkan berat badan, tapi tak tahu cara diet yang benar. Jika cara diet yang benar tak segera dilakukan, target berat badan juga sulit tercapai. Nah, berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara diet yang sebaiknya Anda lakukan.

Konsumsi Makanan Sehat

Mengutip dari Web MD, cara diet yang benar adalah mengonsumsi makanan rendah kalori dan tinggi serat. Anda bisa makan buah, sayur, biji-bijian, daging, ikan, dan kacang-kacangan. Seiring dengan berjalannya waktu, Anda akan terbiasa mengonsumsi makanan tersebut daripada makanan tinggi kalori dan lemak.

Coba Sedikit Demi Sedikit

Cara diet yang benar mengharuskan Anda untuk melakukan kebiasaan-kebiasaan sehat. Perubahan dalam hidup memang sulit, tapi bukan berarti Anda tak bisa melakukannya. Para ahli menyarankan agar Anda mencoba satu kebiasaan sehat setiap minggu.

Cara diet yang benar lainnya adalah dengan mengisi persediaan dengan makanan-makanan sehat. Cobalah untuk memasak menu sehat dari makanan yang telah Anda siapkan. Ada banyak resep di internet atau buku masak yang bisa Anda tiru.

Baca Juga: 5 Cara diet alami yang aman dilakukan setiap hari

Buat Target yang Realistis

Banyak orang yang ingin banyak menurunkan berat badan dalam waktu singkat. Jika target tersebut tak terpenuhi, maka semangat diet akan menurunkan. Cara diet yang benar bukanlah seperti itu. Anda perlu menentukan target yang realistis.

Melansir dari Web MD, sebaiknya berat badan tak turun lebih dari 1 kg dalam satu minggu. Cara diet yang benar lebih baik dilakukan secara perlahan agar kualitas kesehatan tubuh meningkat secara keseluruhan.

Jaga Motivasi

Agar motivasi tetap terjaga, Anda bisa memberikan hadiah pada diri Anda sendiri setelah melakukan target-target kecil. Misalnya, berat badan turun 5 kg, olahraga lima kali dalam seminggu, dan lain sebagainya.

Anda tak perlu mengikuti program diet terlalu kaku. Jika target berat badan tak bisa dicapai, Anda tak boleh menyalahkan diri sendiri. Evaluasi tentang kegagalan Anda akan lebih baik agar cara diet yang benar bisa Anda lakukan lagi.

Baca Juga: 4 Manfaat alpukat untuk diet, bisa kecilkan lemak perut

Cari Dukungan

Cara diet yang benar bisa dilakukan dengan memanfaatkan dukungan orang-orang terdekat. Web MD menyarankan mengajak anggota keluarga atau teman dekat untuk olahraga bersama. Melakukan olahraga bersama akan membuat Anda menjadi lebih semangat dan termotivasi.

Selanjutnya: Military diet, cara diet cepat langsing dalam 1 minggu

Editor: Belladina Biananda


Terbaru