kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,27   6,81   0.74%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Cara diet alami yang aman dilakukan setiap hari


Kamis, 03 September 2020 / 07:52 WIB
5 Cara diet alami yang aman dilakukan setiap hari
ILUSTRASI. Mengonsumsi buah dan sayur setiap hari bisa jadi cara diet alami yang tak Anda sadari. KONTAN/Muradi/2017/11/02


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan. Mulai dari mengikuti program diet tertentu, hingga mengubah kebiasaan sehari-hari. Jika dilakukan dengan benar, kebiasaan sehari-hari bisa jadi cara diet alami yang tidak Anda sadari, lo.

Ikuti Jadwal Makan

Salah satu kebiasaan yang kurang tepat saat menurunkan berat badan adalah membiarkan diri Anda sendiri merasa lapar. The Healthy menyarankan agar Anda mengikuti jadwal makan yang sama setiap hari sebagai cara diet alami.

Baca Juga: Cara menurunkan berat badan secara alami, pakai bahan ini

Menunda jadwal makan dan membuat diri Anda lapar akan memunculkan keinginan untuk mengonsumsi lebih banyak makanan. Anda bisa membuat beberapa jadwal makan dalam sehari. Di setiap jadwal makan, konsumsilah makanan bergizi dalam porsi kecil.

Konsumsi Yogurt

Bakteri dalam usus berperan penting dalam kondisi tubuh, termasuk berat badan Anda. Anda bisa memaksimalkan kinerja bakteri dalam usus dengan mengonsumsi probiotik setiap hari, seperti yogurt, kimchi, atau makanan fermentasi lainnya.

Jika Anda tak suka makanan-makanan fermentasi, The Healthy merekomendasikan untuk mengonsumsi suplemen probiotik. Probiotik mampu mempercepat metabolisme tubuh sehingga cocok digunakan sebagai cara diet alami.

Jangan Terlalu Lama Bermain Handphone

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam The International Journal of Molecular Sciences pada 2014, cahaya biru yang terpancar dari layar handphone atau TV mengganggu ritme sirkadia. Ritme sirkadian adalah jam biologis tubuh yang mengatur waktu bangun dan tidur seseorang.

Saat ritme sirkadian terganggu, kualitas tidur Anda juga memburuk. Gangguan lain juga terasa pada produksi hormon melatonin yang dapat memperlambat metabolisme. Cara diet alami bisa Anda lakukan dengan tidak menatap layar handphone atau TV terlalu lama sebelum waktu tidur tiba.

Baca Juga: Military diet, cara diet cepat langsing dalam 1 minggu

Makan Banyak Sayur

The Healthy mengatakan bahwa banyak makan sayur bisa jadi cara diet alami. Anda bisa menambahkan sayur di setiap jadwal makan dan mengonsumsinya sebagai makanan ringan. Sayur memiliki banyak nutrisi dan serat yang bisa membuat Anda lebih kenyang sehingga Anda tidak terlalu banyak makan.

Lakukan Meditasi

Cara diet alami lainnya bisa Anda lakukan dengan meditasi. Luangkan waktu sekitar dua menit untuk melakukan meditasi. Anda bisa menggunakan bantuan aplikasi di handphone atau fokus saja pada pernapasan Anda.

Mengutip dari The Healthy, meditasi merupakan cara mengatasi stres yang bisa menurunkan jumlah hormon kortisol. Hormon kortisol merupakan penyebab berat badan naik. Jadi, Anda perlu mengelola stres secara benar dengan melakukan meditasi atau kegiatan pelepas stres lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Berita Terkait



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×