Penyakit Menular

Hindari corona, ini 6 langkah mudah membersihkan paket kiriman

Rabu, 15 Juli 2020 | 09:46 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Hindari corona, ini 6 langkah mudah membersihkan paket kiriman

ILUSTRASI. Keperluan yang dibutuhkan selama pandemi corona bisa Anda dapat dengan cara belanja online.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Covid di Indonesia belum menunjukkan penurunan jumlah kasus positif. Protokol kesehatan di tengah pandemi corona harus tetap diterapkan. Salah satu cara untuk memutus rantai penyebaran covid 19 adalah dengan memakai masker di ruang publik, menjaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Pemerintah memang sudah mulai memberikan izin kegiatan di tengah pandemi corona, contohnya dengan membuka pusat perbelanjaan. Namun, keputusan tersebut jangan membuat Anda lengah menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi covid 19.

Baca Juga: Ini lho cara memberi pemahaman pada anak tentang virus corona

Pergi ke pusat perbelanjaan menjadi salah satu kegiatan beresiko saat pandemi covid. Selain menjalankan protokol kesehatan corona, Anda juga harus membawa perlengkapan tambahan saat harus pergi ke pusat perbelanjaan untuk membeli keperluan. Beberapa barang tambahan yang dimaksud adalah kantong belanja sendiri dan sarung tangan.

Namun, tahukah Anda bahwa ada cara yang lebih aman untuk berbelanja saat pandemi corona? Caranya adalah dengan memanfaatkan fitur belanja online. Sudah banyak toko yang menyediakan fitur itu untuk memudahkan pelanggannya berbelanja kebutuhan selama pandemi covid 19. Anda hanya perlu memilih barang keperluan apa yang Anda butuhkan selama covid. Setelah itu, barang akan dikemas dan dikirim ke alamat yang Anda inginkan.

Baca Juga: Cara membuat face shield tameng corona, bisa Anda lakukan sendiri

Nah, Kementerian Kesehatan RI memberikan tips bagaimana agar paket barang yang Anda butuhkan selama pandemi covid bisa Anda gunakan dengan aman. Tips ini disampaikan dari akun Twitter resmi Kementerian Kesehatan RI, yaitu @KemenkesRI. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan tempat khusus yang mudah terlihat untuk meletakkan paket. Dengan menyiapkan tempat khusus, Anda bisa meminimalisasi kontak langsung dengan orang lain di tengah pandemi corona.
  2. Langsung buang plastik pembungkus paket
  3. Jangan lupa untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.
  4. Bersihkan paket selain makanan dengan disinfektan untuk menghilangkan virus atau kotoran lain yang menempel, termasuk virus corona
  5. Jika paket yang Anda terima adalah buah atau sayur, cuci buah dan sayur tersebut menggunakan sabun khusus buah dan sayur
  6. Apabila Anda menerima paket makanan, jangan lupa untuk memanaskan makanan tersebut selama 3 menit

Itulah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan saat menerima paket kiriman di tengah pandemi covid. Disiplin untuk menjaga kebersihan adalah langkah yang perlu Anda lakukan untuk mencegah penyebaran virus corona.

Baca Juga: Tips mengatasi kulit tangan kering di tengah pandemi covid 19

Editor: Belladina Biananda


Terbaru