Kesehatan Umum

Cara membuat face shield tameng corona, bisa Anda lakukan sendiri

Senin, 13 Juli 2020 | 10:12 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Cara membuat face shield tameng corona, bisa Anda lakukan sendiri

ILUSTRASI. Cara membuat face shield bisa dilakukan dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan. REUTERS/Willy Kurniawan TPX IMAGES OF THE DAY

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Upaya untuk mencegah penularan virus corona terus dilakukan. Protokol kesehatan tidak boleh dilonggarkan. Selain menjaga jarak, menjaga kebersihan dengan rajin cuci tangan, dan menggunakan masker, Anda juga perlu memproteksi diri dengan memakai face shield. Cara membuat face shield cukup mudah dan bisa Anda lakukan sendiri.

Namun, hal yang perlu diingat adalah memakai face shield bukanlah pengganti masker, melainkan barang pelengkap. Jadi, Anda akan lebih aman jika memakai masker dan face shield daripada hanya memakai face shield. Hal yang sama juga disampaikan oleh Achmad Yurianto, Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 pada 12 Juli 2020.

Dilansir dari bnpb.go.id, Achmad Yurianto mengatakan bahwa face shield hanya melindungi pengguna dari droplet yang berukuran besar. Masih ada kemungkinan bagi partikel micro droplet untuk masuk ke tubuh manusia. Maka dari itu, penggunaan face shield harus tetap dilengkapi dengan memakai masker.

Baca Juga: Rapid test corona, ini yang perlu Anda ketahui tentangnya

Cara Membuat Face Shield

Sama dengan masker kain, Anda juga bisa membuat face shield sendiri dengan bahan-bahan yang mudah untuk ditemukan. Mengutip dari hellosewing.com, cara membuat face shield yang pertama adalah dengan menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan, yaitu ember plastik kecil, mika plastik, double tape, karet, gunting, dan cutter.

Setelah semua bahan disiapkan, cara membuat face shield selanjutnya yang harus dilakukan adalah memotong bagian atas ember plastik. Anda bisa memakai ember bekas cat, tapi pastikan untuk membersihkannya terlebih dahulu. Pastikan untuk memotong bagian atas ember dengan halus sehingga tidak melukai Anda ketika dipakai.

Cara Membuat Face Shield

Potong lagi bagian atas ember menjadi dua bagian. Usahakan pegangan ember berada di salah satu bagian, ya. Cara membuat face shield selanjutnya, lepaskan pegangan ember secara perlahan. Lubangi bagian atas ember yang sudah terbagi dua di tiap sisinya. Tempelkan lagi pegangan ember pada lubang yang sudah Anda buat.

Cara Membuat Face Shield

Cara Membuat Face Shield

Tempelkan double tape dia bagian luar pegangan ember yang sudah dipasang ke bagian atas ember. Kemudian, tempelkan mika plastik pada double tape tersebut. Cara membuat face shield yang terakhir adalah dengan memasang karet. Setelah karet terpasang, face shield buatan Anda ala hellosewing.com siap untuk digunakan.

 

 

Editor: Belladina Biananda


Terbaru