Tips Sehat

Ini lho cara memberi pemahaman pada anak tentang virus corona

Senin, 13 Juli 2020 | 12:07 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Ini lho cara memberi pemahaman pada anak tentang virus corona

ILUSTRASI. Pengetahuan virus covid harus diketahui oleh anak-anak.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Virus corona membuat banyak perubahan di kehidupan manusia. Salah satunya adalah proses belajar-mengajar yang tidak lagi dilakukan di sekolah.

Selama beberapa bulan terakhir, kegiatan tersebut berpindah dengan memakai media online. Karena hal tersebut, penting bagi orangtua untuk memberi pemahaman lebih kepada anak-anak tentang virus corona.

Dilansir dari Unicef.org, memberikan informasi akurat tentang virus corona berdasarkan pada penelitian ilmiah kepada anak-anak perlu dilakukan. Tujuannya adalah agar anak-anak tidak merasa takut dan cemas berada di lingkungan yang dipenuhi virus corona atau zona merah. Tujuan lainnya adalah agar anak bisa memiliki kemampuan untuk mencegah penularan virus corona di kehidupan.

Baca Juga: Rapid test corona, ini yang perlu Anda ketahui tentangnya

  • Cari Tahu Apa yang Sudah Diketahui Anak

Mengutip dari kidshealth.org, langkah pertama yang perlu dilakukan orangtua adalah mencari tahu seberapa banyak pengetahuan anak mengenai virus corona. Anda bisa menyesuaikan pertanyaan dengan usia anak.

Namun, apabila anak tidak terlalu tertarik dengan pertanyaan-pertanyaan yang Anda lontarkan, jangan memaksakan untuk segera membicarakan tentang virus corona. Anda bisa mencoba untuk menjelaskannya lagi lain kali.

  • Berikan Rasa Nyaman

Memberikan pemahaman kepada anak-anak tentang virus corona tidak bisa dilakukan sekaligus. Anda harus melakukannya perlahan. Berikan penjelasan atau jawaban yang sesuai dengan apa yang ditanyakan anak. Jangan terlalu banyak menjelaskan dampak virus corona di luar pertanyaan yang diajukan.

Kidshealth.org menjelaskan bahwa jangan memberikan penjelasan kepada anak dengan rasa takut yang berlebihan. Jika dilakukan dengan cara seperti itu, anak-anak justru menjadi khawatir.

Baca Juga: Cara membuat face shield tameng corona, bisa Anda lakukan sendiri

  • Jangan Biarkan Anak Lepas Kontrol

Banyaknya pemberitaan yang beredar tentang virus corona sering kali membuat anak-anak takut. Alih-alih memarahi mereka, Anda bisa menjelaskan lebih lanjut tentang upaya apa saja agar anak-anak dan keluarganya tetap sehat.

Ajarkan pentingnya menggunakan masker, selalu menjaga kebersihan, tidak memegang mata, hidung, dan mulut terlalu sering, serta upaya pencegahan penularan virus corona lainnya.

Kidshealth.org juga memberikan rekomendasi agar Anda sering membicarakan virus corona. Jangan hanya membicarakan virus ini sekali. Membicarakan topik tersebut bisa menjadi stimulus agar anak tetap menjaga kebersihan dan kesehatan di tengah pandemi virus corona.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru