kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,79   -11,72   -1.25%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hilangkan komedo, inilah 3 cara membuat masker tomat


Sabtu, 17 Oktober 2020 / 06:20 WIB
Hilangkan komedo, inilah 3 cara membuat masker tomat


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  Tomat merupakan salah satu bahan alami yang memiliki banyak manfaat. Cara membuat masker tomat pun cukup mudah untuk Anda praktikkan. Anda bisa mengikuti langkah-langkahnya seperti berikut.

Mengobati Jerawat

Jika Anda memiliki masalah kulit berupa jerawat yang sulit hilang, cobalah untuk menggunakan masker tomat yang digabung dengan jojoba oil dan tea tree oil. Mengutip dari Stylecraze (stylecraze.com), tea tree oil berfungsi sebagai antiseptik sehingga mengurangi infeksi jerawat.

Sedangkan jojoba oil bekerja untuk mengurangi produksi minyak berlebih yang mampu menyumbat pori-pori. Jenis minyak ini juga lebih mudah masuk ke kulit sehingga berfungsi sebagai pelembab.

Caranya, peras setengah tomat kemudian campurkan dengan 1 tsp jojoba oil dan tiga hingga lima tetes tea tree oil. Oleskan masker yang sudah jadi ke wajah lalu diamkan selama 10 hingga 15 menit.

Setelah itu, bersihkan dengan air hangat terlebih dahulu kemudian bilas lagi dengan air dingin. Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa menggunakan masker ini sebanyak dua hingga tiga kali dalam seminggu.

Baca Juga: 4 Cara membuat masker madu terbaik untuk wajah

Menghilangkan Komedo

Cara membuat masker tomat bisa dicamput dengan oatmeal untuk membersihkan komedo.

Selain jerawat, komedo adalah masalah kulit lain yang umum dialami oleh banyak orang. Anda bisa mengatasi masalah itu dengan tomat, oatmeal, dan plain yogurt. Oatmeal berfungsi untuk membersihkan sel kulit mati dan semua kotoran yang menyumbat pori-pori.

Stylecraze menambahkan, tugas oatmeal akan dimaksimalkan oleh asam laktat yang ada di plain yogurt. Cara membuat masker tomat ini adalah dengan menyiapkan ekstrak tomat ( 1-2 sdm), 1 sdm oatmeal, dan 1 sdm plain yogurt.

Campurkan plain yogurt dan ekstrak tomat terlebih dahulu lalu tambahkan oatmeal sedikit demi sedikit. Anda perlu mencampurkan bahan-bahan itu sembari memanaskannya hingga hangat.

Setelah didiamkan hingga dingin, aplikasikan pada wajah kemudian diamkan selama 15 menit. Selanjutnya, bilas menggunakan air biasa. Masker ini bisa digunakan sebanyak dua kali dalam seminggu.

Baca Juga: 4 Cara memutihkan wajah dengan bahan alami

Mengurangi Mata Panda

Siapa yang mempunyai mata panda? Lingkar hitam di bawah mata ini memang tak merusak kesehatan, tapi kemunculannya bisa mengganggu penampilan. Mata panda bisa Anda kurangi dengan memakai tomat dan gel lidah buaya.

Cara membuat masker tomat ini cukup mudah. Campurkan 1 sdt air tomat dengan beberapa tetes gel lidah buaya hingga rata. Setelah itu, aplikasikan pada mata pana kemudian diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air. Untuk hasil yang lebih cepat, Anda bisa menggunakannya sekali atau dua kali dalam sehari.

Selanjutnya: 3 Cara membuat masker putih telur sendiri di rumah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×