Kecantikan & Kebugaran

3 Cara membuat masker putih telur sendiri di rumah

Selasa, 13 Oktober 2020 | 14:03 WIB   Reporter: Belladina Biananda
3 Cara membuat masker putih telur sendiri di rumah

ILUSTRASI. MAsker putih telur bisa Anda buat dengan mencampurnya bersama bahan lain.

KONTAN.CO.ID - Putih telur mengandung banyak nutrisi yang bisa Anda manfaatkan untuk kulit wajah. Anda perlu mencoba membuat masker putih telur agar kulit semakin kencang, pori-pori mengecil, dan mencegah penumpukan sebum.

Soalnya, banyak nutrisi yang terkandung dalam putih telur, mulai dari protein, vitamin, mineral, kalsium, folat, dan lain sebagainya. Berikut cara membuat masker putih telur yang bisa Anda jajal sendiri di rumah: 

Masker putih telur untuk kulit sensitif

Untuk pemilik tipe kulit sensitif, Helloglow.co merekomendasikan masker yang terbuat dari satu putih telur, 1 sendok teh gel lidah buaya, dan 1 sendok teh kamomil. Campuran bahan-bahan itu akan membuat kulit menjadi lebih lembut dan tak mudah iritasi.

Caranya, campurkan semua bahan dalam satu wadah hingga teraduk rata. Selanjutnya, aplikasikan pada wajah yang sudah dibersihkan dan diamkan selama sekitar 20 menit lalu bersihkan menggunakan air dingin.

Kulit yang meradang dan kemerahan bisa berkurang jika Anda memakai masker ini. Namun, pastikan untuk tidak memakainya langsung pada kulit yang terbakar sinar matahari, ya. Jika Anda melakukannya, iritasi akan menjadi lebih parah.

Baca Juga: Masker wajah yang ini bisa membuat kulit wajah lebih cerah

Masker putih telur untuk kulit berminyak

Masker putih telur bisa dicampur madu untuk kulit berminyak.

Untuk mengatasi minyak berlebih, Anda bisa memakai masker yang terbuat dari satu putih telur, 1 sendok teh madu, dan oatmeal halus atau tepung. Pertama-tama, campurkan putih telur dan madu hingga rata dan sedikit berbusa.

Setelah itu, tambahkan oatmeal yang telah ditumbuk hingga halus atau tepung sampai adonan berbentuk pasta. Aplikasikan masker ke wajah dengan cara dipijat secara perlahan. Masker perlu Anda diamkan dulu selama 10 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

Baca Juga: 4 Cara membuat masker madu terbaik untuk wajah

Masker putih telur untuk membersihkan pori-pori

Pori-pori yang tersumbat menjadi awal berbagai macam masalah kulit. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk selalu menjaga kebersihan pori-pori wajah.

Hal itu bisa Anda lakukan dengan memakai campuran satu putih telur, 1 sendok makan gula putih, dan 2 sendok teh tepung jagung. Aduk bahan-bahan itu sampai rata lalu oleskan pada wajah.

Tunggu selama 15 hingga 20 menit sampai masker mengering kemudian tarik secara perlahan. Bersihkan sisa masker menggunakan air hangat. 

Menurut Helloglow.co, tepung jagung berfungsi untuk menyerap kotoran dan gula pasir bekerja untuk membersihkan sel kulit mati. Sedangkan putih telur berperan untuk mengencangkan kulit wajah.

Selanjutnya: 3 Masker wajah pria dari bahan alami, bisa Anda buat sendiri

Editor: Belladina Biananda


Terbaru