Hati-hati terkena Penyakit Sepsis banyak menyerang ibu hamil, ini penyebabnya

Jumat, 24 Juli 2020 | 10:53 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Hati-hati terkena Penyakit Sepsis banyak menyerang ibu hamil, ini penyebabnya

ILUSTRASI. Wanita hamil memiliki resiko terkena Penyakit Sepsis.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penyakit Sepsis adalah salah satu jenis penyakit yang cukup berbahaya. Penyakit ini muncul akibat tidak adanya penanganan yang tepat terhadap infeksi yang sudah lebih dulu diderita oleh seseorang. 

Saat seseorang terinfeksi, tubuh akan melepas zat kimia untuk melawannya. Penyakit Sepsis terjadi sebagai respons terhadap zat kimia itu sehingga mengganggu kondisi organ tubuh yang lain.

Baca Juga: Cara menghilangkan bruntusan di dahi ini perlu Anda coba

Penyakit Sepsis bisa menyerang siapa saja. Mayo Clinic (mayoclinic.org) menyebutkan bahwa Penyakit Sepsis bisa lebih banyak menyerang seseorang dengan kondisi tertentu, yaitu orang tua, wanita hamil, anak-anak berusia kurang dari satu tahun, pasien penyakit kronis (diabetes, kanker, penyakit ginjal, penyakit paru-paru), dan orang-orang yang memiliki daya tahan tubuh rendah.

Bersumber dari CDC (Centers of Disease Control and Prevention), penyakit Sepsis bisa diketahui dari beberapa tanda yang muncul. Misalnya, detak jantung tinggi, demam, menggigil dan merasa kedinginan, pusing dan bingung, napas memendek, rasa sakit ekstrem di tubuh, dan keluarnya keringat dingin.

Mayo Clinic menyebutkan bahwa Penyakit Sepsis biasanya terjadi pada seseorang yang sedang atau baru saja menjalani perawatan di rumah sakit. Orang-orang yang berada di unit perawatan insentif sangat beresiko terkena Penyakit Sepsis. Jika Anda baru saja dirawat di rumah sakit dan mengalami beberapa gejala yang telah disebutkan, Anda harus segera menghubungi layanan kesehatan.

Baca Juga: Wajib coba! Inilah obat sakit gigi ampuh

Penyebab Penyakit Sepsis

Seperti yang sudah dikatakan, Penyakit Sepsis muncul saat tubuh sudah terkena infeksi. Mayo Clinic menyebutkan bahwa infeksi di sistem pencernaan dan sistem ekskresi. Infeksi sistem pencernaan melibatkan organ tubuh, seperti lambung dan usus.

Sedangkan sistem ekskresi melibatkan organ ginjal, empedu, dan bagian lainnya.Infeksi pada saluran darah dan penumonia juga bisa menyebabkan Penyakit Sepsis.
Banyak orang yang bisa sembuh dari Penyakit Sepsis ringan.

Namun, bersumber dari Mayo Clinic, rata-rata angka kematian Penyakit Sepsis mencapai 40%. Selain itu, Penyakit Sepsis juga bisa menjadi penyebab infeksi lain yang dialami oleh seseorang.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru