Kesehatan Umum

Hati-hati, 4 hal ini bisa sebabkan nyeri dada sebelah kanan

Selasa, 11 Mei 2021 | 12:32 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Hati-hati, 4 hal ini bisa sebabkan nyeri dada sebelah kanan

ILUSTRASI. Ada banyak hal yang menyebabkan nyeri dada sebelah kanan. (Tribun Jateng/ Hermawan Handaka)

KONTAN.CO.ID - Anda patut waspada jika sering mengalami nyeri dada sebelah kanan. Apalagi, bila ada gejala lain yang menyertai. Misalnya, rasa sakit yang semakin parah, lengan atau wajah merasa kesemutan, sesak napas, dan pingsan.

Ada banyak faktor yang jadi penyebab sakit dada sebelah kanan. Mulai dari masalah ringan, otot tegang atau asam lambung naik, hingga masalah kesehatan yang lebih serius.

Contohnya, kondisi jantung atau paru-paru yang terganggu, sistem pencernaan yang bermasalah. Jika terlambat diatasi, beberapa faktor itu bisa berakibat fatal.

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengetahui fakktor apa saja yang menyebabkan dada kanan nyeri. Dengan begitu, Anda bisa mendapat perawatan tepat sesuai dengan kondisi Anda.

GERD

GERD adalah kondisi di mana katup antara lambung dan saluran pencernaan bagian atas mengalami gangguan. Akibatnya, asam lambung bisa kembali ke mulut sehingga menyebabkan sensasi terbakar atau heartburn dan kondisi tidak nyaman lainnya.

Tuasaude merekomendasikan Anda untuk mengatur pola makan. Hindari pula makanan-makanan yang terlalu pedas dan berlemak. Namun, jika rasa nyeri tak kunjung hilang, cobalah untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Baca Juga: 4 Rekomendasi obat herbal asam urat yang mudah didapat

Paru-Paru bermasalah

Nyeri dada sebelah kanan bisa disebabkan oleh gangguan pada paru-paru. Nyeri akan semakin terasa saat Anda menarik napas.

Masalah itu biasanya juga dibarengi dengan gejala yang lain. Misalnya, sesak napas, batuk, dan demam. Gangguan pada paru-paru bisa menyebabkan masalah yang lebih serius.

Maka dari itu, sebaiknya jangan menunda waktu konsultasi ke dokter jika mengalami gejala-gejala yang telah disebutkan. Nantinya, dokter akan melakukan pemeriksaan dan melakukan perawatan sesuai dengan kondisi Anda.

Stres

Tahukah Anda bahwa stres dapat menimbulkan nyeri dada sebelah kanan? Mengutip dari Tuasaude, serangan panik akibat stres dapat mengakibatkan gejala yang mirip dengan serangan jantung, yaitu sakit dada bagian kanan.

Sama seperti masalah yang lain, serangan panik juga menimbulkan gejala yang lain. Misalnya, sesak napas, keluar keringat dingin, dan tangan serta kaki kesemutan. Supaya masalah tersebut tak berulang terlalu sering, Anda perlu mengelola stres dengan baik.

Baca Juga: Cegah penyakit jantung, kenali ciri jantung sehat

Gangguan pada jantung

Jantung yang bermasalah bisa jadi salah satu penyebab nyeri dada sebelah kanan.

Dada kanan sakit juga bisa disebabkan oleh masalah pada jantung. Meski demikian, masalah itu tidak sering terjadi. Gangguan pada jantung lebih sering dialami oleh orang tua dan mereka yang dirawat di rumah sakit akibat infeksi serius.

Selanjutnya: 4 Rekomendasi obat sakit jantung dari bahan-bahan alami

Editor: Belladina Biananda
Terbaru