kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45997,15   3,55   0.36%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Rekomendasi obat herbal asam urat yang mudah didapat


Sabtu, 08 Mei 2021 / 10:25 WIB
4 Rekomendasi obat herbal asam urat yang mudah didapat


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jumlah asam urat bisa meningkat karena banyak sebab. Salah satunya adalah kebiasaan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak purin. Tentu saja Anda perlu membatasi konsumsi jenis makanan itu dan mengonsumsi obat herbal asam urat supaya kesehatan terjaga.

Mengutip dari Top 10 Home Remedies (top10homeremedies.com), ginjal adalah organ yang berfungsi untuk mengeluarkan asam urat. Namun, saat fungsi itu tak bisa berjalan, asam urat pun akan menumpuk. Beberapa akibat dari penumpukan asam urat adalah radang sendi atau terbentuknya batu ginjal.

Anda perlu segera memeriksakan diri jika mengalami gejala asam urat. Misalnya, sesak napas, nyeri dada, muncul ruam di kulit, dan lain sebagainya. Selain itu, cobalah untuk mengonsumsi beberapa jenis bahan alami ini.

Jahe

Jahe adalah obat herbal asam urat pertama yang bisa Anda coba. Antiinflamasi yang terkandung dalam jahe efektif mengatasi radang sendi dan rasa tidak nyaman lain akibat penumpukan asam urat. Anda bisa minum air rebusan jahe atau mengolahnya dengan makanan bergizi yang lain.

Baca Juga: 4 Manfaat infused water jeruk nipis: menurunkan berat badan sampai asam urat tinggi

Lemon

Top 10 Home Remedies mengatakan bahwa lemon dapat meningkatkan produksi alkalin dalam tubuh. Selain itu, lemon juga dipenuhi dengan vitamin C sehingga jumlah asam urat menjadi lebih terkontrol. Anda hanya perlu minum segelas air hangat yang dicampur dengan air lemon secara rutin.

Cuka Apel

Sama seperti lemon, cuka apel mampu meningkatkan produksi alkalin. Tak berhenti sampai di situ, cuka apel juga dipenuhi dengan antiinflamasi dan antioksidan sehingga jumlah asam urat yang dikeluarkan tubuh bisa bertambah.

Pertama, campur 1 sdt cuka apel dalam segelas air. Minum air campuran itu sebanyak dua hingga tiga kali dalam sehari. Namun, karena belum benar-benar terbukti secara ilmiah, Anda perlu mengonsumsi cuka apel dengan pengawasan dokter.

Baca Juga: Asam urat tak kunjung reda? Kunyit efektif menurunkan asam urat tinggi

Buah Ceri

Buah ceri termasuk salah satu obat herbal asam urat yang bisa Anda jadikan pilihan.

Tahukah Anda bahwa buah ceri juga bisa dijadikan obat herbal asam urat? Jenis buah itu mengandung senyawa yang dapat mengurangi jumlah asam urat dalam tubuh. Anda hanya perlu mengonsumsi ½ mangkuk buah ceri setiap hari untuk mendapat manfaat itu.

Selanjutnya: 4 Gejala rematik ini perlu Anda waspadai, apa saja?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×