Tips Sehat

4 Rekomendasi obat sakit jantung dari bahan-bahan alami

Kamis, 29 April 2021 | 11:58 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Rekomendasi obat sakit jantung dari bahan-bahan alami

ILUSTRASI. Salah satu manfaat bawang putih adalah digunakan sebagai obat sakit jantung.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak obat sakit jantung yang bisa Anda gunakan. Tidak hanya obat yang dijual di apotek, beberapa bahan alami juga bisa Anda manfaatkan supaya kondisi kesehatan jantung tetap terjaga. Selain itu, menerapkan pola hidup sehat lainnya juga perlu Anda coba.

Sakit jantung bermula dari adanya penumpukan plak di pembuluh darah. Saat hal itu terjadi, oksigen tak bisa mengalir dengan lancar ke seluruh bagian tubuh. Penumpukan plak juga dapat meningkatkan tekanan darah sehingga risiko penyakit lain pun semakin tinggi.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Anda perlu memerhatikan gejala penyakit jantung yang bisa Anda alami. Mulai dari nyeri dada, sesak napas, mual, muntah, dan lain sebagainya. Jika Anda mengalami hal tersebut, segera periksakan diri ke dokter dan cobalah untuk mengonsumsi makanan berikut.

Bawang Putih

Mengutip dari Medlife (medlife.com), ada banyak nutrisi yang terkandung dalam bawang putih. Mulai dari kalium, karbohidrat, fosfor, vitamin B kompleks, dan lain-lain. Dari nutrisi-nutrisi itu, ada banyak manfaat yang bisa Anda dapat.

Mengonsumsi bawang putih dapat menurunkan jumlah kolesterol dalam tubuh. Dengan begitu, tekanan darah menjadi lebih terkontrol sehingga risiko penyakit jantung bisa turun. Untuk mendapat manfaat itu, usahakan untuk mengonsumsi bawang putih secara rutin, ya.

Baca Juga: 5 Manfaat teh hijau yang berguna untuk kesehatan tubuh

Teh Hijau

Obat sakit jantung lainnya adalah dengan mengonsumsi teh hijau. Bahan alami itu mengandung banyak antioksidan yang mampu melawan serangan radikal bebas penyebab berbagai jenis penyakit. Tidak terkecuali penyakit jantung.

Jahe

Tahukah Anda bahwa jahe bisa dimanfaatkan sebagai obat sakit jantung? Mengutip dari Medlife, mengonsumsi jahe secara rutin dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi sebanyak 8%. Selain itu, risiko penyakit jantung juga turun sebanyak 13%.

Tidak berhenti sampai di situ, masih ada manfaat lain yang bisa Anda dapat dari mengonsumsi jahe. Jenis rempah itu mampu menurunkan jumlah kolesterol dan mengontrol jumlah gula darah dalam tubuh. Untuk mendapat manfaat itu, cobalah untuk mengonsumsi dua hingga empat gram jahe per hari.

Baca Juga: 4 Cara mengatasi sesak nafas yang perlu rutin dilakukan

Kunyit

Kunyit bisa Anda pakai sebagai obat sakit jantung.

Curcumin yang terkandung dalam kunyit berfungsi untuk menjaga kondisi otot jantung agar tetap sehat. Selain itu, kunyit juga dipenuhi dengan nutrisi yang lain. Misalnya, antiinflamasi, antioksidan, dan antikanker. Cobalah untuk mengonsumsi kunyit secara rutin supaya kesehatan tubuh terjaga.

Selanjutnya: Catat! Ini gejala kolesterol tinggi yang sering diabaikan

Editor: Belladina Biananda
Terbaru