kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.324.000 1,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hari Kanker Payudara Sedunia 19 Oktober 2023: Sejarah dan Twibbon, Yuk Ramaikan!


Kamis, 19 Oktober 2023 / 06:17 WIB
Hari Kanker Payudara Sedunia 19 Oktober 2023: Sejarah dan Twibbon, Yuk Ramaikan!
ILUSTRASI. Hari Kanker Payudara Sedunia 2023.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Hari Kanker Payudara Sedunia diperingati setiap tanggal 19 Oktober. Twibbon Hari Kanker Payudara Sedunia 2023 dan sejarah Hari Kanker Payudara bisa disimak di artikel ini. 

Kanker payudara adalah salah satu jenis kanker paling umum di dunia. Penyakit ini juga menjadi penyumbang kematian sangat banyak, termasuk di Indonesia. 

Menurut data Riskesdas, ada dua jenis kanker terbanyak di Indonesia, yaitu kanker payudara dan leher rahim.  

Pada 2018, angka kejadian tertinggi kanker payudara mencapai 42,1 per 100.000 penduduk dengan rata-rata kematian 17 per 100.000 penduduk. 

Baca Juga: 14 Penyebab Kanker Payudara yang Perlu Diwaspadai dan Cara Mencegahnya

Diikuti kanker leher rahim sebesar 23,4 per 100.000 penduduk dengan rata-rata kematian 13,9 per 100.000 penduduk. Kesadaran untuk melakukan deteksi secara dini pada masyarakat masih harus dibangun. 

Twibbon Hari Kanker Payudara Sedunia 2023 bisa diunggah di media sosial untuk mengkampanyekan pentingnya deteksi dini kanker payudara. 

Pasalnya, deteksi dini menjadi salah satu upaya untuk pencegahan, terlebih kanker payudara dapat dideteksi sejak awal dan dapat dilakukan sendiri maupun di puskesmas. 

Lantas, seperti apa contoh twibbon Hari Kanker Payudara Sedunia 2023 dan sejarah Hari Kanker Payudara Sedunia?

Baca Juga: Kanker Payudara Bisa Menyerang Wanita dan Pria, Ini Gejala Awalnya

Sejarah Hari Kanker Payudara Sedunia

Sejarah Hari Kanker Payudara Sedunia

Sejarah Hari kanker payudara Sedunia berawal dari organisasi-organisasi di Amerika yang peduli akan kanker payudara dan gagasan-gagasan kaum perempuan tentang kanker payudara.

Pada 1985, Hari Kanker Payudara Sedunia pertama kali dirayakana ketika American Cancer Society bekerja sama dengan perusahaan farmasi AstraZeneca mendirikan Bulan Kesadaran Kanker Payudara Nasional atau National Breast Cancer Awareness Month (NBCAM).

Dirangkum dari laman Hitachi Global Website, waktu itu, mereka mempromosikan mammogram sebagai alat paling efektif untuk melawan kanker payudara.

Hal itu mendapat dukungan dari Betty Ford, istri dari Presiden AS ke-38, Gerald Ford. Betty Ford adalah penyintas kanker payudara dan menderita kanker tersebut saat suaminya masih menjabat sebagai presiden AS. 

Baca Juga: Nasabah Prudential Bisa Maksimalkan Manfaatkan Pengobatan Kanker Payudara

Sehingga, gerakan kesadaran akan kanker payudara pun semakin menyebar dan menjadi gerakan global. 

Kemudian, pada 1990, pita merah muda pertama kali diperkenalkan sebagai bagian dari kampanye sadar terhadap kanker payudara. 

Dikutip dari Kompas.id, Yayasan Kanker Payudara Susan G. Komen membagikan pita merah muda cerah kepada para penyintas kanker payudara yang berlari di Race for the Cure. 

Program penyintas dikembangkan, dan merah muda digunakan sebagai warna untuk mempromosikan kesadaran dan program-programnya Yayasan Kanker Payudara Susan G. Komen.

Baca Juga: Apa Itu No Bra Day 13 Oktober 2023 dan Bagaimana Cara Merayakannya?

Inspirasi pita merah muda berasal saat seorang warga AS yang suaminya di sandera di Iran mengikatkan pita kuning di sekeliling pepohonan di halaman depan rumahnya. 

Hal ini dilakukannya sebagai simbol keinginannya untuk melihat suaminya kembali ke rumah dengan selamat.

Beberapa tahun kemudian, aktivis AIDS terinspirasi oleh pita kuning untuk tentara yang berperang di Perang Teluk. Para aktivis mengubah warnanya menjadi merah cerah dan melingkarinya. 

Sementara, kanker payudara identik dengan pita warna pink. Setelah itu, pita menjadi identik dengan kegiatan amal.

Baca Juga: Inilah Penyakit yang Bisa Ditularkan Hewan ke Manusia yang Wajib Diketahui, Catat!

Twibbon Hari Kanker Payudara Sedunia 2023 

Berikut kumpulan twibbon Hari Kanker Payudara Sedunia 2023: 

Baca Juga: Ampuh Turunkan Kolesterol dan Tensi, 7 Manfaat Daun Sambung Nyawa dan Cara Merebusnya

Cara membagikan link twibbon Hari Kanker Payudara Sedunia 2023 

Sementara itu, berikut adalah cara membagikan link twibbon Hari Kanker Payudara Sedunia 2023 di media sosial:

  • Silahkan membuka link twibbon Hari Kanker Payudara Sedunia 2023 yang ada di artikel ini. 
  • Anda juga dapat mengakses situs twibbonize.com dan memasukkan kata kunci terkait Kanker Payudara Sedunia 2023 untuk memilih twibbon Kanker Payudara Sedunia 2023 yang disukai.   
  • Klik opsi Choose Photo/Pilih Foto untuk menentukan foto mana yang hendak digunakan pada template twibbon Kanker Payudara Sedunia 2023.   
  • Anda dapat menyesuaikan ukuran dan posisi foto dengan cara menggeser atau zoom in/out foto pada area yang tersedia di twibbon Kanker Payudara Sedunia 2023. 
  • Setelah foto sudah pas, klik Crop/Selanjutnya lalu klik Download/Unduh Foto untuk mengunduh twibbon Kanker Payudara Sedunia 2023 yang tadi sudah diedit.
  • Foto yang sudah diunduh bisa dipajang pada platform media sosial seperti WhatsApp, Facebook, Instagram, Twitter, Line, Telegram, dan masih banyak lagi.  

Itulah cara menggunakan link twibbon Kanker Payudara Sedunia 2023 di media sosial. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×