HOME

Gejala asam urat bisa disembuhkan, ini yang perlu Anda lakukan

Selasa, 07 Juli 2020 | 15:05 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Gejala asam urat bisa disembuhkan, ini yang perlu Anda lakukan

ILUSTRASI. Gejala asam urat terjadi karena adanya penumpukan asam urat di daerah persendian.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asam urat adalah salah satu penyakit yang sering diderita. Gejala asam urat lebih banyak dirasakan di bagian persendian. Asam urat terbentuk ketika tubuh memecah sebuah zat yang bernama zat purin.

Penyakit asam urat terjadi karena tubuh tidak bisa membuang asam urat sehingga asam urat menumpuk dalam tubuh. Pada tubuh yang sehat, asam urat akan dilarutkan dalam darah, kemudian disaring di ginjal, hingga akhirnya dikeluarkan melalui urin.

Seperti yang telah disebutkan, gejala asam urat sering terasa di persendiaan. Dilansir dari laman my.clevelandclinic.org, sakit yang terjadi di persendian diakibatkan oleh penumpukan asam urat sehingga terjadi pengkristalan. Jika terus dibiarkan, asam urat tidak hanya menyerang daerah sendi, tapi juga bisa mengakibatkan penyakit batu ginjal.

Karena menyerang persendiaan, orang yang terkena asam urat akan merasakan sakit dan kesulitan untuk menggerakkan badan. Beberapa bagian sendi akan terasa sangat panas dan membengkak. Saat rasa nyeri sudah berkurang, pembengkakan akan hilang, tapi kulit menjadi kering hingga mengelupas.

Baca Juga: Ingin terhindar dari penyakit asam urat? Ini sembilan cara mencegahnya

Cara Mengatasi Gejala Asam Urat

Agar penyakit asam urat tidak bertambah parah, Anda perlu melakukan beberapa cara. Mengutip dari medicalnewstoday.com, Anda perlu mengurangi asupan zat purin.

Zat purin bisa banyak ditemukan di beberapa sumber makanan. Anda perlu membatasi diri untuk mengonsumsi minuman beralkohol, daging babi dan daging rusa, ikan tuna, dairy product atau makanan olahan dari susu, jeroan, dan makanan manis.

Sebaliknya, lebih baik cukupi nutrisi tubuh dengan mengonsumsi makanan-makanan yang memiliki kandungan zat purin rendah. Contoh makanan dengan zat purin rendah adalah makanan olahan susu rendah lemak, selain kacang, kentang, buah, dan sayur-mayur. Mengonsumsi makanan rendah zat purin memang tidak langsung menghilangkan gejala penyakit asam urat, tapi hal itu baik dilakukan daripada tidak sama sekali.

Baca Juga: Berikut obat herbal yang ampuh menurunkan kadar asam urat tinggi

Selain mengatur asupan nutrisi, menjaga berat badan juga sangat dianjurkan kepada orang-orang dengan gejala asam urat. Medicalnewstoday.com menyebutkan, berat badan berlebih menimbulkan resiko metabolisme yang kurang baik.

Jika metabolisme tubuh terganggu, tekanan darah dan kolesterol akan muncul sehingga memperparah gejala asam urat. Tidak dipungkiri, hal tersebut juga bisa mengakibatkan penyakit lain, seperti penyakit liver.

Selain beberapa hal yang sudah disebutkan, Anda juga perlu memperhatikan komposisi obat yang Anda konsumsi, misalnya aspirin dalam dosis rendah. Obat tersebut justru akan meningkatkan jumlah asam urat. Maka dari itu, akan lebih baik jika Anda segera berkonsultasi kepada dokter ketika merasa ada gejala asam urat.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru