Efek Covid-19 pada penderita diabetes ini perlu Anda ketahui

Selasa, 26 Oktober 2021 | 14:58 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Efek Covid-19 pada penderita diabetes ini perlu Anda ketahui

ILUSTRASI. Penderita diabetes memiliki risiko kesehatan yang lebih tinggi saat terinfeksi Covid-19.


KONTAN.CO.ID - Infeksi Covid-19 membahayakan kesehatan tubuh Anda. Apalagi, jika Anda memiliki riwayat kesehatan yang berhubungan dengan penyakit lain, misalnya, diabetes.

Jika tak teratasi dengan baik, Covid-19 bisa memperparah diabetes atau memicu kemunculan diabetes. Pada penderita diabetes, jumlah gula darah dalam tubuh tidak terkontrol.

Mengutip dari Pharmeasy (pharmeasy.in), kondisi itu dapat memperparah komplikasi ketika virus corona menginfeksi. Tak hanya itu, kondisi kesehatan pun memburuk dalam waktu yang relatif lebih cepat.

Umumnya, penderita diabetes lebih rentan mengalami inflamasi dalam tubuhnya. Nah, hal itulah yang membuat tubuh Anda lebih berisiko terinfeksi Covid-19.

Bahkan, efek kesehatan jangka panjang di ginjal, pembuluh darah, dan bagian tubuh yang lain pun bisa terganggu.

Baca Juga: Hati-hati, Anda bisa terinfeksi Covid-19 karena hal ini

Baca Juga: Minum air putih bisa membunuh virus corona? Cek laporannya

Meski demikian, bukan berarti penderita diabetes menjadi lebih berisiko terinfeksi Covid-19, ya. Selama Anda menjalankan protokol kesehatan dengan baik, risiko infeksi virus tersebut masih bisa Anda hindari.

Pharmeasy menambahkan, ada kondisi lain yang bisa membuat efek Covid-19 menjadi lebih parah. Mulai dari gangguan pada sistem peredaran darah, penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi, hingga jumlah kolesterol yang tak terkontrol.

Supaya langkah pencegahan semakin maksimal, pastikan untuk tidak menunda jadwal vaksinasi Covid-19. Konsultasikan kondisi Anda dengan dokter. Jika tidak ada kondisi yang menghalangi Anda untuk mendapat vaksin, jangan tunda jadwal vaksinasi.

Juga, selalu terapkan protokol kesehatan. Pakai masker dengan benar dan sesuai dengan standar kesehatan yang telah ditetapkan.

Jika berkumpul dengan banyak orang, usahakan untuk selalu menjaga jarak. Tak hanya itu, jaga kebersihan tangan memakai hand sanitizer atau sabun dan air.

Selanjutnya: Pakai jahe, begini cara mengatasi anosmia untuk Anda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru