Pakai jahe, begini cara mengatasi anosmia untuk Anda

Jumat, 22 Oktober 2021 | 10:16 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Pakai jahe, begini cara mengatasi anosmia untuk Anda

ILUSTRASI. Jahe bisa jadi cara mengatasi anosmia.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Cara mengatasi anosmia perlu segera Anda lakukan. Jika tidak, fungsi indra pencecap Anda juga bisa ikut terganggu. Anda tidak perlu terlalu khawatir karena ternyata ada banyak bahan alami yang dapat Anda manfaatkan untuk mengatasi masalah itu.

Akhir-akhir ini, anosmia lebih banyak dihubungkan dengan Covid-19. Sayangnya, kondisi itu juga bisa terjadi karena hal lain. Salah satu faktor yang cukup sering dialami oleh banyak orang adalah infeksi flu.

Bahan-bahan di bawah ini memang dapat Anda gunakan dengan mudah. Namun, bukan berarti Anda tidak perlu mengonsultasikan kesehatan diri Anda ke dokter, ya. Hal itu tetap penting untuk dilakukan. Apalagi jika ada kondisi lain yang sedang Anda alami dan cukup mengganggu kesehatan Anda.

Jahe

Jahe termasuk jenis rempah yang memiliki segudang manfaat. Stylecraze (stylecraze.com) menyebutkan bahwa jahe memiliki aroma yang khas sehingga dapat melatih indra penciuman Anda. Tak hanya itu, jahe juga memiliki rasa yang kuat sehingga mampu menstimulasi indra pencecap Anda.

Anda bisa mengonsumsi jahe secara langsung atau minum air rebusan jahe. Usahakan untuk melakukannya setiap hari supaya hasil yang Anda dapat maksimal. Meski demikian, jangan mengonsumsinya terlalu banyak untuk menghindari efek samping jahe.

Baca Juga: 4 Cara mengobati anosmia yang bisa Anda coba, apa saja?

Lemon

Cara mengatasi anosmia bisa Anda lakukan dengan lemon.

Cara mengatasi anosmia berikutnya yang cukup mudah untuk Anda praktikkan adalah dengan memakai lemon. Zat asam, vitamin C, antimikroba, dan nutrisi lain yang terdapat dalam lemon mampu melawan infeksi penyakit sehingga gangguan pada indra penciuman Anda dapat berkurang.

Pertama, campur ½ lemon dalam segelas air lalu minum air lemon tersebut sebanyak dua kali dalam sehari. Anda bisa menambahkan madu supaya rasanya tak terlalu asam. Namun, Anda perlu menghindari obat anosmia ini jika mengalami sakit tenggorokan, asam lambung naik, atau kondisi kesehatan lainnya.

Baca Juga: Tengah mencari obat anosmia? Coba pakai bahan alami ini

Bawang Putih

Stylecraze merekomendasikan bawang putih sebagai obat anosmia. Anda perlu merebus dua siung bawang putih yang sudah dipotong dalam segelas air selama beberapa menit terlebih dahulu. Setelah mendidih, saring dan diamkan sebentar, lalu minum air rebusan bawang putih sebanyak dua kali sehari.

Cuka Apel

Cara mengatasi anosmia bisa pakai cuka apel.

Selanjutnya, gunakan cuka apel sebagai cara mengatasi anosmia. Tambahkan 1 sdm cuka apel dan sedikit madu dalam satu gelas air hangat lalu minum air tersebut satu kali dalam sehari. Sebagai catatan, cuka apel mengandung zat asam yang cukup tinggi jadi jangan mengonsumsinya secara berlebihan.

Selanjutnya: Selain sakit kepala, ini 4 gejala sinusitis yang lainnya

Editor: Belladina Biananda
Terbaru