Selain sakit kepala, ini 4 gejala sinusitis yang lainnya

Selasa, 19 Oktober 2021 | 08:20 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Selain sakit kepala, ini 4 gejala sinusitis yang lainnya

ILUSTRASI. Supaya kesehatan tak memburuk, gejala sinusitis perlu Anda waspadai. /pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/05/12/2011.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Peradangan pada bagian sinusitis dapat menyebabkan masalah kesehatan. Supaya tak bertambah parah, gejala sinusitis perlu segera Anda atasi. Jangan ragu untuk mengonsultasikan kondisi Anda ke dokter supaya Anda bisa mendapat pengobatan yang tepat.

Sinusitis dapat terjadi karena berbagai macam faktor. Umumnya, inflamasi terjadi karena infeksi virus, bakteri, atau jamur. Namun, ada pula faktor lain yang membuat sinusitis meradang. Mulai dari polip hidung, infeksi gigi dan gusi, serta alergi.

Salah satu ciri-ciri sinusitis yang paling sering terjadi adalah sakit kepala. Kondisi itu bisa semakin parah ketika Anda bangun tidur di pagi hari karena ada banyak cairan yang terkumpul di sekitar sinusitis.

Tentu saja masalah lain bisa muncul ketika sakit kepala dibiarkan. Rasa sakit akan menjalar ke bagian telinga atau rahang yang mana membuat kondisi tubuh Anda semakin tak nyaman. Selain sakit kepala, masih banyak tanda sinusitis lain yang sebaiknya Anda waspadai.

Baca Juga: 4 Cara mengobati anosmia yang bisa Anda coba, apa saja?

Sakit Tenggorokan dan Suara Serak

Mengutip dari Healthline (healthline.com), sinusitis ditandai dengan sakit tenggorokan. Suara Anda pun berubah menjadi lebih serak. Biasanya, kondisi itu berlangsung selama beberapa minggu sampai iritasi di bagian tenggorokan mereda.

Hidung Tersumbat

Hidung tersumbat termasuk gejala sinusitis.

Gejala sinusitis yang lain adalah hidung tersumbat. Inflamasi menyebabkan jaringan di saluran pernapasan membengkak. Ketika hal itu terjadi, Anda mungkin akan kesulitan untuk bernapas. Kondisi itu juga dapat mengganggu fungsi indra pencium dan indra pencecap Anda.

Rasa Sakit di Sinus

Bagi penderita sinusitis, rasa sakit di bagian sinus cukup sering terjadi. Biasanya, bagian wajah, di bawah mata dan di sekitar hidung, terasa sangat sakit. Hal itulah yang memicu sakit kepala dan rasa sakit yang muncul di bagian wajah yang lain.

Baca Juga: Cari cara mengobati sinusitis? Coba 4 makanan ini, yuk

Batuk

Salah satu gejala sinusitis adalah batuk.

Melansir Healthline, batuk termasuk dalam daftar gejala sinusitis. Banyaknya lendir yang terproduksi akibat peradangan di sinus berjalan melewati tenggorokan. Nah, lendir itu bisa membuat tenggorokan iritasi dan menimbulkan rasa sakit. Batuk pun dapat Anda alami karena hal itu.

Tidak berhenti sampai di situ, meningkatnya produksi lendir bisa membuat kualitas tidur Anda di malam hari berkurang. Supaya batuk tak terus Anda alami ketika tidur, tak ada salahnya untuk memposisikan kepala lebih tinggi ketika tidur.

Selanjutnya: Tengah mencari obat anosmia? Coba pakai bahan alami ini

Editor: Belladina Biananda
Terbaru