kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,11   -7,25   -0.78%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cari cara mengobati sinusitis? Coba 4 makanan ini, yuk


Jumat, 08 Oktober 2021 / 11:20 WIB
Cari cara mengobati sinusitis? Coba 4 makanan ini, yuk


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Apakah Anda menderita sinusitis? Apabila iya, cobalah untuk mengatur makanan dan minum yang Anda konsumsi. Dengan begitu, gejala sinusitis bisa berkurang sehingga Anda bisa melanjutkan kegiatan sehari-hari dengan baik.

Sinusitis adalah kondisi di mana saluran di atas hidung mengalami inflamasi atau peradangan. Beberapa efeknya adalah hidung tersumbat, produksi lendir meningkat, dan lain sebagainya. Nah, Anda bisa memanfaatkan beberapa bahan alami dalam artikel ini untuk mengobati kondisi itu.

Namun, pastikan untuk membicarakannya dulu dengan dokter, ya. Jika dokter mengizinkan, Anda bisa mengonsumsi makanan-makanan ini secara teratur. Pastikan pula untuk tetap melakukan konsultasi rutin ke dokter agar kondisi Anda terpantau.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda untuk tetap sehat. Mengutip dari Atlantaent.com, Anda bisa mencukupi kebutuhan tubuh akan vitamin A, kalium, vitamin D, kalsium vitamin C, dan nutrisi-nutrisi lain dari mengonsumsi sayuran hijau.

Baca Juga: Obat sinusitis bisa dari 5 bahan-bahan alami ini, lo

Bawang Putih

Bawang putih berguna sebagai cara mengobati sinusitis.

Bahan alami berikutnya yang cocok dijadikan cara mengobati sinusitis adalah bawang putih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bawang putih mengandung antioksidan dan antiinflamasi yang cukup tinggi.

Ada beragam cara yang bisa Anda lakukan jika ingin mengonsumsi bawang putih. Pertama, Anda bisa mengonsumsinya dalam keadaan mentah. Kedua, gunakan bawang putih sebagai topping makanan. Ketiga, olah bawang putih dengan makanan bergizi yang lain.

Ikan

Ikan juga bisa Anda jadikan obat sinusitis, lo. Ikan dan jenis seafood yang lain dipenuhi dengan protein dan asam lemak omega-3. Nutrisi itulah yang membuat ikan mampu meningkatkan sistem imun tubuh. Dengan begitu, peradangan di sinusitis dapat Anda atasi dengan baik.

Tidak berhenti sampai di situ, nutrisi yang terdapat dalam ikan mampu menurunkan risiko penyakit jantung. Melansir Atlantaent.com, cobalah untuk mengonsumsi ikan satu hingga dua kali dalam seminggu. Usahakan untuk mengonsumsi ikan yang tidak mengandung merkuri, ya.

Baca Juga: 5 Cara mengatasi hidung tersumbat, pakai teh hingga lemon

Madu

Cara mengobati sinusitis bisa memakai madu.

Cara mengobati sinusitis lainnya yang bisa Anda coba adalah dengan memakai madu. Saat sinusitis meradang, risiko pertumbuhan dan infeksi bakteri di bagian tersebut tinggi. Anda bisa mengatasinya dengan madu karena bahan alami tersebut memiliki banyak antibakteri.

Madu juga berguna untuk mengobati sakit tenggorokan atau meredakan reaksi alergi. Namun, usahakan untuk tidak mengonsumsi madu secara berlebihan, ya. Dengan begitu, Anda bisa menghindari risiko munculnya efek samping.

Selanjutnya: Anda bisa coba, berikut 4 cara mengobati anosmia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×