kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Obat sinusitis bisa dari 5 bahan-bahan alami ini, lo


Selasa, 05 Oktober 2021 / 12:11 WIB
Obat sinusitis bisa dari 5 bahan-bahan alami ini, lo
ILUSTRASI. Nanas termasuk salah satu obat sinusitis.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebaiknya Anda tak mengabaikan pilek dan hidung tersumbat yang terus Anda alami. Bisa jadi, kondisi itu menandakan penyakit sinusitis. Supaya kondisi Anda tak bertambah parah, ada beberapa bahan alami yang bisa Anda jadikan obat sinusitis.

Jika terus dibiarkan, tentu saja Anda semakin berisiko mengalami infeksi bakteri atau jamur. Apalagi jika Anda juga alergi terhadap sesuatu. Bagian sinus bisa mengalami pembengkakan yang lebih parah. Ketika hal itu terjadi, semakin banyak gejala sinusitis yang Anda alami.

Mulai dari sakit kepala, bersin, batuk, demam, kelelahan, hingga fungsi indra penciuman yang mengalami penurunan. Nah, di bawah ini, ada beberapa jenis bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati sinusitis. Cobalah untuk mengonsumsinya secara rutin, ya.

Nanas

Tahukah Anda bahwa nanas bisa mengobati sinusitis? Mengutip dari Sun Warrior (sunwarrior.com), antioksidan dalam buah tersebut mampu melindungi membran di sekitar sinusitis. Selain itu, kandungan dalam nanas juga mampu menghancurkan lendir sehingga penyumbatan dan peradangan bisa berkurang.

Baca Juga: Bisa jadi obat polip hidung, manfaatkan 5 bahan alami ini

Bawang Putih

Selain meningkatkan cita rasa makanan, bawang putih juga dapat Anda jadikan obat sinusitis, lo. Tak hanya mengandung antioksidan, bawang putih juga dipenuhi dengan antiinflamasi sehingga bisa meredakan peradangan.

Tidak berhenti sampai di situ, rutin mengonsumsi bawang putih pun dapat menjaga kesehatan jantung. Anda hanya perlu mengonsumsi bawang putih secara langsung, mencampurnya dengan hidangan yang Anda makan, atau minum air rebusan bawang putih.

Jahe

Jahe bisa jadi obat sinusitis.

Jahe jadi bahan alami berikutnya yang cocok dijadikan obat sinusitis. Antioksidan, antiinflamasi, antihistamin, dan kandungan lain dalam jahe mampu mempercepat proses penyembuhan sinusitis. Jahe juga bisa Anda pakai untuk mengatasi mual dan mengobati sakit perut.

Baca Juga: 5 Cara mengatasi hidung tersumbat, pakai teh hingga lemon

Minyak Kelapa

Sun Warrior menyebutkan bahwa minyak kelapa dapat mengatasi sinusitis dengan baik. Bukan tanpa alasan, manfaat minyak kelapa itu berasal dari kandungan yang ada di dalamnya. Selain meredakan peradangan, minyak kelapa juga mampu melawan infeksi bakteri dan jamur di sinusitis.

Kunyit

Kunyit berguna sebagai obat sinusitis.

Cara mengobati sinusitis selanjutnya yang dapat Anda praktikkan adalah dengan memanfaatkan kunyit. Curcuminoid, senyawa-senyawa yang terkandung dalam kunyit efektif mengobati sinusitis. Anda hanya perlu berkumur dengan air kunyit atau mencampur rempah itu pada makanan yang Anda konsumsi.

Selanjutnya: Ini loh bedanya sakit kepala biasa dengan migren

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×