Bisa jadi obat polip hidung, manfaatkan 5 bahan alami ini

Senin, 13 September 2021 | 12:06 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Bisa jadi obat polip hidung, manfaatkan 5 bahan alami ini

ILUSTRASI. Obat polip hidung dapat Anda temukan dari bahan alami./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/05/12/2011.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Polip hidup merupakan sel di dinding hidung yang tumbuh, tapi tak bersifat kanker. Karena bisa mengganggu sistem pernapasan, maka obat polip hidung perlu Anda gunakan. Salah satunya adalah memanfaatkan bahan-bahan alami.

Melansir Icliniq (icliniq.com), polip hidung muncul dengan bentuk dan warna yang berbeda-beda. Anda bisa memiliki polip hidung yang berwarna merah, kuning, atau merah muda. Gejala yang Anda alami pun beragam.

Mulai dari flu, sering sakit kepala, hidung tersumbat, asma, sinusitis, pilek, hingga reaksi alergi yang sering muncul. Tentu saja Anda perlu memeriksakan diri ke dokter supaya masalah itu bisa teratasi dengan tepat. Apalagi jika polip sudah besar.

Jika dibiarkan, polip bisa menghambat aliran darah sehingga menimbulkan inflamasi. Namun, jika polip hidung masih berukuran kecil, ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobatinya.

Baca Juga: Ini penyebab mimisan yang bisa dialami orang dewasa dan anak-anak

Cuka Apel

Bahan pertama yang dapat Anda gunakan untuk mengobati polip hidung adalah cuka apel. Anda perlu mencampur 10 ml cuka apel dalam air panas terlebih dahulu. Hirup uap yang keluar selama beberapa saat. Usahakan untuk melakukannya secara rutin supaya infeksi dan inflamasi tak bertambah parah.

Nanas

Bromelain, salah satu enzim yang terkandung dalam buah nanas, mampu menghancurkan sel sehingga ukuran polip hidup dapat berkurang. Tidak hanya itu, rutin mengonsumsi nanas juga baik untuk sistem imun sehingga kondisi tubuh bisa terjaga dengan baik.

Selain mengobati polip hidung, bromelain juga bisa mengobati masalah sistem pernapasan yang lain. Misalnya, asma, alergi, dan sinusitis. Anda juga bisa mengonsumsi bromelain dalam bentuk suplemen, tapi pastikan untuk membicarakannya dulu dengan dokter, ya.

Kunyit

Kunyit bisa jadi obat polip hidung.

Jika Anda mencari obat polip hidung dari bahan alami, maka kunyit bisa Anda jadikan pilihan. Minum segelas susu hangat yang dicampur dengan 1 sdm kunyit sebanyak dua kali dalam sehari. Antiinflamasi, antiseptik, dan kandungan lain dalam kunyit efektif mengobati polip dan mengurangi produksi lendir.

Baca Juga: Efektif jadi obat hidung tersumbat, gunakan 5 bahan alami ini

Cabai Rawit

Cabai rawit jadi bahan alami selanjutnya yang direkomendasikan Icliniq untuk mengobati polip hidung. Capsaicin dalam cabai rawit mampu mengatasi polip hidung secara efektif dan mengurangi frekuensi sakit kepala akibat masalah tersebut.

Bawang Putih

Bawang putih juga bisa Anda jadikan obat polip hidung, lo. Sama sepertin kunyit, bawang putih mengandung antiseptik yang bisa mencegah pertumbuhan polip. Cobalah untuk minum segelas air rebusan bawang putih sebanyak dua kali dalam sehari.

Selanjutnya: Apakah anosmia atau hilang penciuman bisa sembuh sendiri?

Editor: Belladina Biananda
Terbaru