Hati-hati, Anda bisa terinfeksi Covid-19 karena hal ini

Jumat, 22 Oktober 2021 | 10:31 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Hati-hati, Anda bisa terinfeksi Covid-19 karena hal ini

ILUSTRASI. Ada banyak cara mencegah Virus Corona yang bisa Anda lakukan. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/aww.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada beberapa cara bagaimana Virus Corona menginfeksi tubuh Anda. Dengan mewaspadainya, diharap Anda bisa terhindar dari penyakit tersebut. Tentu saja Anda perlu memiliki tingkat kewaspadaan yang cukup tinggi supaya langkah pencegahan bisa berjalan maksimal.

Melansir Eatthis.com, orang-orang yang belum divaksin 29 kali lebih berisiko membutuhkan perawatan rumah sakit ketika terinfeksi Virus Corona. Perlu diperhatikan bahwa bukan berarti vaksin membuat Anda kebal terhadap serangan virus, ya.

Namun, vaksin membantu tubuh Anda untuk lebih siap ketika terinfeksi Covid-19. Risiko kemunculan gejala dan efek Virus Corona yang lain semakin rendah. Vaksin semakin dibutuhkan bagi Anda yang memiliki kondisi kesehatan tertentu, misalnya kanker.

Selanjutnya, Virus Corona dapat menyerang tubuh saat Anda melakukan kontak dekat dengan pasien positif Covid-19. Droplet yang keluar dari pasien saat berbicara, bersin, atau batuk, dapat masuk ke tubuh Anda, contohnya melalui lubang hidung.

Baca Juga: Catat, virus corona bisa bertahan hingga 9 hari di permukaan

Jika Anda baru saja melakukan kontak deat dengan pasien positif Covid-19, jangan lupa untuk melakukan isolasi mandiri terlebih dahulu, ya. Setelah itu, jangan lupa untuk melakukan tes Covid-19 untuk memastikan apakah Anda terinfeksi atau tidak.

Tidak berhenti sampai di situ, Anda juga perlu waspada saat melakukan kegiatan di dalam ruangan, apalagi dengan ventilasi udara yang buruk. Mengutip dari Eatthis.com, jika Anda memang ingin melakukan kegiatan di luar rumah, cobalah untuk memilih tempat outdoor daripada indoor.

Baca Juga: Pengumuman! Anak berusia 12 tahun ke bawah sudah bisa naik pesawat

Saat melakukan kegiatan dengan orang lain, jangan lupa untuk selalu memakai masker dengan benar dan sesuai standar kesehatan, ya. Jangan lupa pula untuk menjaga jarak dan menjaga kebersihan tangan. Hal penting lain yang tak boleh Anda lupakan adalah mendapat suntikan vaksin Covid-19.

Usahakan untuk tidak menunda jadwal vaksinasi apabila tak ada kondisi apa pun yang menghalangi. Apabila Anda merasa kondisi kesehatan menghalangi Anda untuk vaksinasi, cobalah untuk mengonsultasikannya dulu ke dokter.

Selanjutnya: Seberapa lama virus corona bisa bertahan di permukaan? Ini jawabannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru