kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dijamin ampuh, inilah cara mengobati gusi bengkak disertai nyeri


Selasa, 11 Agustus 2020 / 09:32 WIB
Dijamin ampuh, inilah cara mengobati gusi bengkak disertai nyeri


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kesehatan gusi sangat berkaitan dengan kesehatan mulut. Anda mungkin akan merasa tidak nyaman saat gusi bengkak, apalagi saat disertai rasa nyeri. Cara mengobati gusi bengkak disertai nyeri pun perlu Anda lakukan agar kondisinya tidak semakin parah.

Ada beberapa hal yang menyebabkan gusi bengkak. Healthline (healthline.com) menyebutkan bahwa gusi bengkak biasanya disebabkan karena gingivitis. Penyakit ini menyebabkan gusi menjadi iritasi dan bengkak.

Baca Juga: 3 obat penghilang bekas jerawat ampuh yang bisa Anda buat di rumah

Banyak orang yang tidak sadar bahwa mereka mengalami gingivitis karena gejala yang timbul cukup ringan. Namun, jika tidak segera diatasi, gingivitis bisa menyebabkan periodontitis dan gigi tanggal. Gingivitis muncul akibat kebersihan mulut yang tidak terjaga.

Bakteri dan sisa makanan yang tidak dibersihkan bisa tertinggal di gigi hingga menyebabkan tartar. Tartar tidak bisa dibersihkan dengan menggosok gigi. Anda perlu mengunjungi dokter untuk membersihkannya. Tartar yang tertinggal pada gigi itulah yang menyebabkan gingivitis.

Selain gingivitis, faktor lain yang menyebabkan gusi bengkak disertai nyeri adalah kehamilan. Perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan bisa membuat gusi menjadi mudah iritasi dan sulit melawan bakteri.

Cara Mengobati Gusi Bengkak Disertai Nyeri

Healthline menyebutkan bahwa ada dua cara mengobati gusi bengkak disertai nyeri yang bisa Anda lakukan, yaitu dengan perawatan medis dan peratawan sendiri di rumah. Jika gusi bengkak dan nyeri yang Anda rasakan terjadi selama lebih dari dua minggu, lebih baik Anda segera konsultasi ke dokter gigi.

Dokter gigi akan mengajukan beberapa pertanyaan terkait penyakit yang Anda rasakan. Dokter ingin mengetahui gejala penyakit apa saja yang Anda rasakan, berapa lama Anda merasakan itu, dan apakah ada faktor lain yang memperparah. Jika dibutuhkan, Anda mungkin akan diminta melakukan tes darah untuk melihat apakah ada infeksi atau tidak.

Baca Juga: 3 tips menurunkan berat badan dengan cepat

Setelah mempelajari penyebab dan kondisi gusi bengkak dan nyeri yang Anda rasakan, dokter akan memberikan sejumlah obat. Beberapa kasus memungkinkan Anda untuk mengganti pasta gigi sesuai dengan saran dokter.

Antibiotik biasanya juga menjadi pilihan cara mengobati gusi bengkak disertai nyeri. Jika kondisi yang Anda miliki sangat parah, operasi bisa jadi alternatif pengobatan agar penyakit Anda cepat hilang.

Ada beberapa cara mengobati gusi bengkak disertai nyeri yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Healthline menyebutkan bahwa Anda bisa menggunakan air garam untuk kumur agar bakteri mati. Pastikan untuk menggosok gigi secara lembut agar tidak melukai gusi.

Cara mengobati gusi bengkak disertai nyeri juga bisa Anda lakukan dengan meminum banyak air. Air akan menstimulasi produksi air liur sehingga melemahkan bakteri di mulut. Mengkompres daerah gusi bengkak dengan air hangat juga bisa Anda jadikan pilihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×