Tips Sehat

3 tips menurunkan berat badan dengan cepat

Rabu, 05 Agustus 2020 | 15:57 WIB   Reporter: Belladina Biananda
3 tips menurunkan berat badan dengan cepat

ILUSTRASI. Angkat beban jadi salah satu tips menurunkan berat badan dengan cepat.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak tips menurunkan berat badan dengan cepat yang bisa Anda lakukan. Sayangnya, masih banyak orang yang gagal. Alasannya pun beragam, bisa karena tidak kuat menahan lapar hingga tak melihat hasil diet.

Mengutip Healthline, diet rendah karbo adalah tips menurunkan berat badan dengan cepat dan cukup mudah untuk Anda ikuti. Tujuan dari diet rendah karbo adalah mengurangi nafsu makan, menurunkan berat badan dengan cepat, dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Kurangi jumlah karbo

Tips menurunkan berat badan dengan cepat menggunakan diet rendah karbo adalah dengan mengurangi jumlah gula atau karbohidrat. Saat Anda melakukannya, rasa lapar akan menurun sehingga lebih sedikit karbo yang Anda konsumsi.

Alih-alih membakar karbo, tubuh Anda akan mulai membakar cadangan lemak dalam tubuh. Tips menurunkan berat badan dengan cepat ini juga mengakibatkan jumlah insulin menurun. Ginjal akan lebih sedikit menghasilkan air atau sodium sehingga mengurangi berat air tubuh.

Baca Juga: Ampuh! Inilah cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit

Konsumsi makanan bergizi

Tiap makanan yang Anda konsumsi harus mengandung protein, lemak, dan sayur rendah karbo. Mengonsumsi banyak protein bisa meningkatkan pengeluaran kalori sebanyak 80-100 kalori tiap hari. Seseorang yang makan lebih banyak protein bisa mengonsumsi 441 kalori lebih sedikit tiap hari.

Anda bisa mengonsumsi sayur rendah karbo dengan batas 20-50 karbo setiap hari. Mengonsumsi sayur bisa menjadi tips menurunkan berat badan dengan cepat karena serat, vitamin, dan mineral tubuh bisa terpenuhi.

Jangan takut untuk mengonsumsi lemak. Healthline menyebutkan, Anda bisa mengonsumsi lemak sehat dari olive oil, minyak kelapa, avocado oil, dan butter.

Angkat beban

Tips menurunkan berat badan dengan cepat tentu saja harus Anda lengkapi dengan olahraga angkat beban. Anda bisa melakukannya sebanyak tiga kali dalam satu minggu. Akan ada lebih banyak kalori yang bisa terbakar dan metabolisme tubuh menjadi lebih stabil.

Baca Juga: Cara menaikkan imun tubuh yang harus Anda lakukan

Penelitian pada diet rendah karbo menunjukkan, Anda bisa saja membentuk otot sembari menurunkan berat badan. Anda bisa mengunjungi pusat kebugaran atau gym dan meminta panduan dari pelatih selama melaksanakan diet.

Jika tidak suka olahraga angkat beban, Anda bisa menggantinya dengan olahraga kardio. Misalnya, jogging, lari, berenang, bersepeda, dan lain sebagainya.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru