Darah haid hitam bisa terjadi karena 4 hal ini, hati-hati!

Jumat, 12 November 2021 | 14:42 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Darah haid hitam bisa terjadi karena 4 hal ini, hati-hati!

ILUSTRASI. Ada berbagai macam penyebab mengapa Anda mengeluarkan darah haid hitam.

KONTAN.CO.ID - Saat menstruasi, darah yang Anda keluarkan bisa memiliki warna yang beraneka ragam seperti darah haid hitam. Anda perlu berhati-hati ketika hal itu terjadi karena bisa saja ada masalah kesehatan.

Waktu keluarnya darah haid bisa mempengaruhi warna darah haid yang keluar.

Mengutip dari Flo, darah yang berwarna gelap biasanya Anda keluarkan di awal atau akhir masa menstruasi. Hal itu terjadi karena darah dalam tubuh Anda teroksidasi sehingga warnanya pun berubah.

Sebanrnya, kondisi itu merupakan hal yang biasa terjadi. Namun, tidak menuntup kemungkinan bahwa warna darah yang gelap bisa muncul karena masalah kesehatan lain yang lebih parah.

Jika Anda mengalami kondisi itu dalam jangka waktu lama, cobalah untuk memeriksakan diri ke dokter. Berikut ini penyebab darah haid hitam: 

Kanker serviks

Salah satu gejala kanker serviks adalah darah haid yang keluar berwarna hitam. Tapi, kondisi itu bukanlah satu-satunya ciri kanker serviks. Masih banyak kondisi lain yang menandakan ada kanker serviks.

Mulai dari darah yang keluar berbau tak sedap, keluar darah setelah berhubungan seksual, berat badan turun, sakit panggul, sembelit, sulit buang air kecil, hingga kaki bengkak. Jangan ragu untuk melakukan serangkaian tes supaya Anda bisa mendapat perawatan yang sesuai.

Baca Juga: 5 Olahraga yang membantu meredakan nyeri saat haid

Keguguran

Keguguran bisa menyebabkan Anda mengeluarkan darah haid hitam.

Flo menyebutkan, darah haid hitam bisa terjadi karena keguguran. Para ahli mengatakan, 10% wanita hamil mengalami kondisi itu.

Biasanya, darah hitam keluar di 20 minggu pertama kehamilan. Selain itu, keguguran juga ditandai dengan pendarahan hebat dan muncul rasa sakit di bagian perut.

Infeksi seksual menular

Darah haid hitam bisa keluar ketika Anda menderita infeksi seksual menular.

Tidak hanya itu, tanda infeksi seksual menular yang lain adalah muncul sensasi terbakar ketika Anda buang air kecil, area vagina terasa gatal, muncul rasa sakit ketika berhubungan seksual, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Sering membuat tak nyaman, perhatikan 4 gejala PMS ini

Ada benda asing di vagina

Benda asing yang tertinggal di vagina bisa jadi penyebab darah haid hitam.

Faktor lain yang membuat darah haid yang keluar berwarna gelap adalah adanya benda asing yang tertinggal di vagina, seperti tampon atau kondom. Jika dibiarkan, hal itu bisa menimbulkan infeksi sehingga tidak baik untuk kesehatan Anda.

Selanjutnya: Hotel Santika Premiere Padang lakukan soft opening

Editor: Belladina Biananda
Terbaru